Siapa yang tidak kenal kota gudeg yang sekaligus kota pelajar ini? Provinsi yang letaknya berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini mempunyai berbagai destinasi wisata menarik yang bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri waktu perjalanan pulang. Nah, buat kamu yang sedang liburan atau tengah merencanakan liburan ke kota satu ini, kamu bisa masukkan 10 destinasi menarik ini dalam place list kamu!

 

1. Candi Prambanan, Yogyakarta; destinasi penuh sejarah nan memesona

Destinasi penuh sejarah nan memesona

Destinasi penuh sejarah nan memesona via http://sewamotordijogja.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan candi ini, tapi faktanya banyak orang Indonesia yang belum pernah ke sini, lho. Letak Candi Prambanan sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi Desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi ini adalah termasuk situs warisan dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara.

2. Malioboro, Yogyakarta; lokasi indah yang penuh jajanan murah

Lokasi indah yang penuh jajanan murah

Lokasi indah yang penuh jajanan murah via http://wisataterbaru.com

Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan kantor pos besar Yogyakarta. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja, serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekspresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, happening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.

3. Istana Air Taman Sari; destinasi mengasyikkan dengan sejuta keindahan

Destinasi mengasyikkan dengan sejuta keindahan

Destinasi mengasyikkan dengan sejuta keindahan via https://tutorialhijab.co.id

Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Cocok sekali untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

4. Air Terjun Lepo, Dlingo, Bantul; suasana Erawan Fall di Yogyakarta

Suasana Erawan Fall di Yogyakarta

Suasana Erawan Fall di Yogyakarta via http://mobilbekas.com

Sejuknya udara pegunungan dan keseruan bermain air bisa menyihir kamu hingga lupa kalau perut sudah mulai berdendang. Untungnya di sekitar Air Terjun Lepo sudah banyak warung-warung makan sederhana yang menyajikan beragam menu. Selain warung-warung makan, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan kamar mandi, aula sederhana serta persewaan pelampung dan tikar.

Serunya, untuk menikmati kecantikan Air Terjun Lepo, kamu hanya perlu memberikan retribusi seikhlasnya serta tetap menjaga kebersihan dan keindahannya.

5. Pantai Cemara Sewu; destinasi pantai nan indah bak Kuta Bali

Destinasi pantai nan indah bak Kuta Bali

Destinasi pantai nan indah bak Kuta Bali via http://www.infotempatwisata.com

Sebuah gapura sederhana akan menjadi penyambut pertama bagi kamu yang berkunjung ke sana, lalu setelah masuk lorong panjang, pengunjung akan disuguhkan dengan rimbunan hutan pohon cemara, yang memang tumbuh sangat subur di kawasan pantai ini. Sebuah pemandangan pantai yang sangat jarang ditemui di wilayah Yogyakarta. Sebuah pantai yang indah, ditambah kerimbunan pohon-pohon cemara dan yang paling penting adalah masih sangat sepi. Pantai cemara sewu bisa membuat kamu betah berlama-lama menikmati setiap keindahan dan ketenangan suasananya.

6. Pantai Drini, Gunungkidul; oh bikin hati sejuk

Indah, bersih, dan nyaman. Oh bikin hati sejuk

Indah, bersih, dan nyaman. Oh bikin hati sejuk via https://soebratha.wordpress.com

Pantai Drini menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunungkidul karena sebuah pulau kecil di tengahnya, membagi pantai menjadi dua bagian. Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi atau masyarakat di sini biasa menyebutnya Drini. Bila laut sedang surut, kamu bisa pergi ke pulau. Tak perlu menjadi climber untuk memanjat karang, karena tangga beton rela dipijak demi mengantar kita ke atas.

Dari sini, pandanganmu bisa menyisir seluruh Pantai Drini, melihat gunungan alang-alang atap gazebo hingga deretan perahu nelayan. Semua tampak mungil, seperti miniatur bikinan kurcaci.

7. Air Terjun Gedad, Gunungkidul; keindahan kucuran air terjun bak Niagara

Keindahan kucuran air terjun bak Niagara

Keindahan kucuran air terjun bak Niagara via http://kabarhandayani.com

Sumber air yang mengalir di air terjun ini berasal dari lima kawasan perbukitan yang ada di sekitar lokasi, yaitu sumber air Glunggung, Sumber Clenguk, sumber air Karang Kulon dan beberapa lainnya. Semua sumber air tersebut mengalir menuju satu titik sehingga membentuk sebuah air terjun cantik dengan nama Grojogan Gedad.

Selain pelampung dan perahu untuk bermain air, wisata baru di Gunungkidul ini juga berpotensi sebagai kawasan wisata petualang seperti outbound, motor trail atau off road maupun jelajah alam.

8. Waduk Sermo, Kulon Progo; keindahannya bukan sekadar bayangan

Keindahannya bukan sekadar bayangan

Keindahannya bukan sekadar bayangan via http://batiksekar.com

Perbukitan Menoreh adalah latar mempesona yang menjadikannya tampak seperti telaga alami jika dilihat dari kejauhan. Untuk menikmati keelokannya, kamu dapat mengelilinginya dengan berkendara atau dapat pula menyewa perahu wisata dan menyusuri tiap sisinya. Selain untuk berwisata, waduk ini juga menjadi tempat favorit mereka yang hobi memancing.

Ikan "Setan Merah" adalah jenis ikan yang biasa menyambar umpan para pemancing karena ikan predator jenis inilah yang banyak menghuni waduk. Tak hanya itu saja, Waduk Sermo juga dikenal memiliki senja yang menawan sehingga wajar rasanya bila banyak orang menghabiskan waktu sore mereka di sini.

9. Girli Karst Tubing, Sedayu, Bantul; seru, menantang dengan beribu hal menakjubkan

Seru, menantang dengan beribu hal menakjubkan

Seru, menantang dengan beribu hal menakjubkan via http://hargaupdate.com

Hanya 12 km dari pusat Kota Jogjakarta, atau perjalanan kurang dari 30 menit saja, kamu akan segera menikmati serunya wisata di karst tubing ini. Wahana sungai alam dengan bentangan dinding batuan karst, arus sungai deras serta rimbunnya vegetasi pepohonan besar di sepanjang sungai akan memberikan pengalaman tersendiri. Cocok sekali untuk jadi pilihan destinasimu bersama teman-teman.

10. Pantai Sadranan; pantai dengan sejuta pesona

Pantai dengan sejuta pesona

Pantai dengan sejuta pesona via http://1.bp.blogspot.com

Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di Pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk kamu yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan kamu. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Jangankan mengajak orang tersayang, ke sini sendirian saja enak dan serunya luar biasa!