Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh Makanluar, aplikasi yang menawarkan pilihan restoran berkualitas dan kemudahan reservasi online. Follow @Makanluar dan like Facebook page-nya – demi pengalaman makan yang layak kamu kenang!

Tak semua manusia cukup beruntung untuk bisa menemukan belahan jiwanya di usia yang begitu muda. Namun kamu mujur, tak perlu menunggu terlalu lama sebagaimana banyak orang lainnya. Tanpa perlu mencari lagi, kamu sudah dipertemukan dengan seseorang yang menggenapi. Dia yang mencintai sisi dirimu yang tersembunyi. Dia yang memilih setia, meski telah mengenalmu untuk jangka waktu yang lama. Dia yang istimewa, yang selalu ingin kamu rawat akar kebahagiaannya.

Tentu kamu ingin ada di sampingnya setiap waktu. Namun realitanya, kamu punya tanggung jawab sendiri yang tak bisa diganggu. Itulah kenapa setiap pertemuan yang ada wajib kalian manfaatkan sebaik-baiknya. Alih-alih melakukan hal-hal yang itu-itu saja, kamu bisa mengajaknya melakukan berbagai kegiatan seru dan baru yang pasti akan menyenangkannya.

Di artikel ini, ada berbagai hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan agar waktu yang kalian habiskan berdua tak terbuang sia-sia. Tak lupa, ada juga berbagai pilihan restoran berkualitas di dalamnya. Semoga bisa membantumu mewujudkan momen-momen spesial bersamanya, ya.

1. Kalau tidak mau dia bosan, jangan lakukan hal yang itu-itu saja. Cobalah berburu barang antik di pasar kota — hitung-hitung untuk hiasan calon rumah bersama.

Pasar Antik Jalan Surabaya via dravelz.wordpress.com

Kalian juga bisa pergi ke pasar barang antik atau barang bekas di kotamu. Dari gramofon dan keping disk vintage, topeng dan ukiran tradisional, lampu kristal, wayang, bahkan lampu minyak serta guci-guci Belanda — carilah yang kira-kira bisa baik untuk digunakan menghias calon rumah masa depan kalian.

“Hun, kalau kita punya rumah berdua nanti, kamu mau rumah gaya apa?”

“Wah, aku justru belum tahu. Kalau kamu?”

“Kayaknya lucu kalau gaya klasik ala rumah zaman Belanda. Catnya putih, punya kaca berwarna, terus di ruang tamu kita pajang gramofon kayak gini nih…”

Berhati-hatilah dalam membeli karena tidak semua barang di pasar antik adalah barang asli. Beberapa hanyalah reproduksi, yang nilainya tentu lebih rendah daripada produk aslinya. Pastikan kamu jeli, kalau tidak mau kecewa!

2. Tak ada yang lebih romantis dari duduk berdua, menyaksikan kerlip kejora. Kalau tak ada tempat melihat bintang yang layak di kotamu, melipir saja ke planetariumnya.

Pertunjukan rasi bintang di planetarium Jakarta. Cantik, ya? via www.thejakartapost.com

Suasana langit yang temaram dan bertabur bintang juga mampu menjadikan waktumu bersamanya terasa spesial. Tak perlu pergi ke rooftop restoran mahal, cukup temukan tempat terbuka di dekat tempat tinggalmu di mana kamu dan dia bisa rebah menyaksikan pemandangan langit dengan nyaman. Jika perlu, bawalah selimut dan minuman hangat agar malam kalian berdua terasa semakin istimewa.

Melihat bintang bukanlah ide yang biasa. Setelah melakukannya, kamu dan dia akan sadar betapa beruntungnya kalian berdua. Di antara alam raya yang begitu megahnya — di antara triliunan manusia yang pernah hidup di dunia — kalian dipertemukan dan diizinkan saling mencinta.

Mungkin kamu tinggal di kota besar yang berpolusi, hingga langit malam enggan bercahaya. Tapi tidak apa-apa, karena kalian selalu bisa pergi berdua ke wahana planetarium dan observatorium di kotamu. Jika kamu tinggal di Jakarta, misalnya, datang saja ke Planetarium di Taman Ismail Marzuki. Mereka membuka pertunjukan yang cantik untuk umum setiap pukul 10.00, 11.30, 13.00, 14.30, dan 16.30 sepanjang weekend. Ide yang lebih baru daripada ke bioskop terus, bukan?

3. Saat hari kerja, kalian kerap harus puas dengan makan siang yang seadanya. Jadi datanglah weekend ini ke Mamma Rosy untuk mencoba yang istimewa.

