Ada anggapan yang mengatakan bahwa persahabatan antar lawan jenis itu omong kosong. Banyak yang percaya bahwa persahabatan semacam itu nggak akan tulus – pilihannya antara terjerat friendzone atau malah ‘jadian’. Ya iyalah kalau kamu atau dia ternyata baperan alias “bawa-bawa perasaan” lain dalam bersahabat.

Tapi nyatanya, banyak kok yang sukses punya sahabat lawan jenis, terlepas dari kamu atau sahabatmu masih single pun punya pacar. Persahabatan itu bisa langgeng ketika memang didasari rasa saling menyayangi sebagai teman.

Di artikel ini Hipwee mau berbagi suka duka dan asyiknya punya sahabat lawan jenis. Apa aja sih?

1. Bersahabat dengan Lawan Jenis Itu Jauh Lebih Seru!

lebih seru buat bersenang-senang via www.kotaku.com.au

Perbedaan karakter dan hobi antara cewek dan cowok justru semakin memperkaya gaya pertemanan kalian. Yup, kamu punya banyak cara untuk bersenang-senang dengan sahabatmu.

Advertisement

Cewek biasanya suka belanja atau berburu diskon, sedangkan cowok lebih suka traveling sambil menjajal olahraga ekstrem. Perbedaan ini membuat kamu dan sahabatmu bisa sama-sama menikmati hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah kalian coba.

2. Ketika Bercanda, Kalian Bisa Total Alias Nggak Jaim (Jaga Image).

bercanda nggak usah jaim

Momen ketika bercanda adalah saat dimana seseorang bisa sangat jujur dengan dirinya sendiri dan orang lain. Kamu ‘cuek’ ketika bicara kasar, jorok, atau gaya konyol yang bahkan tidak membuatmu terlihat pintar. Persahabatan sesama cowok mungkin sudah terbiasa dengan hal ini, tapi lain halnya dengan persahabatan sesama cewek. Umumnya, cewek akan lebih menjaga perkataan dan sikap supaya tidak menyakiti sahabatnya.

Padahal, momen bercanda sebenarnya adalah saat dimana kamu bisa merasa bebas. Sejenak menjadi ‘gila’ demi menikmati hidup. Saat kamu bisa tertawa terbahak-bahak menertawakan kemalangan sahabatmu tanpa takut membuatnya marah atau sakit hati.

Cuma sama sahabat lawan jenis cewek bisa bilang, “Nyet, lo kenapa sih nyet?!?”. Dan cuma sama sahabat cewek, cowok bisa dengan lugas ngomong, “Ih lo gendutan banget sih, jelek!” — tanpa harus ada drama setelahnya.

3. Hubungan dengan Status Sahabat Membebaskan Kalian Dari Rasa “Nggak Enak”.

kalian nggak kebanyakan mikir via www.kawankumagz.com

Mau pergi kemana? Bebas! Mau ngapain? Ayo, aja! Persahabatan antara cewek dan cowok menghasilkan hubungan yang cenderung santai dan menyenangkan. Hubungan persahabatan lawan jenis akan jauh berbeda dengan pacaran.

Misalnya, cowok akan merasa enggan untuk mengajak pacarnya backpacker. Pertama, cowok itu tau bahwa pacarnya adalah pribadi yang manja. Kedua, dia nggak tega melihat pacarnya harus berlibur dengan cara yang ‘seadanya’. Akhirnya, si cowok bakal memilih untuk pergi sendiri.

Nah, ke sahabat lawan jenis rasa tidak enak diatas tidak akan sebesar rasa enggan ke pacar. Ajakin aja deh dia backpacking, gak perlu kebanyakan mikir. Toh kalau emang gak mau juga jelas nolak kok!

4. Kalian Saling Membutuhkan dan Melindungi.

kalian bisa saling melindungi via bootsncandies.blogspot.com

Cowok dan cewek memang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Cewek  umumnya membutuhkan bantuan cowok untuk hal-hal yang berkaitan dengan kekuatan fisik. Sementara, cowok juga butuh kelembutan cewek untuk meredam emosi dan menenangkannya.

Lalu, apa bedanya dong sahabat lawan jenis dengan pacar? Oh, jelas beda dong! Kalau sama pacar, rasa butuh dan perlindungan yang diberikan akan diliputi perasaan cinta. Sementara untuk sahabat lawan jenis, kamu akan merasakan nyamannya perasaan saat ada orang yang bilang:

“Tenang aja, apapun yang terjadi you’ll got my back.” (tenang saja, apapun yang terjadi aku akan selalu ada di belakangmu)

Intinya, sebagai sahabat kalian bisa saling melindungi dan melengkapi.

