Nggak terasa, tahu-tahu kita udah di penghujung tahun aja, nih! Buat kamu yang doyan nongkrongin drama Korea pasti udah menyaksikan banyak banget drama-drama yang oke punya sepanjang tahun 2016 ini. Mulai dari ‘Descendants of The Sun’ sampai ‘The Legend of Blue Sea’ benar-benar banyak menggaet minat para pecinta K-Drama. Nah, ternyata nggak hanya drama-drama itu saja yang layak kamu tonton, lho! Ini dia 10 drama Korea yang walaupun mungkin nggak semuanya hits, tapi tetap wajib sampai wajib banget kamu tonton. Apa sajakah itu?

1. Goblin

Korea Iyaa via http://korea.iyaa.com

Disiarkan di stasiun televisi tvN, drama ini sebenarnya masih berlangsung. Baru banget dan masih hangat-hangatnya. Drama berjudul lengkap ‘The Lonely, Shining Goblin’ ini berkisah tentang seorang Goblin (Gong Yoo) alias iblis yang diberi kehidupan abadi. Goblin ini tinggal bersama malaikat maut (Lee Dong Wook) yang seperti perannya, bertugas mengambil jiwa orang mati.

Namun suatu ketika, Goblin imortal ini berniat untuk mengakhiri hidupnya dan satu-satunya cara untuk melakukan itu hanyalah dengan mencari pasangan dari kalangan manusia. Dan suatu hari ada seorang murid SMA (Kim Go Eun) dengan kepribadian optimis yang jatuh cinta sama Goblin ini.

Kenapa drama ini wajib ditonton? Nggak hanya berbumbu romans doang, drama 16 episode yang digarap oleh penulis Descendants of The Sun ini juga punya cerita berbau mitos dan melankolis, plus sedikit komedi, lho! Wah, jadi penasaran, kan?

2. Jealousy Incarnate

Advertisement

The Inquisitr via http://cdn.inquisitr.com

Diperankan oleh aktris populer, Gong Hyo Jin sebagai Pyo Na-Ri, seorang reporter cuaca, dan Jo Jung-Suk sebagai Lee Hwa-Shin, seorang pembawa berita, heran juga kenapa drama ini malah sempat mengalami penurunan rating. Jadi, seperti judulnya, drama ini berkisah tentang cinta segitiga antara Pyo Na-Ri, Lee Hwa-Shin, serta sahabatnya yang seorang pengusaha busana kaya bernama Go Jung-Won. Kisahnya yang romantis dan pastinya konyol dengan ulah si Lee Hwa-Shin ini sebetulnya jadi nilai tambah buat drama 24 episode ini.

Kenapa drama ini wajib kamu tonton? Uniknya cinta segitiga yang terjadi nggak hanya antara mereka bertiga doang, loh! Melainkan, ada segitiga-segitiga lain yang terjalin antara para kerabat terdekatnya yang—well, kalau dijelaskan di sini sih, pasti bakal membingungkan. Juga perjuangan Lee Hwa-Shin yang mengidap kanker payudara. Wih, seru, kan? Dan, lagu-lagu yang menjadi soundtrack drama ini pun layak kamu dengarkan!

3. Lucky Romance

Review Drama Asia via http://reviewdramaasia.com

Diangkat dari komik, drama satu ini benar-benar kocak dan menghibur, lho! Cocok banget buat kamu yang lagi pengen ketawa-ketawa. Berkisah tentang seorang cewek bernama Bo-Nui (Hwang Jung-Eum) yang percaya banget sama hal-hal mistis berbau keberuntungan. Nah, Bo-Nui ini sebetulnya punya otak encer yang akhirnya bikin sebuah perusahaan Games terkenal merekrut dia. Sayangnya, karena satu dan lain hal, Bo-Nui yang percaya banget sama mistis ini yakin bahwa dirinya adalah pembawa sial. Dia merasa dialah penyebab adiknya, Bo-Ra (Kim Ji-Min) nggak bangun-bangun di rumah sakit.

Sampai suatu ketika Bo-Nui ketemu sama seorang peramal yang bilang bahwa kesialannya cuma bisa lepas dengan satu syarat: Bo-Nui harus meniduri cowok bershio Macan. Dan kisah serunya dimulai setelah Bo-Nui tahu bahwa bos arogannya di Zeze Game Company, Soo-Ho (Ryoo Joon-Yeol) ternyata bershio Harimau!

Kenapa kamu wajib nonton drama ini? Udah bisa dibayangkan dong, pembawaan peran utama cewek yang juga dulu terkenal dengan dramanya berjudul She Was Pretty ini bakal bikin 16 episodenya nggak terasa udah habis lagi! Plus, kekocakan ekpresi datar pemain utama cowoknya yang benar-benar melengkapi drama ini, deh!

4. Let’s Fight Ghost

Newsth via http://newsth.com

Kalau kamu dulu pernah nonton drama Master’s Sun, nah Let’s Fight Ghost ini mirip-mirip sama drama itu. Hanya saja, dibungkus dengan cerita yang jauh lebih komedi dan menggelitik! Jadi, drama yang ditayangkan 16 episode di tvN ini bercerita tentang seorang hantu cewek bernama Hyun-Ji (Kim So-Hyun). Layaknya arwah penasaran, Hyun-Ji ini pun udah mengembara selama 5 tahun dan belum juga menemukan penyebab kematiannya apa.

