Apakah kekasih atau pasanganmu saat ini adalah seorang atau calon wirausahawan? Walau mungkin usaha yang dirintis dan ditekuninya belum besar dan masih seumur jagung, kamu wajib berbangga hati. Dia yang mau memilih untuk berwirausaha, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingannya, adalah orang-orang yang keren!

Makna ‘keren’ di sini tidak dilihat dari jumlah penghasilannya. Apalagi kalau laba usaha dia sebenarnya belum seberapa. ‘Keren’ disini dibuktikan dari sifat-sifatnya sebagai wirausahawan. Walau status yang bukan pekerja kantoran kadang membuatnya seolah tak punya profesi resmi di mata orang-orang — mungkin bahkan orangtuamu — jangan salah, justru merekalah yang harus selamanya kamu dekap erat. Orang lain mungkin bisa menjadi pacar paling ciamik, tapi cuma dia yang berwirausaha yang bisa jadi pasangan hidup teristimewa!

1. Wirausahawan Adalah Sebenar-Benarnya Pejuang. Untuk Mendapatkan Apa (Atau Siapa) yang Dia Kejar, Dia Tak Ragu Berkorban Besar.

Dia seorang pejuang sejati via khabarsoutheastasia.com

Memutuskan menjadi wirausahawan adalah sebuah keputusan hebat, berat, dan tak main-main. Tak boleh asal-asalan, karena ada banyak waktu dan biaya yang diinvestasikan. Dia adalah orang yang berani untuk melangkah ke dalam sebuah arena pertandingan. Tak hanya berani melawan dan bertanding dengan para kompetitornya, dia juga berani untuk menantang dan bertanding dengan dirinya sendiri.

Berani melangkah sebagai seorang wirausaha berarti telah berani untuk masuk ke dalam sebuah pertandingan yang tak ada babak akhirnya. Sekali dia masuk dalam berkompetisi dunia usaha, dia harus terus maju dan berjuang untuk bisa bersaing dan bertahan.

Advertisement

Kamu pun akan mengetahui kegigihannya ketika ia memutuskan mengejar atau menaruh hati padamu. Jangan takut dulu. Ia memilihmu karena ia tahu siapa orang yang pantas ia perjuangkan. Lebih lagi, ia tak akan ragu untuk berkorban besar demi mendapatkan apa yang ia kejar. Sekadar mengobrol lewat

2. Jiwanya Memang Rindu Kebebasan. Itu Kenapa Dia Tak Betah Jadi Bawahan. Tapi Demi Hal-Hal yang Paling Penting Untuknya, Dia Justru Akan Berubah Setia.

Dia penuh komitmen dan bertanggung jawab via penghasilantambahanuntukmahasiswa.blogspot.com

Dia bekerja untuk dirinya sendiri, menentukan apa yang harus ia kerjakan, kapan, dan dimana saja dia bekerja. Tak ada orang lain yang bisa menjadi dalang bagi kehidupannya. Dia adalah arsitek yang mendesain seluruh kehidupannya. Hari ini dia bisa bekerja di rumah, lalu esok dia bekerja di perpustakaan kota, dan lusa bekerja di rumah rekan kerja — semua terserah dirinya sendiri.

Dia hidup bebas, namun kebebasannya tak membuatnya lupa dengan kewajiban dan tanggung jawabnya. Meski dia tak terikat oleh jam kerja, tak harus pergi ngantor, tapi dia telah berkomitmen yang tak main-main dengan pekerjaan pilihannya itu. Dia tahu ritme kerja yang paling cocok dengan dirinya.

Meskipun kelihatannya hidupnya bebas, bekerja seenak dia sendiri, tapi bukan berarti dia tak disiplin. Justru dari kebebasannya inilah, dia tahu bagaimana cara untuk mendisiplinkan dirinya sendiri. Dia bebas, tapi dia penuh dengan visi, misi, komitmen dan tanggung jawab. Tak perlu khawatir bersamanya, dia akan selalu menjaga komitmen dengan apa yang dipilihnya, dan dia akan bertanggung jawab dan memikirkan masa depannya nanti!

3. Jika Selama Ini Kamu Mencari Sosok yang Berbeda, Dialah Jawabannya. Saat Kebanyakan Orang Sibuk Mengejar Mimpi, Dia Justru Menciptakan Mimpinya Sendiri.

Dia menciptakan mimpinya sendiri via wirausahaindo.wordpress.com

Jika orang lain pada umumnya selalu berbondong-bondong untuk mengejar apa yang ia cita-citakan, beebeda dengan dia yang memilih untuk berwirausaha. Buatnya cita-cita itu bukan hanya sesuatu yang dikejar, tapi harus diciptakan.

