Kata “cinta” sebenarnya bisa dimaknai dengan sederhana. Bukan berlomba banyak-banyak memberikan bingkisan, kadang mencintai justru berarti mau ikhlas memberi, bahkan tanpa mengharapkan balasan. Sayangnya, kita justru seringkali bersikap egois; hanya berharap perhatian dari pasangan tanpa kemauan untuk melakukan hal yang sama.

Pada awal tahun ini, tak ada salahnya jika kita melakukan refleksi diri. Sudahkah pantas perlakuanmu pada pasangan yang selama ini kamu bilang sungguh dicintai? Atau kamu masih harus berbenah diri?

1. Tengok Lagi. Apakah Selama Ini Kamu Sudah Menciptakan Waktu Untuknya Di Tengah Kesibukan? Atau Justru Hanya Menemuinya Jika Ada Kesempatan?

meluangkan waktu itu harus via blog.coxandkings.com

Setiap hari, kamu sudah terlalu sibuk dengan rutinitasmu. Keluar rumah sejak pagi-pagi buta demi menghindari jalanan yang macet dan agar bisa tiba di kantor lebih awal. Mengakrabi pekerjaan hingga sore hari, terkadang kamu terpaksa lembur saat tugas-tugasmu belum semuanya terselesaikan. Tak jarang, saat tiba akhir pekan pun kamu masih tak bisa terbebas dari pekerjaan.

Bagi pasanganmu, mungkin akan terasa tak adil jika selama 7 hari dalam seminggu tak ada waktumu yang tersisa untuknya. Coba ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali kalian bisa pergi liburan bersama? Kapan kalian sempat nonton di bioskop berdua? Saat kalian sedang bersama, apakah kamu bisa mendengarkan dia bercerita tanpa sibuk dengan gadget-mu sendiri?

Advertisement

Dia yang kamu cintai memang layak diprioritaskan. Sesibuk apapun pekerjaanmu, luangkan waktu untuk mengakrabinya. Ucapan “selamat pagi” sebelum berangkat kerja, menelepon untuk mengingatkannya makan siang, hingga menyambangi rumahnya sepulang kerja adalah cara-cara sederhana yang membuktikan perasaanmu padanya.

2. Kejutan Sederhana di Hari Ulang Tahun dan Sekotak Bekal Makanan Bisa Jadi Cara Paling Jitu Untuk Menunjukkan Perhatian

tunjukkan kalau kamu peduli via imgkid.com

Sikap saling peduli adalah salah satu yang membuat hubungan bisa bertahan. Kepedulian tak cukup sekadar disampaikan lewat kata-kata, tapi layak diwujudkan dengan tindakan yang nyata. Kamu yang benar-benar menyayangi pasanganmu tentu tak akan keberatan jika harus berusaha dengan ekstra atau bahkan sedikit berkorban.

Melihat pasanganmu yang selalu sibuk di kantor hingga sering telat makan siang, pernahkah terpikir olehmu untuk membuatkannya bekal makan? Apakah kamu tak pernah malas-malas menyiapkan kejutan di hari ulang tahunnya saat tepat jam 12 malam? Bagaimana pun, hal-hal kecil yang kamu lakukan akan membuat pasanganmu merasa diperhatikan. Diam-diam dia meremang. Dia senang karena kepedulianmu membuatnya merasa berharga.

3. Berikan Dia Waktu Sendiri. Sebagai Manusia Dia Akan Merasa Lebih Lega Jika Tetap Punya Ruang Pribadi

mereka juga butuh privasi via www.styleoholic.com

Sebagai sepasang kekasih, banyak hal yang bisa kalian bagi bersama. Kalian mungkin sering pergi traveling berdua, berbagi soal pekerjaan, tentang masalah-masalah keluarga, hingga perkara cita-cita dan rencana masa depan. Tapi, ingatkah kamu bahwa sebagai individu dia pun berhak punya privasi yang tak harus dibagi denganmu?

Yup, ada kalanya pasanganmu juga ingin sendiri. Menikmati “me time” tanpa ada kamu yang mengganggu. Dia mungkin suka membaca komik atau menonton film favoritnya sendirian. Kadang, dia pun punya masalah-masalah yang akan diselesaikannya sendiri tanpa harus dibagi denganmu. Bukan berarti tak menghargai keberadaanmu, tapi menjaga privasi jadi haknya yang harus kamu hargai.

4. Saat Kamu Tak Bisa Berkata-kata, Ungkapkan Terima Kasih Lewat Pelukan Hangat dan Perbuatan Langsung yang Bisa Dilihat Mata

hargai usaha pasanganmu via weheartit.com

Selama ini, bukankah segala yang dilakukan pasanganmu memang layak dihargai? Dia yang biasanya menjemputmu saat harus pulang kantor hingga larut malam. Dia pula yang dahulu selalu memberi semangat saat kamu masih “jatuh bangun” menyelesaikan skripsi. Hingga ketika ada masalah pekerjaan atau keluarga, dia pula yang selalu meluangkan waktunya untuk mendengarmu bercerita.

Segala usaha yang dia lakukan layak dibalas dengan setimpal. Kamu pun sepatutnya berterima kasih, baik dengan ucapan maupun sebuah pelukan hangat. Yang pasti, caramu menghargai segala tindakannya akan menjadikan hubungan kalian terus bertahan.