Di tempat lain, ada seorang cowok bernama Park Bong-Pal (TaecYeon) yang selama ini selalu mengasingkan diri dari pergaulan. Kemampuan indera keenamnya itu sempat bikin Bong-Pal merasa asing dibanding orang lain. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Hyun-Ji dan bekerja sama untuk membasmi hantu-hantu yang ada dan malah menghasilkan banyak duit!

Kenapa drama ini wajib kamu tonton? Kelakuan kocak dari dua senior Bong-Pal dan cerita-cerita di balik matinya hantu-hantu bikin drama ini nggak membosankan. Apalagi, ada fakta mengejutkan di akhir-akhir episodenya, lho!

5. W

Korea Iyaa via http://korea.iyaa.com

Drama yang satu ini bisa dibilang cukup hits dan happening sepanjang tahun 2016. Nggak hanya karena diperankan oleh aktor ganteng Lee Jong-Suk sebagai Kang Chul, tapi juga karena ide ceritanya yang nggak biasa. Jadi, drama yang ditayangkan oleh MBC ini pada dasarnya berkisah tentang perjuangan cinta beda dunia. Kang Chul adalah tokoh komik yang diidolakan banyak orang dan komiknya yang berjudul ‘W’ meledak di mana-mana.

Semua berjalan biasa-biasa saja sampai akhirnya anak dari si komikus, Oh Yeon-Joo (Han Hyo-Joo), seorang dokter di sebuah rumah sakit, nggak tahu bagaimana malah tertarik ke dunia komik cerita si Kang Chul itu. Nah, kisahnya semakin seru karena rupanya si Kang Chul ini sendiri sedang diburu oleh seorang penjahat misterius dalam komiknya. Dan pastinya, berjuang untuk tetap bisa bersama Oh Yeon-Joo yang kedengarannya sih, mustahil.

Terus, kenapa drama ini jadi salah satu yang wajib ditonton? Keunikan melihat kisah cerita yang tertuang jadi komik Webtoon bikin kita penasaran terus, lho! Bahkan sejak episode awalnya aja udah geregetan!

6. Please Come Back, Mister!

Korea Iyaa via http://korea.iyaa.com

Kehadiran aktor sekaligus penyanyi Rain sempat membuat drama ini banyak ditunggu. Ditayangkan di SBS, drama ini berkisah tentang seorang bapak bernama Kim Young-Soo (Kim In-Kwon) yang setelah kematiannya malah dikasih kesempatan lagi buat balik ke dunia. Pun seorang koki kekar (Kim Su-Ro) yang mendapatkan kesempatan sama. Dua-duanya dikembalikan ke dunia untuk menyelesaikan masalah mereka yang belum rampung.

Cuma masalahnya adalah mereka balik ke dunia bukan dengan wujud asli mereka, melainkan lewat tubuh lain. Kim Young-Soo menjelma menjadi seorang cowok tajir bernama Lee Hae-Joon (Rain) yang punya peran penting di mal bekas kerjanya dulu, sedangkan koki kekar itu justru balik ke dunia menjelma dalam tubuh seorang cewek super cantik bernama Hong Nan (Oh Yeon-Seo). Kisah seru dan kocak mereka yang saling bekerja sama pun dimulai sejak itu.

Kenapa drama 16 episode ini jadi wajib banget kamu tonton? Bisa dibilang kadar romans di drama ini nggak kental. Justru kadar drama keluarganya yang kuat. Di sini kamu bisa lihat sisi haru seorang bapak yang berjuang menebus kesalahannya, tapi tentunya dibungkus dengan aksi kocak mereka! Nggak terbayang, kan?

7. Cheese In The Trap

Drakortv via http://drakortv.com

Diangkat dari komik Webtoon yang sampai detik ini masih bergulir, drama ini bisa dibilang salah satu yang sukses bikin baper! Kalau ditilik dari ceritanya sih, sebenarnya sederhana dan malah biasa banget. Jadi, drama ini berkisah tentang kehidupan perkuliahan. Wajar lah ya, kalau ada bumbu-bumbu geng klise gitu.

Adalah Hong Seol (Kim Go-Eun) yang sejak awal masuk kuliah selalu merasa ada yang nggak biasa dengan seorang seniornya yang bernama Yoo Jung (Park Hae-Jin). Yoo Jung yang jadi cowok idola di kampusnya ini tampak begitu misterius dan sedikit ‘jahat’ di mata Hong Seol. Sampai akhirnya, kisah baper mereka dimulai setelah Hong Seol mulai dekat dengan Yoo Jung. Hal yang secara nggak sengaja, Hong Seol pun dekat juga sama adiknya Yoo Jung, Baek In-Ho (Seo Kang-Joon).