Siang di Mamma Rosy, Kemang via makanluar.com

Sebagai karyawan biasa, menu makan siangmu tak akan jauh-jauh dari apa yang disajikan di kantin atau kafetaria dekat kantor. Dan jika pekerjaanmu menuntut banyak kerja lapangan, makan siang dengan nasi bungkus sederhana mungkin sudah terlalu biasa. Bukankah weekend adalah kesempatan untuk mencoba pengalaman makan siang yang istimewa?

Restoran Mamma Rosy di daerah Kemang bisa menjadi tujuanmu yang baru. Tempat makan satu ini punya pasta yang terhitung salah satu yang paling enak di seluruh Jakarta. Dari yang klasik seperti spaghetti carbonara sampai ramuan kreatif mereka pada menu angel hair funghi, kamu akan dibuat ingin memesan lagi dan lagi.

Mamma Rosy juga punya risotto yang hadir dalam berbagai pilihan rasa. Ada pula Agnello Al Brandy atau kambing panggang yang kaya rasa dan lembut dagingnya. Kamu dapat melihat langsung proses memasak chef Rosy jika kamu duduk di samping jendela kaca, lho. Beliau sangat ramah dan tak akan segan-segan menyapa sebagaimana staf-stafnya!

Soal harga, restoran ini termasuk yang paling terjangkau di seluruh Kemang. Tapi mereka cepat penuh di malam minggu sehingga kamu disarankan untuk reservasi terlebih dahulu.

Untuk mengamankan reservasi, klik saja tautan ini. Penting: kamu juga akan mendapatkan free dessert dari Mamma Rosy setiap melakukan reservasi gratis melalui Makanluar. Yay!

4. Yang tadi sudah baik hati mentraktir makan siang, berhak mendapat imbalan spesial. Afternoon tea di Bistronomy adalah cara menghabiskan senja yang tak terlupakan

Afternoon tea di Bistronomy via makanluar.com

Hubungan yang sehat adalah yang dibangun dengan timbal balik dan kerjasama. Tak akan bertahan jika yang satu terus-menerus memberi, dan yang lainnya hanya menerima. Prinsip yang sama juga berlaku dalam hal sesederhana siapa yang membayar saat kalian makan berdua di luar. Nah, jika tadi kamu sudah mentraktir makan siang di Mamma Rosy, sekarang giliranmu mendapat imbalan spesial. Tak usah pusing berpikir imbalan apa yang sepadan, karena kamu dan dia bisa menyisip afternoon tea berdua di Bistronomy, daerah Senopati.

Teh yang bisa kamu sesap punya berbagai pilihan rasa, dari earl grey sampai chamomile. Kue-kuenya pun tak kalah menggoda — dari strawberry muffin, New York cheesecake, fruit tarts sampai tuna sandwich yang dipotong mungil-mungil — dan semuanya bisa kamu dapatkan dengan Rp150.000 saja.

Pastikan kamu duduk berlama-lama di Bistronomy, menikmati dekorasi interiornya yang bergaya Victorian vintage dan termasuk paling cantik di seluruh Jakarta. Selain afternoon tea, kamu juga bisa memesan hidangan seperti pasta, aneka tapas, dan tuna tarta yang dijamin akan membuatmu ingin segera kembali ke sini lagi.

Restoran ini selalu penuh saat akhir pekan. Agar tempatmu dan pasangan terjamin aman, lakukanlah reservasi terlebih dahulu sebelum datang. Klik saja tautan ini untuk reservasi tanpa biaya via Makanluar — demi teh dan kue lezat yang membuat senjamu terasa hangat.

5. Sisa sore juga bisa kalian habiskan di bangku taman kota. Bercerita tentang apa saja, beradu kata tentang orang-orang di sekitarmu dan ia, menikmati senja.

Taman teduh via megapolitan.kompas.com

Duduk di bangku taman dan menikmati pemandangan bukanlah ide yang ketinggalan zaman. Justru disini ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Duduklah di salah satu bangku yang menghadap pohon beringin nan rindang. Kalian juga boleh beristirahat di bawah gazebo yang tenang, menjauh sejenak dari keramaian.

Di taman kota, kalian diizinkan memiliki “ruang pribadi” untuk bercengkerama. Hanya dengan izin ini saja, waktu bersama yang kalian punya akan terasa lebih khusyuk dan berbeda.

Kamu dan dia dapat menjadi diri masing-masing. Beradu kata dan bermain tebakan tentang kehidupan orang-orang yang ada di sekitar, berandai-andai tentang masa depan. Kamu tahu kalian ditakdirkan bersama ketika kamu dan dia bisa bercerita tentang apa saja.

5. Saat malam tiba, bawalah dia ke Restoran Odysseia. Atmosfernya yang bagai hutan negeri Cinderella akan membuat kalian nyaman duduk berlama-lama.

