Bisa dipastikan kita ingin bisa dekat dengan orangtua dari pasangan. Kesan baik selalu ingin ditampilkan dan berharap semoga mereka mau menerima dengan tangan terbuka. Namun, terkadang keinginan menampilkan kesan baik itu terganggu dengan ketakutan-ketakutan tanpa alasan. Mulai dari takut dicap kurang sopan, gak memenuhi kriteria mereka, hingga gak mendapatkan restu.

Kamu sering mengalami ketakutan serupa dan berharap bisa segera dekat dengan calon mertua? Tenang! Kamu bisa kok hanya dengan menerapkan 8 cara mudah ini saja!

1. Gak perlu terlalu malu atau sok akrab. Kamu bisa bersikap sewajarnya saja, toh mereka bakal lebih suka.

Gak perlu malu atau sok akrab via www.mybodymovies.com

Merasa malu karena dipicu oleh rasa sungkan atau segan terhadap calon mertua tentu sangat wajar dialami. Namun, jangan biarkan rasa malu ini melahapmu. Jika rasa malu ini terlalu lama dipelihara, bisa-bisa kepribadianmu yang sebenarnya menyenangkan tak akan tampak di mata calon mertua.

Namun, bukan berarti kamu juga bisa bersikap terlalu ramah dan cenderung sok akrab demi mengambil hati mereka lho ya. Bersikaplah sewajarnya saja. Pupuk rasa percaya diri dan yakinkan diri sendiri bahwa mereka bisa menerimamu. Gak perlu berpikiran yang macam-macam dan hilangkan ketakutan yang tak perlu. Anggap saja mereka adalah orangtua dari temanmu. Dengan memiliki rasa percaya diri dan bersikap santai, dijamin kepribadianmu yang menyenangkan bisa dilihat oleh mereka.

2. Ketika datang ke rumah pasangan, sekali-kali bawa buah tangan. Karena kemurahan hatimu, dijamin mereka bakal terkesan.

Advertisement

Bawa buah tangan via www.flurudha.com

Apakah kamu sering berkunjung ke rumah pasangan? Well, ada baiknya sekali dua kali kamu membawakan buah tangan dari daerah asalmu. Selain mengenalkan daerah asalmu kepada mereka, calon mertua juga jadi tahu bahwa kamu merupakan orang yang gak pelit dan bermurah hati. Jika bersama dengan mereka saja kamu sering memberi, mereka akan yakin bahwa kamu mampu membahagiakan buah hati mereka.

3. Dalami bidang pekerjaan dari calon mertua. Sehingga obrolanmu bakal lebih nyambung dengan mereka.

Dalami bidang pekerjaan beliau via www.washingtonpost.com

Jika biasanya obrolanmu dan calon mertua terbatas hanya pada cuaca dan berita yang sedang menjadi trending topic, maka sekarang waktunya kamu memperluas topik pembicaraan. Kamu bisa mendalami pengetahuan akan bidang pekerjaan yang digeluti oleh calon mertua.

Misalnya saja jika beliau adalah wirausahawan maka cari tahu apa saja hal-hal yang berkaitan dengan bisnis yang digeluti. Atau jika mereka memiliki profesi yang sama sepertimu, kamu bisa kok meminta tips-tips yang bermanfaat. Mereka pasti akan merasa dihargai dan tersanjung karena dimintai pendapat. Namun, perlu diingat jangan bersikap sok tahu atau bahkan menggurui ya. Selalu posisikan dirimu selevel di bawah mereka.

4. Bekali dirimu dengan pengetahun dan wawasan yang luas. Mereka akan terkesan jika ternyata kamu adalah pribadi yang kaya dengan ilmu dan ketrampilan.

Bekali dirimu dengan pengetahuan via m.viralsection.com

Mulai sekarang kamu bisa selalu mengupdate diri sendiri dengan informasi yang ada. Membaca koran tiap hari, menonton berita, hingga melahap novel dan menjadi pengamat karya seni lainnya. Gemar membaca menjadikanmu pribadi yang berilmu sehingga makin luas pula topik pembicaraanmu.