Dia memang seorang pemimpi yang ulung, tapi dia juga seorang eksekutor yang hebat. Dia tahu bagaimana cara menciptakan mimpi, dan dia tahu bagaimana cara agar mimpi itu bisa menjadi kenyataan baginya. Dia akan selalu berusaha untuk bisa mewujudkan semua yang sudah menjadi impiannya.

Keyakinan ini pun ia terapkan dalam berbagai aspek hidupnya, termasuk soal cinta. Jika orang lain yang menyukaimu akan mengejarmu, beda halnya dengan dirinya. Dia tak akan pernah bersusah payah mengejar cintamu, tapi dia akan mencari peluang dan kesempatan untuk menciptakan rasa cinta antara dia dan kamu.

4. Dia Ahlinya Membuat Hal Rumit Jadi Sederhana. Hubunganmu Dengannya Mengalir Santai Bak Sungai — Tak Perlu Takut Banyak Drama.

Dia tak akan mempersulitmu via www.matadorcountry.com

Seorang wirausahawan terbiasa untuk bekerja secara langsung. Dia tak pernah kenal dengan yang namanya birokrasi rumit dalam pekerjaannya. Hal-hal yang rumit dan ‘njelimet’ hanya akan memperlamban dan menghambat kerjanya.

Tak ada birokrasi bukan berarti usaha yang ia jalankan tidak teratur, tidak memiliki sistem dan struktur yang jelas, namun dia tahu bagaimana cara untuk membuat sesuatu yang rumit menjadi lebih sederhana. Baginya, efektivitas dalam bekerja akan jauh lebih baik jika diiringi dengan adanya efisiensi.

Bukannya membenci birokrasi, justru dialah yang tahu bagaimana cara membuat peraturan, tata cara, dan sistem yang baik dan mudah untuk dijalani. Buatnya birokrasi itu diciptakan bukan untuk memperumit, tapi untuk memperjelas dan mempermudah jalannya sesuatu. Jadi tenang saja, dia tak akan pernah mengaturmu dengan hal-hal aneh dan rumit. Dia akan membuat perjanjian yang saling memudahkan antara dia dan dirimu!

5. Lelah Dengan Pasangan yang Cepat Menyerah? Terima Saja Dia yang Berwirausaha. Ia Terlalu Tangguh Untuk Mengeluh, dan Terlalu Bergairah Untuk Cepat Putus Asa.

Dia tangguh, gak mudah mengeluh  via www.matadorcountry.com

Tentu saja tujuannya dalam bekerja adalah agar dirinya bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Tapi satu hal yang selalu ia tanamkan dalam hatinya, bahwa kesuksesan bukanlah hal yang instan. Kesuksesan adalah hasil yang bisa ia dapatkan setelah melalui proses panjang dalam menggapainya.

Dalam setiap proses yang ia lalui, ia belajar, mengamati, menganalisa dan menikmatinya satu per satu. Ia paham betul bahwa sebuah kesuksesan hanya bisa ia rasakan ketika dirinya bisa menikmati  setiap usaha dan perjalanannya menuju kesuksesan.

Jangan takut dia menyerah di tengah jalan saat menjalani hubungan dengannya. Dia pasti akan selalu menikmati setiap proses dari perjalanannya denganmu. Meski tantangan dalam hubungannya denganmu berat, dia tak akan mudah mengeluh, karena dia tahu cara terbaik untuk bertahan adalah dengan menikmati proses yang sedang ia jalani sekarang.

6. Hubunganmu Dengannya Memang Akan Turun-Naik. Tapi Sebagai Problem Solver Terlatih, Dia Takkan Lari Sebelum Hubungan Kalian Kembali Baik.

Dia adalah problem solver via blog.cihooy.com

Saat orang-orang menganggap sebuah masalah adalah sesuatu hal yang buruk dan patut untuk dihindari, seorang wirausahawan justru menganggap sebuah masalah adalah sebuah tantangan dan harus dihadapi. Masalah adalah makanannya sehari-hari, karena itulah dia sudah terbiasa untuk mencari sebuah solusi untuk memecahkan masalah-masalahnya.

Hampir setiap hari dia menghadapi sebuah masalah, dari masalah soal modal usaha, penjualan, hingga keluhan konsumen, dia hadapi dan tangani langsung. Buatnya, tak ada pilihan lain selain menyelesaikannya secepat mungkin. Dia tak akan menghindar sedikitpun, karena dia tahu sebuah permasalahan yang tak diselesaikan pada akhirnya akan menghancurkan dirinya sendiri.

Dia sangat terlatih dalam menghadapi berbagai situasi, kondisi, dan permasalahan. Jika hubunganmu bersamanya sedang tidak baik, dia akan selalu berusaha mencari jalan keluarnya. Dia tak akan diam saja membiarkan masalah menumpuk dan menghancurkan hubungan yang sudah ia bangun dan usahakan. Dia benar-benar tak mau usahanya hancur di tengah jalan.

