Mungkin perasaan cinta bisa kamu rasakan dengan hanya melihat raut wajahnya. Tatapannya juga mungkin sudah mengisyaratkan kalau dia cinta. Tapi kamu paham bahwa hanya merasakannya tentu tidak cukup. Lebih dari itu, cinta juga membutuhkan pembuktian. Bukannya tak percaya, hanya saja pembuktian itu semakin meyakinkan hatimu bahwa dia benar-benar mencintaimu.

Dari semua yang dilakukannya, tentu kamu bisa tahu mana yang hanya mencintaimu sekadarnya saja dengan dia yang benar-benar tulus mencintaimu. Dan jika hal-hal ini kamu rasakan dan selalu dilakukannya padamu, maka selamat! Kamu sudah menemukan dia yang benar-benar mencintaimu secara tulus. Pegang erat-erat ya. Dia akan menjadi pendamping hidup yang mungkin tak akan kamu temukan untuk kedua kalinya.

1. Meski tak kentara, kamu bisa melihat dia mengerjap resah saat tahu kamu dalam keadaan sakit dan tak berdaya

Dia selalu mengkhawatirkanmu via unsplash.com

Ada kalanya kesehatanmu menurun dan membuat tubuhmu terserang penyakit. Badanmu terasa lemas dan tak berdaya. Kamu hanya bisa berbaring di tempat tidur sambil menunggu tubuhmu segera sembuh seperti sedia kala. Dan ketika itu terjadi, pasanganmu lah yang menjadi orang paling khawatir saat tahu kondisimu. Meskipun dia tak memperlihatkan kecemasannya padamu, jauh di dalam hatinya dia begitu khawatir.

Kamu bisa melihat bagaimana caranya memanjakanmu ketika sakit. Nggak cuma ngucapin “semoga cepat sembuh” tapi dia benar-benar mengurusmu hingga sembuh. Menaikkan kembali nafsu makanmu, membelikan makanan kesukaanmu, menyuapimu, dan duduk di sampingmu sembari menunggumu terlelap tidur. Dia tahu benar bagaimana cara merawatmu. Bahkan dari matanya yang mengerjap resah, kamu tahu bahwa dia benar-benar khawatir.

Advertisement

Perlakuannya yang seperti itu jelas menyimpulkan satu hal. Kekhawatirannya itu, meskipun tak dilihatkan, adalah bukti ketulusan hatinya mencintaimu. Dia tak ingin sesuatu yang buruk menimpamu. Kenapa? Karena kamu sangat berharga untuknya.

2. Dia melihatmu berjuang menggapai keinginan. Lalu diam-diam dia membantu apa yang tak bisa kamu lakukan

Membantumu diam-diam via unsplash.com

Saat ini tentu ada satu hal yang sedang kamu perjuangkan. Apakah itu sedang memperjuangkan gelar sarjanamu, mengejar beasiswa S2, atau mungkin sedang mengusahakan pekerjaan impianmu. Usahamu untuk mencapai hal itu tentu nggak semudah kelihatannya. Terkadang kamu tersandung dengan batu-batu kecil yang semakin memperlambat langkahmu untuk mencapai tujuan.

Dan di sanalah dia. Melihatmu yang sedang berjuang membuatnya juga ingin mewujudkan apa yang ingin kamu gapai. Diam-diam dia ikut menyingkirkan kerikil yang memperlambat langkahmu. Dia menopang langkahmu yang rasanya berat untuk melangkah. Ya, hal-hal sesederhana mengantarkanmu bertemu dosen pembimbing, membantumu mencetak lembaran skripsi, atau sekadar menyeduh teh hangat agar kondisi badanmu tetap terjaga. Terlihat sepele mungkin, tapi usahanya untuk membantumu sudah jelas memperlihatkan bahwa dia ingin menjadi bagian dari kesuksesanmu.

3. Dia menjadi orang pertama yang selalu kamu hubungi dalam suka maupun duka. Karena kamu tahu pendampingan darinya akan selalu ada

Dia selalu ada untukmu via elizabethwellsphoto.com

Kamu tentu pernah mendengar istilah “dia yang istimewa akan kalah dengan dia yang selalu ada”. Mungkin kamu bertanya-tanya, bener nggak ya istilah itu atau cuma gaya-gayaan aja. Kamu nggak akan mengetahuinya sampai kamu benar-benar merasakannya sendiri. Meski pasanganmu ganteng, mapan, dipuja banyak orang, tapi nggak pernah ada waktu untukmu, tentu sama aja bohong ‘kan?

Lain ceritanya dengan dia yang biasa saja, nggak banyak yang kenal, sedang berusaha untuk mewujudkan masa depan, tapi selalu ada di saat kamu butuhkan. Jika dihadapkan pada dua pilihan ini, tentu kamu akan memilih dia yang selalu ada. Nggak cuma ada saat kamu bahagia, tapi juga di saat kamu berada di titik terendah.

Ketika kamu merasa dunia sedang tidak memihakmu, atau di lain keadaan kamu merasa dewi fortuna sedang berdiri di pihakmu, maka orang pertama yang kamu hubungi adalah pasanganmu. Karena kamu tahu dia akan selalu ada untukmu kapanpun kamu butuhkan keberadaannya di sisimu. Dan jika saat ini kamu sudah menemukannya, maka jangan sia-siakan kesempatan ini ya.

