Sifat manja umumnya dianggap lekat dengan kepribadian para cewek. Sayangnya, sifat manja seringkali dianggap sebagai sebuah kekurangan. Alih-alih dibanggakan, banyak cewek akhirnya berusaha menghilangkan atau setidaknya mengurangi sifat manjanya demi berkompromi dengan sekitarnya.

Padahal, manja itu tidak melulu berarti negatif lho. Ada alasan-alasan yang mungkin belum begitu dimengerti orang-orang. Bahwa cewek yang manja sebenarnya juga punya banyak kelebihan. Mereka juga layak diperjuangkan dan bukannya diabaikan.

1. Ada alasan kenapa seorang cewek bersikap manja. Bisa jadi karena latar belakang keluarga atau kekuatan cinta yang berhasil mengubahnya.

ada alasan dibalik sikap manja seseorang via www.elysianstudios.co.uk

“Sayang, nanti anterin aku ke kampus, ya. Tapi jangan ditinggal, tungguin bentar aja soalnya aku cuma mau pinjam buku di perpustakaan.”

Sikap manja dalam diri seseorang bukannya muncul tanpa ada alasan dibaliknya. Hampir pasti kemanjaan seseorang itu ada sebabnya. Mungkin, dia adalah anak bungsu atau anak tunggal yang terbiasa menjadi pusat perhatian dalam keluarga. Mungkin juga dia telah mengalami perubahan besar dalam perjalanan hidupnya. Menemukan pasangan yang benar-benar bisa membuat dia nyaman dan jatuh cinta misalnya.

Advertisement

Yang pasti, seorang cewek yang punya sikap manja tak bisa langsung dihakimi. Dia juga layak dihargai dan disayangi. Kamu yang berpasangan dengannya harus terlebih dulu mempelajari. Dan jika sikap manjanya memang muncul secara alami, tentu tak ada salahnya menerima kemanjaan itu sebagai bagian dari dirinya yang kamu cintai.

2. Manja tak melulu berarti kekurangan. Di lain sisi, sikap manja juga patut dianggap sebagai kelebihan.

manja bisa jadi kelebihan via wallrart.com

Mendengar kata “manja” mungkin membuat sebagian orang merasa risih. Manja dianggap sebagai sifat negatif yang sebaiknya atau bahkan harus dihilangkan. Padahal jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, sikap manja juga bisa berarti kelebihan.

Punya perasaan yang sensitif, lembut, baik hati dan perhatian adalah sedikit dari banyak kelebihan yang sebenarnya ada dalam dirinya. Terkadang, orang-orang hanya terlalu cepat menilai dan menghakimi tanpa mau tahu kepribadian yang dia miliki lebih dalam lagi.

3. Dia yang manja biasanya sangat perasa. Dia pun akan bersikap lembut pada orang-orang yang disayanginya.

perasa dan punya hati yang lembut via tylerbranchphoto.com

“Makasih buat kiriman bunganya. Aku terharu banget.”

“Kamu jahat banget sih, teleponku gak diangkat.”

Mereka yang punya sifat manja cenderung sangat perasa dan punya hati yang lembut. Seringkali dia mudah tersentuh melihat sikap pasangan yang romantis. Tapi tak jarang pula mudah jadi sedih ketika pasangan tak sengaja menyakiti.

Hal itulah yang membuat cewek manja tidak akan mau bertindak seenaknya. Setiap sikap dan tindakan akan didasarkan pada perasaan. Terlebih kepada pasangan, dia yang punya sifat manja juga terbiasa bersikap baik dan tak mau menyakiti karena hal itulah yang juga dia harapkan dari pasangannya.

4. Manja adalah sifat yang menjadikannya pribadi yang hangat dan penyayang.

dia sangat penyayang via truephotography.com

Sikap manja membuatnya terlihat sebagai pribadi yang hangat. Pasalnya, dia tak pernah ragu menggandeng tanganmu meski sedang berada di keramaian. Dia juga tak keberatan bersandar di bahumu jika sedang ingin melakukannya atau bahkan memelukmu.