Meski banyak yang nggak suka dengan akhir drama ini, kamu tetap wajib nonton drama ini karena—serius bisa bikin baper! Padahal minim banget sama adegan cium dan ranjang yang mungkin dekat dengan kesan romantisme drama. Justru romantismenya bisa kamu lihat dari gestur-gestur kecil Yoo Jung pada Hong Seol.

8. Doctors

Smeaker via http://smeaker.com

Drama Park Shin-Ye mana sih, yang nggak bagus rating-nya? Yeap, kenyataannya drama Doctors yang diperankan oleh aktris cantik itu juga terbilang sukses! Sempat dibandingkan dengan Uncontrollably Fond, drama ini tetap lebih menang. Seperti judulnya, ini memang medical drama alias drama dengan latar kehidupan bidang kedokteran.

Berkisah tentang Hye-Jung (Park Shin-Ye) yang sejak kecil sudah memiliki kehidupan pahit. Kegetiran hidup bikin dia berjuang keras untuk menjadi seorang dokter seperti gurunya dulu, Prof Hong (Kim Rae-Won) yang sempat jatuh cinta sama dia pas sekolah. Sampai akhirnya mereka bertemu lagi dan kisahnya mulai berliku-liku ketika Hye-Jung berusaha menguak penyebab kematian nenek tercintanya.

Ditayangkan di SBS, drama 20 episode ini jelas wajib kamu tonton! Apalagi, diakui banyak anak kedokteran kalau drama ini cukup menggambarkan kehidupan dokter kayak gimana, lho!

9. Another Miss Oh

Korea Iyaa via http://korea.iyaa.com

Menempati posisi nomor dua yang wajib banget kamu tonton adalah Another Oh Hae Young. Nyatanya, drama ini juga banyak disukai sepanjang 2016, lho! Siap-siap dengar kisahnya yang agak kompleks, ya! Jadi, ada dua orang cewek yang sama-sama bernama Oh Hae-Young. Bedanya, saat sekolah dulu, Oh Hae-Young yang satu terkenal cantik banget (Jeon Hye-Bin). Sedangkan Oh Hae-Young satu lagi sering dijuluki Oh-Hae Young Reguler karena biasa saja (Seo Hyun-Ji).

Nah, suatu ketika, seorang pengarah suara terkenal bernama Park Do-Kyung (Eric) gagal menikahi pacarnya yakni si Oh Hae-Young cantik. Do-Kyung yang stres pun berniat balas dendam sama orang yang dikira sudah merebut calon istrinya itu. Alih-alih terbalaskan dendamnya, Do-Kyung malah menjebloskan target yang salah, yang mana adalah bekas tunangan Oh Hae-Young reguler. Mengetahui kalau Oh Hae-Young reguler dicampakkan tunangannya gara-gara dia, Do-Kyung pun mulai berusaha menebus kesalahannya. Nah, dari situ deh, kisah mereka bertambah seru!

Kenapa drama ini bisa menempati posisi kedua terbaik menurut penulis? Karena, tambahan gimmick kemampuan Do-Kyung melihat masa depan, bikin alur cerita drama ini menarik karena ditarik mundur dan maju gitu. Seru dan harus kamu tonton, deh! Apalagi lagu-lagu soundtrack-nya yang ciamik!

10. Age of Youth

The Inquisitr via http://cdn.inquisitr.com

Dan di posisi pertama adalah drama Age of Youth. Loh kok, bukan Legend of Blue Sea atau Descendants of The Sun, sih? Kan, sejak awal udah dibilang kita bakal mengupas drama yang mungkin nggak begitu hits tapi bagus. Yeap, drama satu ini meski nggak banyak dibicarakan tapi betul-betul bagus! Nggak heran kalau rating-nya pun 90 dari 100 menurut AsianWiki. Tapi, sebelumnya kamu jangan berpikir kalau drama ini pure romance, ya!

Berkisah tentang persahabatan lima orang cewek yang tinggal di bawah satu atap dengan cerita dan kisah hidup yang berbeda-beda, tapi sebetulnya mereka sama-sama mengemban rasa bersalah akan suatu hal. Mulai dari cewek paling senior, Jin-Myung (Han Ye-Ri), seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu demi membiayai perawatan adiknya di rumah sakit. Lalu, Ye-Eun (Han Seung-Yeon), mahasiswa yang begitu sayang sama pacarnya sampai ‘buta’. Ji-Won (Eun-Bin), mahasiswa terkocak di rumah itu yang ternyata punya latar belakang nggak enak juga. Eun-Jae (Park Hye-Soo), mahasiswa termuda yang terpolos tapi sebetulnya mengemban ganjalan bersalah paling besar di antara yang lain. Sampai Kang Yi-Na (Hwa-Young), seorang cewek yang menjajakan dirinya pada laki-laki setiap malam.

Drama ini jadi nomor satu yang wajib kamu tonton di 2016 karena kisahnya yang penuh dengan pelajaran hidup. Mulai dari perjuangan, kejujuran, sampai persahabatan! Pokoknya, harus kamu tonton, ya!

Itu dia 10 drama Korea paling bagus sepanjang 2016 menurut penulis. Apa drama jagoan kamu di tahun ini?