4. Selalu menghargai setiap jengkal usahamu, sesederhana menikmati makanan yang kamu buatkan meskipun hambar atau bahkan keasinan

Menghargai setiap usahamu via dylandsara.com

Ketulusan cintanya juga bisa kamu rasakan saat dia menghargai setiap langkah usahamu. Kamu yang sedang berusaha agar hubunganmu semakin berkembang lebih baik, atau ingin menunjukkan bahwa kamu serius ingin menjadi pendamping seumur hidupnya. Meski tak sengaja kamu perlihatkan, diam-diam dia mengamatimu lalu memberikan apresiasi sekecil apapun usahamu.

Misalnya ketika kamu mencoba untuk memasak. Belajar jadi ibu rumah tangga tentu dari sekarang. Bisa memasak makanan kesukaannya menjadi salah satu keinginanmu agar dia tahu bahwa kamu juga ingin membahagiakannya. Tapi sayang, setiap kali kamu mencoba ada saja rasanya yang kurang atau berlebih. Hasil masakanmu terkadang hambar, terlalu pedas, hingga keasinan.

Tapi nyatanya, rasa itu tak terlalu berpengaruh. Dia tahu ada yang kurang dari makananmu tapi tetap melahapnya. Hal itu dia lakukan demi menghargai usahamu. Dia tak ingin menjatuhkan semangatmu. Toh, semakin sering kamu mencoba hasilnya juga akan semakin baik, bukan?

5. Tak pernah sekalipun merendahkanmu dengan sikap atau perkatannya. Menjatuhkanmu adalah sesuatu yang haram baginya

Tak pernah merendahkanmu via unsplash.com

Menjadikanmu sebagai hartanya yang berharga tentu akan membuatnya menjaga dirimu dan juga perasaanmu. Tak pernah sekalipun dia ingin melukai hatimu. Tak pernah terpikirkan olehnya untuk merendahkanmu dengan kata-kata seperti “kamu bisa apa sih” atau “nggak ada yang beres kalau kamu yang ngerjain”. Adalah sesuatu yang haram baginya.

Begitupun ketika kamu berada di lingkungannya. Ketika dia mengajakmu nongkrong bersama teman-temannya, dia juga menjaga perasaan dan harga dirimu. Dia tak pernah akan membiarkaanmu menjadi bahan becandaan teman-temannya. Karena baginya membuatmu merasa direndahkan adalah hal yang tak pantas dilakukan.

6. Dia tak pernah membanding-bandingkanmu dengan yang lain. Pribadimu adalah satu-satunya di dunia dan dia telah berjanji menerimamu apa adanya

Tak pernah membandingkanmu dengan yang lain via dylandsara.com

Mungkin kamu adalah orang yang kesekian yang pernah mengisi hatinya. Mungkin sudah ada beberapa cewek yang mencoba menjalani hubungan dengannya namun gagal. Tapi meskipun begitu, dia tak pernah membanding-bandingkanmu dengan gadis lain. Dan yang sudah berlalu cukup tinggal dalam kenangan.

Baginya kamu adalah pribadi yang tak perlu dibanding-bandingkan dengan orang lain. Percuma saja, karena kamu tak bisa disamakan dengan gadis yang lain. Dan dia juga sudah berjanji akan menerimamu apa adanya. Jadi nggak ada alasan baginya untuk membandingkan kekuranganmu dengan kelebihan mantan-mantannya.

7. Saat kamu melakukan kesalahan, dia tak akan membiarkanmu jatuh di lubang yang sama. Dia tidak menuntutmu, tapi menuntunmu

Dia membuatmu tak lagi melakukan kesalahan yang sama via dylandsara.com

Perasaan cintanya yang tulus juga bisa kamu rasakan ketika kamu melakukan sebuah kesalahan. Dia tak hanya memaafkanmu tapi juga ikut membantumu memperbaiki kesalahan itu. Dia tak akan membiarkanmu masuk ke dalam lubang kesalahan yang sama. Dan dia tak akan menyalahkanmu begitu saja. Bisa saja kesalahan yang terjadi juga sedikit banyak disebabkan olehnya.

Tapi hal yang paling membedakan antara dia yang tulus dengan yang tidak adalah bagaimana dia memperlakukanmu setelah kesalahan itu terjadi. Dia yang benar-benar tulus akan menuntunmu untuk melangkah ke jalan yang seharusnya. Sedangkan dia yang tidak, akan menuntutmu memperbaiki kesalahan tanpa ikut campur tangan.

Jika hal-hal ini dilakukan oleh pasanganmu sekarang, maka bisa jadi dia adalah jodoh yang sudah Tuhanmu gariskan. Jangan sampai kamu tak menyadarinya dan membiarkannya pergi. Mendapatkan pasangan yang seperti nggak mudah. Dan sulit untuk mendapatkan kesempatan seperti ini dua kali. Jadi pertahankan ya, dia yang mencintaimu dengan tulus dan tanpa ragu.