Setiap orang pernah tertarik dengan lawan jenis, tapi nggak semua dari kita tahu bagaimana caranya berlaku terhadap orang yang menarik kita itu. Nggak jarang, karena terlalu malu kita malah diam. Tapi nggak jarang pula, calon pasangan kita malah akan menjauh karena rasa percaya diri kita yang berlebihan.

Nah, buat kamu para cowok, dalam artikel ini Hipwee akan membahas apa saja yang harus kamu lakukan kalau ingin mendapatkan hati cewek idamanmu. Hal-hal apa sih yang wajib kamu lakukan? Sebaliknya, hal-hal apa yang sampai mati harus kamu hindari?

1. Tunjukkan Kalau Kamu Sama Sekali Tak Main-Main

Kamu tidak main-main dengannya via huffingtonpost.com

Proses pendekatan memang bisa seru dan fun. Sudah tak terhitung lagi chat yang kalian kirim ke satu sama lain dalam sehari. Berapa banyak joke dan cerita konyol yang saling kalian bagi. Ketika bertemu, tak jarang juga kalian menghabiskan waktu dengan main-main dan tertawa. Sekadar beli es krim di minimarket dan menghabiskannya di depan toko, berjalan-jalan ke alun-alun, atau menggila berdua di boks karaoke.

Semua itu adalah kegiatan yang menyenangkan. Jika kalian benar-benar jadian, momen-momen itu akan jadi kenangan berharga. Tapi ingat, PDKT itu tak cuma berisi haha-hihi. Di balik segala hal yang seru tadi, sebenarnya dia sedang menunggumu membicarakan hal yang lebih serius.

Advertisement

Di antara cewek-cewek lainnya, kenapa dia yang akhirnya kamu pilih? Di balik perhatianmu selama ini, apa yang sebenarnya kamu harapkan? Buatlah dia merasa istimewa. Pasang pula telinga untuk setiap pendapatnya. Kalau kamu justru menunjukkan sebaliknya, jangan kaget ketika dia menarik diri. Mana bisa dia terus mengorbankan waktu untuk laki-laki yang tak punya rencana berarti?

2. Katakan Maksudmu dengan Sopan dan Terus Terang

Katakan maksudmu dengan sopan dan terus terang via ahkphotography.wordpress.com

Saat kamu melakukan pendekatan, penting bagimu memperlakukan dia dengan sopan. Ini terutama berlaku kalau kamu belum terlalu mengenalnya. Puji apa yang kamu suka darinya dengan tulus, dan nyatakan ketertarikanmu untuk lebih mengenalnya dengan terus terang. Percayalah, “you wanna get some coffee sometime?” bakal terdengar jauh lebih menarik dibandingkan “Ni capa ya? Blz dunk.”

Ketika kamu menyatakan ketertarikan, pastikan kalau kamu menjadi diri sendiri. Maksudnya, jangan pura-pura jadi pemalu atau malah sok asyik. Kalau kamu memang pemalu dan tak banyak bicara, tunjukkanlah saja sisi dirimu yang seperti itu. Kalau kamu straightforward dan pede, jangan justru sok pemalu. Cewek-cewek punya selera yang berbeda. Ada yang suka cowok-cowok yang “Spartan”, ada yang menganggap cute mereka yang pendiam. Kalau memang dia tak tertarik pada dirimu yang sebenarnya, justru lebih baik kalau itu terungkap di awal, ‘kan?

3. Sebelum Membelikannya Hadiah, Pikirkan Dulu Apa Dia Akan Nyaman dengan Itu

Hadiah kecil yang tak terduga via www.freecodesource.com

Kamu boleh kok membelikannya bunga, scarf, buku catatan lucu, atau apapun yang bisa mendukung hobinya. Itu adalah salah satu bentuk perhatianmu kepadanya. Namun ingat, tidak semua cewek suka dibelikan hadiah. Beberapa cewek, terutama kalau kalian masih berada di tahap pendekatan, percaya bahwa itu tindakan berlebihan.

Untuk menghindari salah paham atau kecanggungan, mungkin kamu bisa bertanya padanya dulu apa dia mau dibelikan sesuatu. “Eh, aku lagi di toko buku, nih. Ada notebook lucu, jadi kepikiran beliin buat kamu. Mau, nggak?” akan jauh lebih sopan daripada memaksanya menerima sesuatu karena kamu sudah terlanjur membelikannya.

Perhatikan juga hadiah apa yang ingin kamu beri. Kalau hadiah-hadiahmu terlalu mahal, bisa jadi dia malah akan menolaknya karena takut dikira mengincar uangmu. Jadi, perhatikan baik-baik karakteristiknya, ya.

4. Tahan Lidahmu saat Terpikir untuk Mengatur Hidupnya

Tolong, jangan atur hidupnya via vostip.mk

Hidup sebagai cewek itu sudah cukup rumit. Mereka diberi batasan dalam berpakaian, keluar malam, merantau ke luar kota — mereka pun dituntut selalu menampilkan perilaku “selayaknya cewek baik-baik”. Selama mereka hidup, mereka pasti sudah mendengar ribuan kata “Jangan!”. Entah dari orang tua, nenek, tante, guru, atau kakak sendiri.