7. Katakan Selamat Tinggal Pada Hubungan Tak Bermasa Depan. Rumah Tanggamu Akan Aman Dengannya yang Terbiasa Mengatur Uang.

Seorang wirausaha pasti melek finansial via dennysantoso.com

Sudah pasti dia sangat piawai dalam persoalan uang. Bukan untuk ia hambur-hamburkan, tapi dia sangat bijak dalam mengatur uang untuk kepentingan dirinya dan bisnisnya. Orientasinya terhadap uang tak lagi tentang harta yang hanya ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, namun uang baginya adalah sebuah sumber penting untuk yang harus ia manfaatkan kembali untuk menambahkan pendapatannya.

Meski pendapatan yang ia dapat tak selalu pasti, dia selalu bisa mengatur keuangannya dengan baik. Dia bisa memanfaatkan uangnya dengan sangat bijaksana. Dia tak lagi ditaklukkan oleh uang, tapi dialah yang memainkan dan mengontrol uang-uangnya.

Tenang saja, jangan takut dia boros atau pelit, dirinya hanya sangat selektif dan bijaksana dalam menggunakan uangnya. Dia lebih mendahulukan uang sebagai investasi masa depannya. Jadi, persoalan finansial di masa depan, tak perlu khawatir, serahkan saja padanya.

8. Dia Selalu Inovatif Serta Kreatif. Tak Hanya Soal Ide Proyek Atau Strategi Menambah Relasi, Tapi Juga Mengatur Tempat Makan dan Destinasi Baru Untuk Kencan.

Dia penuh inovasi dan inisiatif via wirausahaindo.wordpress.com

Seorang wirausahawan memang dituntut untuk selalu bisa berinovasi dan berinisiatif terhadap situasi dan kondisi yang sedang mereka hadapi. Dia juga dituntut untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya dalam hal ide dan strategi.

Di dalam kepalanya, tak ada yang namanya kata bosan. Dia sangat tahu bagaimana cara menikmati perannya, dan dia selalu punya inisiatif-inisiatif baru yang bisa membuat hidupnya jauh dari kemonotonan. Dia tak pernah kehabisan akal cerdik untuk bisa membuat hidupnya lebih berwarna dan menantang. Dia tak pernah takut untuk mencoba hal baru.

Kamu tak perlu khawatir jika suatu saat nanti mengalami kebosanan dengannya. Dia tahu kalau cinta itu butuh usaha, dan usaha dia untuk mempertahankannya adalah dengan selalu berinovasi dan berinisiatif di dalam menjalani hubungannya. Sama persis ketika dia harus menjalankan sebuah bisnis!

9. Dia Tak Pernah Berhenti Belajar, dan Dia Tak Pelit Untuk Berbagi Ilmu. Jangan Kaget Jika Dengannya Kamu Akan Mengenal Banyak Hal Baru.

Dia tak pelit berbagi ilmu via studyinjogja.net

Baginya, memperkaya diri bukan hanya soal memperkaya harta semata. Tapi, dia sadar bahwa dia harus terus belajar dari orang-orang lain yang sudah sukses lebih dulu. Tiada hari tanpa belajar baginya. Di setiap kesempatan, dia selalu menemukan hal-hal yang bisa ia pelajari dan contoh. Dia bertanya, belajar, mencontoh dan menerapkannya dalam kehidupannya. Dia juga tak pernah pelit dalam berbagi ilmu dengan orang-orang di sekitarnya.

Kesadaran akan pentingnya sebuah ilmu membuatnya menjadi pribadi yang terbuka. Tak henti-hentinya dia menenggelamkan dirinya di tengah-tengah kerumunan orang-orang sukses. Dia tahu dimana dan bagaimana dia belajar demi kemajuan hidup dan usahanya,

Selama kamu menjalin hubungan dengannya, kamu tak hanya akan berbagi soal cinta saja. Tapi bersama dia, kamu juga akan berbagi tentang banyak hal. Dia akan berbagi pengalaman, ilmu, dan juga pengetahuannya padamu. Kemungkinan besar, justru dia malah akan mengajari dan membimbingmu berwirausaha!

10. Dia Adalah Orang yang Sangat Disiplin. Meski Sulit Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadinya, Dia Akan Disiplin Berusaha.

terbiasa membagi kehidupan via generasimudaid.com

Tak ada orang yang menyuruh atau memaksanya untuk disiplin. Dia membangun kedisiplinannya atas dasar kesadarannya sendiri. Dia percaya bahwa kedisiplinan adalah bibit dari sebuah kesuksesan. Dia sangat disiplin soal waktu dan pekerjaan.

Tanpa sebuah kedisiplinan, apa yang telah ia rintis dan usahakan tentu saja akan sia-sia. Walaupun di bekerja untuk dirinya sendiri, itu tak menjadikannya sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Dia tahu betul, ketidakdisiplinan akan merugikan bagi dirinya dan orang lain.