5. Turuti Maunya. Wujudkan Keinginan-keinginan Remehnya. Dengan Begini Dia Akan Merasa Dicinta

buat dia merasa istimewa via funny-pictures.picphotos.net

Tak ada yang lebih membahagiakan selain dianggap jadi yang teristimewa oleh pasangan. Jika kamu menginginkannya, pasanganmu pun berharap hal yang sama. Saat akan makan bersama, kenapa tak membiarkan dia yang memilih tempatnya? Apakah akan pergi nonton atau ke toko buku, biarkan dia pula yang menentukan. Bahkan, saat dia memilih tak pergi kemana-mana dan mengajakmu nonton DVD di rumah saja saat malam Minggu, tak ada salahnya memilih setuju. Sederhana memang, tapi caramu menuruti maunya bisa jadi membuatnya sangat bahagia.

6. Jangan Pernah Merasa Paling Benar Sendiri. Setiap Masalah Membutuhkan 2 Kepala Untuk Menemukan Jalan Tengah yang Dicari

jangan menghindar saat ada masalah via listden.com

Hubungan yang dijalani tak akan selamanya berjalan mulus. Ada kalanya kamu dan pasanganmu harus mengalami masa-masa sulit. Saat kalian berbeda pendapat, mengalami fase jenuh dalam pacaran, hingga datangnya orang ketika yang mengganggu hubungan.

Namun, memilih menghindar dari pasangan saat ada masalah adalah cara yang salah. Hal ini justru membuktikan bahwa perasaan yang kamu punya untuk pasanganmu tak seberapa dalam. Pasangan bisa jadi menganggap kamu tak mau berusaha menyelesaikan masalah atau bahkan terkesan seperti memilih menyerah. Sikap yang kamu tunjukkan bisa berarti kamu tak ingin mempertahankan hubunganmu.

Bagaimana pun, hubungan cinta memang bukan perkara sederhana. Butuh banyak usaha untuk bisa menyatukan dua orang dengan karakter dan sifat yang berbeda. Namun, selama kamu dan pasanganmu sama-sama mau berusaha, sesulit apapun masalah yang terjadi pasti bisa diatasi bersama.

7. Pasanganmu Berhak Punya Banyak Mimpi yang Terus Dihidupi

dukung mimpi-mimpinya via www.sheknows.com

Setiap orang hidup untuk memelihara mimpinya. Kamu punya mimpi, begitu pula dengan pasanganmu. Dia mungkin bercita-cita membangun bisnis startup sebelum usia 30 tahun, berharap bisa traveling keliling Indonesia, atau jadi pengajar muda di daerah pedalaman.

Segila apapun mimpi pasanganmu, kamu layak tulus memberinya dukungan. Bahkan, saat kamu menganggap mimpi-mimpinya terlalu mustahil untuk diwujudkan, kamu tetap tak layak meremehkannya. Bagaimana pun, mimpi adalah salah satu yang membuat hidup manusia terasa lebih bermakna. Dan dukungan darimu adalah bukti perasaan yang tulus untuknya.

8. Hargai Keberadaannya Dengan Bersama Menciptakan Kebahagiaan. Dia Bukan Samsak Tinju yang Bisa Dipukul dan Disalahkan

hubungan yang bahagia itu tanggung jawab bersama via www.sheknows.com

Hubungan yang bahagia bisa diwujudkan oleh dua orang yang sama-sama mau berusaha. Pasangan tak selayaknya bersikap egois; membebankan perkara kebahagiaan pada salah satu orang saja. Mungkin, kamu sering menyalahkan pasangan saat kalian terlibat pertengkaran. Menganggap pasangan tak maksimal berusaha demi jadi pasangan yang sempurna.

Sebelum menyalahkan pasangan, sebaiknya berkacalah terlebih dahulu. Apakah dirimu sendiri sudah cukup berusaha jadi pasangan yang baik? Jika hubungan yang kalian jalani tak cukup membahagiakan, bukankah introspeksi diri jadi hal pertama yang harus kamu lakukan?

9. Cinta Bisa Ditunjukkan Kapan Saja. Sesekali Kamu Perlu Melakukan Hal-hal Manis Tanpa Rencana Sebelumnya

kejutan tak butuh alasan via www.sheknows.com

Kamu bisa kapan saja membelikan seikat bunga atau sekotak coklat untuk pasanganmu. Tak hanya saat momen-momen penting dalam hubungan kalian. Kadang, memberikan kejutan pada pasangan pun tak butuh alasan. Kamu bisa melakukan kebaikan hanya semata-mata karena kamu ingin, tanpa harus ada sebabnya. Bukankah perasaan cinta yang kamu rasakan juga sulit dianalisa? Saat ditanya, kenapa kamu mencintai pasanganmu – kamu pun akan kebingungan mencari jawabannya?

10. Ringanlah Mengungkapkan Rasa Sayang dan Cinta. Pasanganmu Bukan Cenayang yang Pandai Membaca Semua Pertanda

kamu layak bilang “aku cinta kamu” via www.mariaassia.com

Perasaan cinta memang sudah selayaknya dibuktikan, baik dengan ucapan maupun tindakan. Meski sudah membuktikan perasaan sayang dan cintamu lewat tindakan, pernahkah kamu bilang;

“Sayang, aku cinta sama kamu…”

Ada kalanya sekadar ucapan semacam itu akan terasa sangat menghangatkan. Saat kamu bisa mengatakannya dengan tulus, pasanganmu pasti bisa merasakan bahwa kamu punya perasaan yang teramat dalam untuknya. Bahkan, saat lelah sepulang kerja atau menjalani hari yang berat, mendengar ungkapan perasaan darimu akan sekejap membuatnya kembali ceria.

Cinta bukanlah kata benda, melainkan kata kerja. Seberapa besar cinta yang kamu punya untuk pasanganmu bisa diukur dengan seberapa banyak hal baik yang kamu lakukan untuknya. Selamat berusaha! 🙂