5. Sahabat Lawan Jenis Bisa Jadi Orang Yang Paling Dipercaya Oleh Orang Tuamu.

sahabat lebih dipercaya daripada pacarmu sendiri via makassar.tribunnews.com

Mungkin banyak yang pernah mengalami hal ini, khususnya para cewek. Ternyata, orang tua justru lebih percaya pada sahabat lawan jenis daripada cowok yang berstatus sebagai pacarmu.

Pasalnya, orang tua cenderung protektif ketika mendengar kata ‘pacar’. Mungkin, mereka takut ketika kamu keluar malam sama pacarmu akan terjadi hal buruk atau semacamnya. Sementara, ketika mendengar kata ‘sahabat’ mereka justru bersikap lebih longgar dan santai.

Tidak jarang sahabat lawan jenis jadi “kunci” buatmu untuk minta izin pulang malam ke orang tua. Selama pasang nama si sahabat, dijamin deh izin pulang malam akan keluar dengan mudah.

6. Sahabat Lawan Jenis Itu Seperti Saudaramu, Tapi Hubungan Kalian Jauh Lebih Menyenangkan.

sahabat yang mirip saudara via www.valleyofsayings.net

Saking dekatnya, sahabat lawan jenis itu seperti kakak atau adikmu sendiri. Bedanya, kalian punya hubungan yang jauh lebih seru dan tanpa dibumbui ribut-ribut karena iri atau berebut barang layaknya hubungan kakak beradik.

7. Kalian Menyadari Bahwa Setiap Momen Pertemuan Itu Berharga.

kalian menghargai sebuah pertemuan via brisbaneweddingweekly.com.au

Kesibukan masing-masing mungkin membuat kalian susah bertemu. Pilihan satu-satunya untuk melepas kangen adalah ketika akhir pekan. Uniknya, nggak ada yang lebih seru daripada duduk berdua berbagi cerita sambil makan es krim.

Tapi, ada kalanya kalian harus meredam kangen dan menunggu hingga berbulan-bulan lantaran alasan kesibukan. Bahkan, untuk sekedar berbagi kabar lewat SMS atau telepon pun nggak sempat. Adakah yang berubah dari hubungan kalian? Tidak ada. Sekalipun terpisah tanpa kabar kalian sama-sama tau bahwa hubungan kalian baik-baik saja.

8. Bersahabat dengan Lawan Jenis Membuat Pergaulanmu Jadi Lebih Luas.

pergaulanmu jadi lebih luas via reginaurbinas.blogspot.com

Nah, ini lho untungnya punya sahabat lawan jenis. Persahabatan memungkinkan kalian sama-sama berkembang secara individu maupun hubungan sosial.

Sahabatmu punya banyak teman yang bisa jadi temanmu, begitu juga sebaliknya. Jaringan yang luas akan memudahkanmu dalam segala hal, termasuk cari jodoh. Hehehehe…

9. Hubungan Kalian Terbilang ‘Sehat’ Karena Minim Drama.

hubungan kalian minim drama via quickhelps.tumblr.com

Berbeda dengan hubungan pacaran atau persahabatan sesama cewek, hubungan sahabat dengan lawan jenis cenderung minim drama. Nggak ada acara ngambek cuma gara-gara telat jemput atau bingung memilih tempat makan. Kalian juga nggak akan merasakan sakit hati karena memanggil sahabat dengan sebutan‘monyet’ atau bahkan ‘tolol’.

Pertengkaran sesama cowok mungkin bisa berakhir dengan adu jotos, sedangkan pertengkaran cewek diakhiri dengan putus persahabatan. Tapi, dalam kamus persahabatan lawan jenis nggak ada kata ‘berantem selamanya’. Sekalipun pernah sesekali salah paham, kalian akan cepat berbaikan lagi.

10. Pendapatnya Adalah Yang Paling Jujur.

pendapatnya yang paling jujur via unintentionallove.tumblr.com

Ketika ingin tau pendapat orang lain tentang dirimu, tanyakan pada sahabat lawan jenismu. Dia akan jadi orang yang paling jujur menilaimu – mulai dari soal penampilan fisik, sikap, hingga sifatmu. Dia nggak akan sungkan memuji. Pujiannya juga bukan sekedar untuk membuatmu senang, tapi karena dia rasa kamu pantas mendapatkannya.

Sama halnya ketika dia harus mengkritikmu. Dia nggak akan sungkan untuk bicara jujur, sekalipun kejujuran itu bakal menyakitimu. Yup, menyakitkan saat pertama kali mendengarnya, tapi kamu akan sadar setelah merenungkannya – bahwa apa yang dikatakannya cukup logis. Ketika mengkritisimu dengan pedas, sebenarnya dia hanya ingin membantumu untuk berubah menjadi orang yang lebih baik.