Odysseia via odysseia.co.id

Hanya sekitar 15 menit berkendara dari Taman Ayodya, kamu sudah bisa sampai di Restoran Odysseia. Hipwee dan Makanluar merekomendasikan restoran casual dining di Mall Pacific Place ini untuk makan malam romantismu dengan dia yang berharga. Meskipun Odysseia sudah melayani pengunjung sejak pukul 10 pagi, baiknya kalian datang untuk makan malam saja — ketika lilin dan lampu restoran yang bercahaya hangat sudah dinyalakan, dan ranting-ranting pohon yang menggantung di dalamnya memberi kesan seolah kalian sedang berjalan di tengah-tengah hutan negeri dongeng.

Di tempat sespesial Odysseia, jangan hanya pesan makanan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Untuk makanan pembuka, misalnya, pesan saja escargot-nya yang segar dan menggigit. Fried dory with cajun mayo atau crispy skinned barramundi dengan sambal dabu-dabu bisa menjadi pilihanmu untuk menu utama. Cocktail atau martini juga bisa menemani kalian berdua duduk berlama-lama, mengobrol dan menyemai tawa.

Datanglah sebelum pukul 18.00 agar kalian bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman. Misalnya, sofa empuk di bawah lampu kristal warna-warni berbentuk kubah atau kursi di dekat lampu gantung bentuk bintang yang berpendar temaram. Lebih baik lakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak terburu-buru. Demi reservasi yang nyaman dan sudah pasti dikonfirmasi oleh pihak restoran, Makanluar sudah siap membantumu.

Informasi lebih jauh tentang Odysseia bisa kamu peroleh di sini. Dengan reservasi gratis melalui Makanluar.com, kamu berhak mendapatkan 10% potongan dari total biaya pesananmu nanti. Nah, tunggu apa lagi?

6. Kegiatan yang menenangkan pikiran sekaligus menyegarkan badan juga bisa dicoba. Pergilah ke kolam renang dan sauna terdekat bersamanya!

Berenang berdua 😀 via instagram.com

Pernahkah kalian terpikir untuk menghabiskan waktu kencan dengan berenang bersama lalu dilanjutkan dengan sauna? Pergilah ke kolam renang terbuka yang bisa kamu datangi berdua, baik di hotel maupun apartemen yang terbuka untuk umum maupun kolam di fasilitas olahraga.

Setelah menyegarkan badan di kolam renang, tempat sauna dan spa yang menawarkan paket khusus untuk couple, baik pada hari-hari tertentu seperti Valentine’s Day maupun setiap harinya. Tak harus pergi ke tempat yang mewah, kok. Sesi spa yang menenangkan pikiran sekaligus menyegarkan badan sudah bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp500.000-Rp600.000 untuk berdua — Rp250.000-300.000 per orangnya.

8. Selama ini, mungkin kamu tak terpikir untuk menghabiskan waktu berdua di pacuan kuda. Tapi sebenarnya, sasana ini bisa membuat pertemuanmu bersamanya lebih dari rutinitas biasa.

Kencan di pacuan kuda 😀 via cikwansdaughter.blogspot.com

Selama ini mungkin kalian berdua puas dengan kegiatan kencan yang diisi menonton film terbaru di bioskop dan dilanjutkan makan malam di restoran. Weekend yang akan datang nanti, cobalah datang ke pacuan kuda atau tempat naik kuda di kotamu. Di sini kalian bisa menghabiskan beberapa jam untuk belajar mengendalikan hewan anggun ini.

Tak perlu panik karena akan ada joki yang membantu kamu dan pasanganmu agar tak jatuh. Biaya untuk naik kuda per putarannya pun sangat terjangkau, kok, cukup Rp10.000-20.000 saja untuk orang dewasa. Sekarang tanyakan saja padanya: tahukah tempat terdekat untuk belajar menaiki kuda dari sini?

9. Waktu berdua yang istimewa tak melulu harus diwujudkan di restoran mahal. Bermain pingpong bersamanya juga bisa terasa menyenangkan!

main ping pong berdua via pongmelounge.com

Siapa kira pingpong bisa menjadi aktivitas yang istimewa untuk kalian berdua? Tapi buktinya, pertemuan yang romantis tak melulu harus diwujudkan dengan duduk di kursi restoran mahal dan saling umbar kata sayang. Kamu dan dia juga bisa berlomba saling “mengalahkan” di meja pingpong alias tenis meja. Berusahalah mengembalikan bola yang lincah ini sampai kalian berdua berkeringat dan kelelahan. Bermainlah dengan santai, supaya kalian tak lupa bersenang-senang.