Gak perlu khawatir soal jadwal pacaran, walau dia sibuk, dia bisa mengatur waktunya dengan baik, Dia bisa membuat skala prioritasnya, sehingga dia tak akan membiarkan orang-orang yang disayanginya terbengkalai.

11. Alasannya Bekerja Bukan Hanya Uang, Namun Juga Renjana. Dia Tak Akan Menelantarkanmu Atas Alasan Uang Saja.

Dia hidupa di dalam mimpinya sendiri  via kolomkiri.wordpress.com

Dia memang bekerja keras banting tulang untuk mendapatkan uang. Tapi uang bukanlah hal yang ia gilai. Jauh dari itu, sesungguhnya dia bekerja untuk renjananya. Uang bukanlah motivasinya untuk berwirausaha.

Hal yang paling membahagiakan dalam hidupnya adalah bisa hidup di dalam mimpinya sendiri. Dia banting tulang mencari uang, berpikir keras soal uang, bukan berarti dia tamak dan gila harta, melainkan dia ingin bertahan untuk terus menjalankan apa yang sudah menjadi renjananya. Dan untuk bisa bertahan, dia harus terus menghasilkan uang agar usahanya bisa terus berjalan.

Uang bukan segala-galanya buatnya, tapi renjanalah yang terpenting dalam hidupnya. Kamu tak perlu takut dia akan menelantarkanmu karena uang, karena jika dia benar-benar seorang entrepreneur sejati, dia tak akan pernah melakukan hal itu. Renjana dan orang-orang yang ia sayangi jauh lebih berharga ketimbang uang yang dia hasilkan.

12. Dia Tak Pernah Puas Dalam Satu Fase Saja. Pertanyaan “Mau Dibawa Ke Mana Hubungan Kita?” Akan Kalian Pikirkan Bersama.

Dia memikirkan hubunganmu ke depannya via chrisdarmal.blogspot.com

Bagi sebagian besar orang, pekerjaan adalah suatu hal yang menjemukan dan membuat stres. Penuh dengan rutinitas yang setia hari terulang kembali. Tapi, hal itu tak berlaku bagi seorang entrepreneur. Baginya, pekerjaan adalah tempatnya untuk berpetualang. Ia tak hanya bekerja, tapi ia juga berpetualang mencari hal-hal baru bagi perusahaannya.

Dia tak pernah tinggal diam dalam sebuah fase saja. Dia akan selalu berpetualang untuk mencari ide dan peluang baru untuk usahanya. Dia tak pernah ragu dan takut untuk menjelajah jauh demi kemajuan hidupnya.

Begitupun dia denganmu, dia tak akan berhenti dalam satu fase saja denganmu. Dia perlu ada kemajuan juga dalam hubunganmu dengannya. jangan khawatir dia hanya mempermainkanmu, dia pasti juga akan memikirkan mau dibawa ke mana hubungannya denganmu setelah ini. Sekiranya ada hal baru yang lebih baik demi hubungan kalian, dia pasti berani untuk mengajakmu melangkah pada jenjang selanjutnya.

13. Sebelum Mapan Seperti Sekarang, Ia Pernah Berjuang dari Bawah. Baginya Tak Ada Istilah Malu-Malu, Termasuk Untuk Bertemu Orangtuamu!

Dia berani dan tak malu via www.hipwee.com

Untuk bisa maju, dia harus rela bermuka tebal alias tak punya rasa malu. Dia terbiasa bertemu banyak orang untuk menawarkan produk-produk yang ia jual, dan dia tak pernah merasa takut dan malu untuk melakukannya seorang diri.

Mentalnya sudah terlatih sejak ia memutuskan untuk membuka usaha. Dia berani mengambil segala risiko yang harus dihadapi. Dan dia tak pernah malu jika harus diremehkan oleh orang lain. Sekalipun dia adalah orang yang pemalu, tapi untuk hal yang penting dalam hidupnya, dia tak akan segan-segan menunjukkan keberaniannya pada siapapun.

Mental keberaniannya itu akan selalu tertanam dalam dirinya. Nah, sekarang soal hubunganmu dan dia. Bukan entrepreneur sejati namanya kalau dia malu-malu bertemu keluargamu! Jika dia memang ingin serius denganmu, dia pasti berani untuk serius menemui kedua orangtuamu. Kurang keren apa lagikah orang yang seperti ini?

Para wirausahawan memang punya banyak sekali kelebihan. Poin-poin di atas hanyalah sebagian kecil yang ada pada dirinya. Nah, jika saat ini kamu sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang berwirausaha – baik yang masih pemula maupun yang sudah mapan – kamu perlu berbangga hati, karena dia adalah orang keren yang layak untuk kamu jadikan pasangan istimewa dalam hidupmu! 🙂