11. Ketika Bertengkar dengan Pacar, Sahabat Lawan Jenis-lah Yang akan Membantumu.

bisa menjawab masalah percintaanmu via www.midtownmarriageandfamilytherapy.com

Sekali lagi, cowok dan cewek adalah dua makhluk yang diciptakan berbeda. Wajar jika kamu dan pasanganmu sering bertengkar. Di sinilah peran sahabat lawan jenismu. Dia akan menjelaskan semua pertanyaanmu seputar logika pasangan yang mungkin nggak bisa kamu pahami.

Apa sih yang diingkan pasangan? Mengapa kalian sering bertengkar atau nggak saling memahami? Sabahat lawan jenismu punya semua jawabannya.

12. Berdiskusi dengan Sahabat Lawan Jenis Membuatmu Menemukan Perspektif Baru.

pendapatnya jadi perspektif baru buat kamu via old.wisconsinengineer.com

Mungkin, selama ini kamu berpikir dengan tertutup dan kaku. Melihat segala sesuatu dengan dengan sudut pandang sesuai jenis kelaminmu. Tapi, bukankah selayaknya kamu bisa melihat dari dua sisi yang berbeda? Ketika menurutmu cowok harus membayar pengeluaran saat kencan, apakah cowok juga punya pendapat yang sama?

Seorang sahabat lawan jenislah yang akan menyadarkanmu untuk berpikir lebih terbuka. Bahwa untuk melihat satu masalah tidak bisa berdasar pada satu perspektif saja. Sekalipun punya pendapat yang berbeda, dia punya cara agar tidak membuatmu tersinggung. Apa yang disampaikannya bukan untuk melawan, tapi membantumu.

13. Dia Selalu Berdiri di Area Netral dengan Pandangan Yang Positif.

memberi pendapat yang positif via mandye.com

Mengesampingkan emosi, seorang sahabat lawan jenis akan mengandalkan logikanya untuk mencerahkanmu. Misalnya, ketika kamu punya masalah dengan ayah atau ibumu. Sahabat lawan jenis akan berusaha memberikan pendapat yang se-netral mungkin.

Dia tidak memihakmu, tidak juga ayah atau ibumu. Bukan bicara yang sifatnya normatif, tapi dia membantumu untuk menemukan jalan tengah dalam masalah yang sedang kamu hadapi.

14. Percayalah, Dia yang Akan Bertahan Mendampingimu Sampai Kapanpun.

dia yang akan selalu mendampingimu via www.facebook.com

Terlepas dari apapun jenis kelaminnya, seorang sahabat adalah orang yang mendampingimu di berbagai momen hidup. Dialah yang tumbuh bersamamu. Mungkin akan terdengar biasa ketika seorang teman mendampingi temannya yang sedang berbahagia, tapi bagaimana jika dia tetap bertahan di saat-saat terburuk dalam hidupmu?

Ketika kamu putus cinta, punya masalah keluarga, gagal dengan pekerjaanmu – dialah yang masih bertahan di sampingmu. Bukannya ikut bersedih atau sekedar prihatin, dia tahu bagaimana membuatmu sedikit melupakan masalah. Dia juga yang membantumu perlahan bangkit dari keterpurukan.

Dan dalam kamus hidupmu, sahabat yang sangat kamu syukuri kehadirannya ini datang dari jenis kelamin yang berbeda denganmu.

15. Pada akhirnya, Sahabat Lawan Jenislah yang Benar-Benar Menerimamu ‘Apa Adanya’.

dia yang menerimamu apa adanya via galleryhip.com

Dialah yang setia menemanimu saat senang maupun susah. Menemanimu bertumbuh, dia tahu benar bagaimana perubahanmu dari dulu hingga sekarang.

Apakah kamu cewek pintar, cantik, dan punya bentuk tubuh yang indah, atau sebaliknya? Apakah kamu cowok cerdas, ganteng, dan mapan, atau sebaliknya? Yang pasti, dia akan mengabaikan semua itu. Kamu adalah sahabat terbaiknya, yang secara sadar bisa dia terima dengan ‘apa adanya’.

Berbahagialah ketika saat ini kamu punya sahabat lawan jenis yang tulus, mungkin kamu termasuk orang yang beruntung. Nah, buat yang belum punya, boleh deh tengok kanan-kirimu, siapa ya yang bisa tulus jadi sahabat lawan jenismu?

Nah, berbahagialah ketika saat ini ada sahabat lawan jenis yang tulus di sampingmu. Kamu adalah orang-orang yang beruntung. Jika kamu belum punya sahabat yang seperti di atas, boleh lho periksa nama-nama teman-temanmu, kira-kira siapa yang bisa tulus jadi sahabat lawan jenismu?