Salah satu tempat paling pas untuk bermain pingpong di Jakarta adalah PongMe! Lounge di bilangan Senopati. Di bar and lounge ini, meja pingpong bukan hanya dekorasi saja, tapi justru “sajian” utamanya. Pesananmu bahkan bisa di antar ke meja pingpongmu supaya kamu bisa bermain sambil mengunyah snack, lho. Bagian terbaiknya: ping pong table di PongMe! ini free, jadi kamu bisa bermain sepuas-puasnya tanpa mesti keluar biaya.

Jangan salah pesan makanan. Makanluar dan Hipwee merekomendasikan Korean Chicken Wing-nya yang renyah dan terasa “pas” untuk appetizer, banoffee alias banana dan toffee untuk dessert, pizza margherita, serta nasi gorengnya yang selalu jadi favorit. PongMe! juga menyediakan berbagai minuman untuk menemanimu bersantai, dari brandy, gin, sampai mocktail yang halal.

PongMe! selalu dipadati pengunjung, terutama tiap Jumat malam. Jika kamu ingin mengajak pasangan bermain di sana, pastikan kamu sudah memesan tempat lebih dahulu. Lakukanlah reservasi lewat situs mereka di sini. Siap-siap terkejut kalau ternyata, pasanganmu jauh lebih lihai bermain pingpong daripada dirimu.

10. Weekend yang akan datang harus dimanfaatkan untuk berpetualang. Kaburlah berdua ke Pulau Tidung yang indah dan tenang

Pulau Tidung yang cantik via www.flickr.com

Salah satu nikmat hidup di ibukota adalah mudahnya kabur ke kota lain dari Jakarta untuk jalan-jalan. Berbagai sisi Indonesia dari ujung timur hingga barat bisa dijangkau dari Bandara Soekarno-Hatta. Mewujudkan weekend seru berdua dengan melancong ke tempat yang masih wilayah ibukota pun bisa saja. Kalian tinggal pergi dengan perahu speedboat ke Pulau Tidung yang ada di utara Jakarta.

Dalam kurang lebih 3 jam, kamu sudah bisa sampai di pulau berpasir putih ini dan bermain kecipak air di pantainya yang berwarna lazuardi. Kamu juga bisa menyewa sepeda dan berkeliling pulau berdua, hingga daerah tak berpenghuni di Pulau Tidung Kecil. Kalau punya nyali, melompatlah dari Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Tidung Besar. Mitosnya, muda-mudi yang berani melompat dari jembatan kayu bertinggi 8 meter ini bisa segera menemukan jodohnya yang sejati, lho :p

Kapal ke Pulau Tidung bisa kamu naiki dari pelabuhan Muara Angke. Tarifnya bervariasi mulai dari Rp80.000, tergantung jenis kapal yang kamu ambil dan berapa banyak anggota rombongan yang ada dalam satu kapal. Di pulau ini, kamu akan menginap di salah satu homestay milik warga. Kamar bersih dan sederhana dengan kamar mandi dalam, tanpa AC dan TV dihargai mulai sekitar Rp350.000 per malamnya. Senang rasanya melihat surga seindah ini berada di bawah satu atap administrasi dengan pusat polusi dan asap kendaraan bernama Jakarta.

11. Tapi restoran selezat apapun dan tempat secantik manapun akan percuma, jika kamu dan dia tak menikmati waktu bersama. Sudah bersyukurkah kalian karena masih bisa berbagi rasa?

Masihkah kamu menikmati waktu bersamanya? via lukihermantofotografix.wordpress.com

Terbawa sunyinya angkasa raya di planetarium, bermain pasir putih di Pulau Tidung, duduk berlama-lama dan bercengkerama di bangku taman kota. Menyesap teh hangat di Bistronomy, makan siang menyenangkan di Mamma Rosy, menyantap dinner romantis di bawah kubah kaca dan hutan negeri dongeng Restoran Odysseia. Ide sempurna ini hanya bisa kamu nikmati jika keberadaan satu sama lain adalah sesuatu yang masih kalian syukuri.

Jadi, masihkah kamu mencintainya dengan kadar yang sama seperti dulu?

Masihkah ia menjadi orang pertama yang tahu tiap momen suka dan dukamu?

Masihkah ia jadi sumber ketenangan utama yang kamu punya?

Jika jawabannya sesederhana ‘ya’, jelaslah bahwa kamu dan dia masih begitu menikmati momen-momen yang kalian habiskan bersama.

Kamu tak bisa bertahan sendirian di tengah kerasnya ibukota. Ada dia yang memberi nyawa pada hutan bangunan dan beton bernama Jakarta. Sekarang, saatnya membuktikan padanya betapa kamu menghargai setiap jengkal usahanya. Semoga saja, ide-ide dari Hipwee dan Makanluar di atas mampu membuat momenmu berdua dengannya terasa berbeda dan lebih menyenangkan dari sebelumnya.