Cinta memang terkadang terkesan rumit. Menemukan seseorang yang sanggup membuatmu jatuh cinta tak lantas berarti hidupmu berakhir bahagia. Pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah dia pasangan yang tepat atau apakah hubunganmu bisa dilanjutkan dengan mantap – mungkin akan sering menghantui.

Bagaimana pun, memilih pasangan tentu butuh banyak pertimbangan. Pasalnya, menjalani hubungan dengan orang yang salah sama saja seperti membuang-buang waktumu. Jangan buru-buru memutuskan atau terlalu yakin dulu. Sebelum melanjutkan hubunganmu, sebaiknya jawab 5 pertanyaan ini dulu!

1. Hubungan yang baik akan membawa banyak perubahan dalam dirimu. Apakah bersamanya kamu merasa jadi orang yang baru?

hidupmu berubah setelah bertemu dia via dylandsara.com

Saat menjalani sebuah hubungan, kamu mungkin akan mengalami banyak perubahan. Hal itu pun sah-sah saja selama perubahan yang kamu alami mengarah pada kebaikan. Apakah bersamanya membuat hidupmu lebih bahagia? Karenanya pula kamu jadi lebih memperhatikan penampilan, lebih semangat menjalani hidup, hingga tak lagi egois dan lebih perhatian pada sekitarmu.

Cinta memang selayaknya membawa perubahan-perubahan yang baik. Bukannya membuatmu melakukan hal-hal yang tidak rasional. Namun, cinta selayaknya menuntunmu pada kehidupan dan kepribadian yang lebih mapan.

2. Jika pendampingannya membuatmu bahagia, itu tandanya cinta. Apakah dia selalu bisa mengukir senyum di wajahmu setiap harinya?

Advertisement

dia yang membuatmu tersenyum via dylandsara.com

Tanpa perlu terlalu keras berusaha, dia selalu bisa membuatmu bahagia. Kebahagiaan yang kamu rasakan pun terpancar dari senyum diwajahmu. Sekadar bertemu, mengobrol, atau bahkan bercerita tentang dia saja selalu berhasil membuat tersenyum. Tahukah kamu bahwa itulah tanda cinta yang sebenarnya?

Yup! Untuk meyakinkan dirimu sendiri, kamu tak perlu terlalu memaksakan diri. Percayalah bahwa cinta yang tulus itu akan terlihat secara alami. Ketika bersamanya kamu merasa benar-benar bahagia dan ingin selalu tersenyum, itu tanda bahwa dia adalah pasangan yang tepat. Hubungan dengannya pun layak terus kamu lanjutkan.

3. Bersama dia seharusnya kamu merasa nyaman. Apakah meski sudah mengobrol berjam-jam, tak sedikit pun kamu merasa bosan?

bersamanya kamu bisa mengobrol apa saja via www.huffingtonpost.com

Jika jawabannya “iya”, kamu layak berbahagia. Pasalnya, hal itu berarti bahwa ketertarikanmu pada pasangan bukan berdasar kelebihan fisik semata. Mungkin dia memang cantik atau tampan, tapi soal kecerdasan dan keluasan wawasannya pun tak perlu diragukan. Salah satu resep agar hubungan bisa bertahan lama adalah kecocokan kalian dalam bicara atau menjalani hidup sehari-harinya. Pasangan yang memiliki inteletualitas tinggi dan kecerdasan emosi tentu akan membuatmu betah. Sementara, dia yang bermodal tampilan fisik semata akan membuatmu bosan juga nantinya.

4. Hubungan layak dipertahankan jika pasangan selalu berusaha ada untukmu. Apakah dia yang saat ini mendampingimu sudah melakukan hal itu?

dia yang selalu ada untukmu via www.electrifyphotography.com

Sebaik-baik pasangan adalah dia yang selalu berusaha ada untukmu. Bukan berarti fisiknya selalu menemani, ikut kemana pun kamu pergi, atau mendampingi di setiap situasi. Dia ada untuk memberikan pendampingan yang wujudnya macam-macam. Sesekali dia memang akan menemanimu jalan-jalan, tapi saat kalian dihajar kesibukan, dia pun menyempatkan untuk menelepon atau sekadar mengirim pesan singkat sebagai tanda rasa peduli.

Khususnya di saat-saat terburuk dalam hidupmu, kamu tak perlu merasa sendiri karena ada dia yang menemani. Dialah orang yang tak pernah enggan memberimu semangat dan dukungan. Dia tidak pernah acuh atau abai, tapi justru selalu berusaha untuk sedikit meringankan bebanmu.

5. Keterbukaan adalah tanda bahwa dia sepenuhnya percaya. Apakah pasanganmu saat ini terbuka dan membiarkanmu masuk dalam hidupnya?

kamu benar-benar masuk dalam hidupnya via dylandsara.com

Ketika dihadapkan pada kebimbangan antara melanjutkan hubungan atau tidak, sebaiknya kenali pasanganmu baik-baik. Seseorang yang tepat untukmu adalah dia yang sudah benar-benar membuka dirinya untukmu. Dia membiarkan kamu tahu tentang kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya. Dia ingin melibatkanmu dalam kesehariannya, termasuk mengenal keluarganya.

Meski hal itu juga butuh proses dan waktu, terlihat bahwa dia punya niat yang baik dalam hubungan kalian. Ketika sudah memiliki pasangan yang seperti ini, kamu tak perlu ragu lagi. Yakinlah bahwa ada kebaikan yang akan kalian dapat di masa depan.

Apakah kamu menjawab “iya” untuk semua pertanyaan dalam artikel ini? Jika iya, kamu tak perlu ragu lagi karena hubungan yang kamu dan pasanganmu jalani kelak akan berakhir dengan bahagia. 🙂