Tentu mereka tidak perlu orang baru yang mengatur-atur cara mereka menjalani hidup. Apalagi kalau orangnya kamu, yang mungkin masih belum terlalu mengenalnya. Belum jadian saja sudah mengatur-atur, apalagi kalau sudah pacaran?

5. Ajak Dia Pergi ke Tempat-Tempat Tak Terduga

Yuk, minggat! via uprapide.com

Maksudnya bukan kamar kost-mu atau ujung gang yang gelap dan sepi, ya. Tempat-tempat tak terduga disini bisa jadi pantai yang jauhnya 1 jam dari kota tempat tinggal kalian, museum yang asyik tapi jarang disambangi orang, atau tempat tinggi di kotamu dimana kalian bisa melihat kelap-kelip lampu perkotaan. Bukankah itu lebih seru daripada kencan konvensional di bioskop dan mall?

Jalan di tempat umum juga sah-sah saja. Tapi biasanya, yang akan lebih berkesan baginya adalah tempat-tempat yang memang tak biasa. Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan tempat yang pas untuk kencan kalian berikutnya!

6. Jangan Perlakukan Dia Bak Putri Raja. Perlakukan Dia Sebagaimana Manusia

Jangan terlalu memanjakannya via youqueen.com

Katanya sih, cewek suka dimanja. Pada saat-saat tertentu, memang iya. Hati kami akan senang karena perhatian-perhatian sederhana yang kalian tunjukkan. Memuji penampilan kami, memperhatikan rambut baru kami saat habis dipotong, bahkan memaksa kami berolahraga. Tapi, jangan keterusan! Kalau kamu memanjakan gebetanmu terlalu berlebihan, yang rugi nanti kamu sendiri.

Mungkin sekarang kamu bisa mengiyakan semua perkataan dan tuntutan-tuntutannya, bahkan sampai hal yang mustahil sekalipun. Mungkin sekarang kamu masih rela meminta maaf bahkan jika kamu tahu bahwa dia yang salah. Tapi sikap mengalah dan super manis ini tak akan bisa bertahan selamanya. Ketika kalian akhirnya pacaran, lama-lama kamu bakal jengah juga dengan sikap keras kepalanya.

Lebih baik tunjukkan ke dia kalau yang kamu mau adalah hubungan yang sehat. Kamu akan memperlakukan dia sebagaimana manusia: yang punya harapan, perasaan, dan tentunya kesalahan. Ini bisa jadi awal yang baik bagi hubungan kalian.

7. Selalu — SELALU — Berikan Dia Kesempatan untuk Menolakmu

Ditolak? Keep your cool. via blog.photowali.com

Lho, kenapa malah begitu?

Karena cowok yang suka maksain kemauannya itu menyeramkan. Yang kamu mau adalah dianggap sebagai pria yang dewasa dan bisa diandalkan, bukan cowok kemarin sore yang nggak bisa menerima penolakan.

Tidak semua cewek akan mau menerima kamu, seberapa tulus atau keras pun usahamu. Ya memang begitu. Tidak usah berkecil hati cuma karena dia tidak membalas ketertarikanmu. Angkat dagumu dan mulailah menyusun rencana baru. Cewek yang mau sama kamu di luar sana masih banyak, kali.

8. Diajak Ketemu Keluarganya? Please, Bilang “Iya!”

Diajak bertemu keluarganya? YES! via theeverylastdetail.com

Jika dia menunjukkan ketertarikan yang serupa padamu, mungkin dia akan mengundangmu berkunjung ke rumahnya. Ini adalah bagian dari rencananya mempertemukanmu dengan orang tuanya. Jika dia mengundangmu makan siang atau malam dengan orang tuanya, please, bilang “iya”. Menemui orang tuanya adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa niatmu dengannya memang serius dan baik-baik.

Beberapa orang tua memang ingin bertemu dulu dengan cowok yang sedang dekat dengan putri mereka — bahkan sebelum cowok itu benar-benar jadi pacar. Hargailah adat yang berlaku di keluarga gebetanmu. Jangan malah mengeluh dan menukas, “Tapi ‘kan…kita belum resmi jadian!”

9. Penting Bagimu untuk Sungguh-Sungguh Berkomitmen

Penting untuk berkomitmen via uprapide.com

Nah, ini dia yang tak kalah penting! Ketika kalian sudah resmi menutup tahap PDKT dan mengawali masa pacaran, penting bagimu untuk menunjukkan bahwa kamu akan selalu menjaga komitmen. Di dunia ini, cowok yang pandai bersilat lidah dan mendapatkan hati cewek sudah marak. Jumlahnya mungkin sebanyak kacang goreng.

Jadi, jangan bangga kalau kamu sudah bisa mendapatkan hati gebetanmu. Banggalah ketika kamu bisa menjaga kepercayaannya itu. Tidak mudah lho, menjadi cowok menarik yang setia pada satu pasangan saja.

Yang paling penting, kamu harus ingat bahwa masing-masing cewek punya preferensinya sendiri. Tentu tak semua preferensi itu bisa dicantumkan di artikel ini. Anggaplah daftar ini sebagai patokan umum yang bisa membantumu. Tepat-tidaknya panduan ini, sesuaikan sendiri dengan kondisi pribadimu. Semoga kamu beruntung! :p