Selain itu kamu juga bisa memperkaya diri dengan ketrampilan lain. Mulai dari bermusik, membuat karya tangan, hingga mungkin saja memperkaya diri dengan ragam bahasa asing. Dengan memiliki banyak nilai tambah yang terdiri dari pengetahuan dan ketrampilan, calon mertua pasti makin terkesan terhadapmu.

5. Cari tahu hobi yang diminati oleh calon mertua. Menggeluti kegemaran yang sama merupakan cara ampuh supaya kamu bisa segera dekat dengan mereka.

Geluti hobi yang sama via en-maktoob.screen.yahoo.com

Ingin gampang dekat dengan calon mertua? Geluti saja hobi yang sama dengan mereka! Jika mereka hobi berkebun, maka segera cari tahu dan perdalam ilmu mengenai tanaman. Lain lagi jika mereka hobi membaca, maka perkaya dirimu dengan ragam bacaan sehingga ke depannya kalian bisa mendiskusikan buku bersama.

Jika beliau hobi memasak, kamu bisa kok menawarkan diri untuk membantu mereka di dapur. Mereka pasti akan dibuat terkesan dengan keahlianmu mengolah bumbu. Calon mertuamu hobi berolahraga? Agendakan saja jadwal untuk berolahraga bersama mereka.

6. Jangan segan untuk menawarkan bantuan atau langsung membantu tanpa diminta. Di sini mereka bakal makin menghargai niat baikmu.

Jangan segan untuk menawarkan bantuan via lubbockonline.com

Salah satu alasan calon mertua bersedia melepaskan anak kesayangannya dan memberikannya kepadamu adalah kepercayaan. Mereka bakal mempercayaimu jika kamu benar-benar orang yang baik dan dapat diandalkan. Salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan mereka adalah dengan cara membantu mereka dengan tulus.

Kamu bisa kok menawarkan bantuan maupun langsung turun tangan membantu mereka. Misalnya saja ketika kamu sedang berada di rumah pasangan dan melihat mereka kepayahan membawa sesuatu. Kamu bisa langsung membantu membawakan tanpa diminta. Atau ketika keluarga besar dari pasangan sedang mengadakan acara keluarga, jangan sungkan atau merasa tidak bisa ketika kamu diminta untuk membantu.

Bantuan tulus yang kamu berikan ini akan semakin membuat mereka percaya bahwa niatmu baik dan kamu merupakan orang yang tepat untuk dijadikan menantu.

7. Ketika bertamu, junjung tinggi kesopananmu. Jangan lupa untuk taati semua aturan yang berlaku.

Junjung tinggi kesopananmu via lanieinkorea.net

Wawasan luas dan kebaikan saja tak cukup jika kamu gak menambahkan nilai kesopanan. Kesopanan juga menjadi salah satu unsur penting penilaian mereka. Selalu taaati aturan yang berlaku di rumah pasangan. Misalnya saja selalu mengucap salam dan berpamitan, menaati jam tamu yang berlaku, hingga berbicara dengan kalimat yang sopan dan santun. Yakin deh, jika hal itu kamu lakoni hati mereka bakal terpikat seketika.

8. Cintai pasanganmu dengan sepenuh hati, jaga dan jangan ingin menyakiti. Di sini mereka bakal meyakini bahwa kamu memang calon menantu idaman yang selama ini dicari.

Cintai pasanganmu via www.bridalguide.com

Yang paling terpenting bagi calon mertua manapun adalah kamu mampu membahagiakan buah hati mereka. Jaga dan sayangi mereka. Dengan selalu melihat bahwa buah hati mereka selalu bahagia bersamamu, mereka bakal meyakini bahwa selama ini kamu merupakan calon menantu idaman yang dicari.

Sudah siap jadi anak mantu kesayangan calon mertua?