Baginya, bermanja-manja pada pasangan bukanlah sesuatu yang salah. Toh sikap itulah yang justru menjadikan hubungan kalian terlihat selalu hangat. Di depan semua orang, dia tak segan menunjukkan kasih sayang yang dia punya untukmu. Tak jarang, sikapnya ini membuat orang lain yang melihat kalian berdua merasa iri lho.

5. Meski sering meminta, dia juga tak enggan memberi perhatian pada pasangan dengan porsi yang sama.

perhatian pada pasangan via www.hdwallback.com

Memang, cewek manja cenderung suka meminta atau menuntut. Minta ditemani belanja, diantar pergi kerja, atau diajak malam mingguan misalnya. Tapi sikapnya ini bukan semata-mata demi dirinya sendiri kok. Selain dia berusaha menjaga hubungan kalian, dia pun tak akan enggan melakukan hal yang sama untuk pasangannya.

Kapanpun kamu membutuhkannya, dia akan berusaha ada untukmu. Dia tahu betul ketika pasangan bisa bersikap baik padanya, dia akan melakukan lebih sebagai timbal baliknya. Dan soal perhatian dan perngorbanan pun, cewek manja tak akan banyak perhitungan.

6. Saat marah atau kesal, dialah satu-satunya yang mampu membuatmu sedikit lebih tenang.

dia mampu meredam amarahmu via www.inspiredbythis.com

Kamu: “Kesel banget. Dosen pembimbing ngobrak-abrik skripsiku nih!”

Dia: “Duh, sabar ya, Sayang. Jangan uring-uringan gitu. Sini-sini peluk dulu…”

Kamu yang pernah pacaran dengan cewek manja tentu tahu betul bagaimana keahlian mereka saat meredam emosimu. Dengan wajah yang sengaja dibuat imut dan suara manjanya, dia bisa menghilangkan amarah atau rasa kesal yang kamu rasakan dalam sekejap.

7. Sifat manjanya bisa jadi tanda, bahwa kamu adalah yang teristimewa dalam hidupnya.

menganggap kamu yang paling spesial via www.tumblr.com

Sebagian cewek mungkin bisa bersikap manja pada siapa saja, tapi sebagian yang lain hanya bisa bermanja-manja pada orang-orang tertentu saja. Nah, beruntunglah jika kamu memiliki dia yang bisa bermanja-manja hanya padamu saja. Pasalnya, hal itu menandakan bahwa kamu adalah orang yang spesial dalam hidupnya.

Tak jarang, dia bisa bersikap biasa dan tenang saat di depan orang lain. Tapi, mendadak berumah jadi sangat manja dan manis jika di depanmu. Artinya, dia yang manja sudah bisa percaya sepenuhnya pada kamu yang kini jadi pasangannya. Dia yang tak keberatan menampakkan karakter aslinya pastilah punya perasaan yang dalam pada pasangannya.

8. Alih-alih jadi halangan, sikap manja justru menjadikan hubungan kalian terus bertahan.

hubungan kalian bisa bertahan lama via www.100layercake.com

Piawai meredam emosi dan amarahmu menjadikan hubungan kalian minim perselisihan. Sikapnya yang selalu hangat dan perhatian juga pasti membuatmu betah berlama-lama bersamanya. Soal kasih sayang dan cinta yang dia punya pun tak perlu diragukan. Jika sudah begitu, apakah masih perlu mengabaikan cewek yang punya sikap manja?

Sikap manja dan segala kelebihan yang dia punya membuat cewek manja terlihat istimewa. Dia berbeda dari cewek-cewek pada umumnya. Tak heran jika kamu yang berpasangan dengan cewek manja bisa menjalani hubungan yang langgeng dan tahan lama.

Nah, gimana? Setelah membaca artikel ini, apakah kamu setuju bahwa cewek manja memang layak diperjuangkan dan dipertahankan?