Merantau, pergi meninggalkan kampung halaman dan memilih hidup di kota besar. Tentunya memiliki sensasi tersendiri bagi kamu penikmat perantauan. Ada suka ada duka dimana sebagian besar tujuang orang pergi merantau adalah "merubah kehidupan menjadi lebih baik dari kehidupan sebelumnya.

Rata-rata tujuan orang pergi merantau adalah kota besar, tak jarang tujuan terfavorit perantau adalah Ibukota 'Jakarta'. Mengapa memilih Jakarta? karena di Jakarta lebih banyak peluang kerja, karena di jakarta kamu bisa bertemu orang orang dari suku dan etnis yang berbeda, karena orang orang di kampung kamu banyak yang sudah sukses berkat merantau ke jakarta.

Nah kecuali karena-karena di atas masih banyak lagi Fakta - Fakta yang akan kamu temukan saat kamu hidup dan merantau di Jakarta. Apa saja? Ini dia beberapa fakta hidup merantau di Jakarta:

 

1. Mendadak Bisa Bangun Subuh

Bangun Subuh

Bangun Subuh via http://sharingdisini.com

Dengan hidup di Jakarta, kamu harus membiasakan bangun lebih pagi alias dini hari. apalagi buat kamu yang jarak tempat kerjanya jauh dan harus menggunakan transportasi umum kereta atau busway (Biar Irit hehe). Aktifitas di ibu kota ini sudah dimulai dari dini hari sebab jika kamu tidak bangun subuh kamu akan telat masuk kantor, tidak dapat kereta yang pas, harus menunggu lebih lama, naik busway macet, bawa kendaraan takut dilindas Truk atau Kopaja, naik taksi mahal dan banyak akibat lainnya. 

Oleh karena itu kamu Benar-Benar harus ekstra bangun dini hari agar tidak terlambat dan tidak buru buru. 

2. Gak perlu Jadi Anak Ekonomi, Sebab Sudah Punya Bank Pribadi

Hidup merantau menuntut kamu untuk mandiri dan belajar tidak meminta uang lagi pada orang tua (malu sedikit lah ya, udah kerja masih minta orang tua :)

Hidup di jakarta membuatmu harus belajar mengatur keuangan sendiri, membuat bank pribadi, mengontrol keuangan agar uang keluar tidak lebih besar dari pada uang masuk kamu. Jadi kamu bisa menyihkan uang kamu buat hal lainnya (menabung ke maldives misalnya)

3. Belajar menjadi Pribadi yang Sabar dan Disiplin

Menjadi pribadi yang sabar

Menjadi pribadi yang sabar via http://cdn.klimg.com

Gimana gak harus sabar? ini ibu kota bung bukan ibu kita.

Di Jakarta banyak sabar yang harus kita hadapi, sabar dalam menunggu antrian kereta, sabar berdesak desakan menggunakan transportasi umum yang membuat mu nyaris menjadi ikan teri, sekaligus sabar saat dimarahi atasan. dan juga disini kamu belajar disipilin, apalagi yang menggunakan transportasi umum, kamu harus tau jadwal keberangkatakan transportasi yang kamu gunakan karena salah waktu kamu bisa ketinggalan dan kembali menunggu.

4. Banyak Destinasi Wisata Yang ingin Dikunjungi

Monas Di Malam Hari

Monas Di Malam Hari via http://static.initempatwisata.com

Saat senggang kamu sudah menyusun banyak lokasi wisata yang ingin kamu kunjungi, sebut saja Monas, Dunia Fantasi Ancol, Kota Tua, dll. Tapi itu semua kebanyakan hanya ekspektasi mengapa?? karena beberapa alasan seperti macet, terlalu ramai karena semua orang libur pada hari yang sama atau alasan lain karena belum cukup uang hihi.. 

akhirnya kamu lebih memilih pergi liburan pada libur panjang dan keluar jakarta karena bosan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Dan akan menangis saat liburan berakhir serta harus kembali ke rutinitas awal bekerja

5. Menemukan Teori Teori yang hanya kamu Sendiri Paham Ilmunya

Kamu akan mendadak menjadi lebih hebat dari seorang Albert Einstein atau Thomas Alfa Edison. mengapa? karena kamu merencanakan hidup mu sendiri serta harus membuat hidupmu lebih mudah di tengah kepanikan Ibu Kota. Contohnya saja, kamu menemukan teori saat kamu naik kereta kamu harus naik dari gerbong tengah bagian belakang karena bagian itu yang lebih sedikit saingan rebutanmu di kereta, dan lainnya lagi teori untuk hidupmu sendiri.

6. Jomblo dan Gak Jomblo, Sama aja.

Jomblo ataupun tidak disini kamu hanya menjalani hidupmu sendiri, naik kereta sendiri toh kalaupun punya pacar pas kereta rame gak bisa juga cariin tempat duduk buat pacarnya, saat kamu punya masalah kehidupan pun kamu harus lebih banyak menghadapinya sendiri karena disini semua orang punya kesibukan masing masing.

7. Impianmu Menjadi Sangat Tinggi

wanita karir

wanita karir via http://www.molto.co.id

Dengan hidup di Ibu Kota menjadikanmu Pribadi yang tidak mau berdiam di tempat. bila dirumahmu kamu hanya berkeinginan menjadi orang yang punya uang cukup, disini kamu akan mulai memikirkan bagaimana agar karir mu tetap naik, bila perlu menjadi Mentri atau memimpin yang lain. 

8. Pertanyaan Horor Mulai Menyelimuti Pikiranmu

Do Kyungsoo

Do Kyungsoo via http://1.bp.blogspot.com

Khususnya buat para single, kamu akan mulai ditanya pertanyaan horor seputar Hidup kamu yang gak mengganggu orang lain.

"eh kamu sarjana sudah,kerja sudah kapan mau nikah ? "

(air mana air mau nyebur saya) atau saat orang tua telpon "eh kamu sudah tau belum anak bu Sri sudah beli mobil baru loh baru kerja kemarin

dan kamu hanya bisa pasrah menjawab :

"aduh mama mama pada sabar yah saya akan memulainya secara bertahap" (sambil gigit jari)

9. Mensyukuri Apa yang Kamu Miliki Saat Ini

Menjalani hari di kota jakarta, Menjadi orang yang kerja masih bisa dengan otakmu akan membuat mu menjadi orang beruntung dari pada orang lain yang hidupnya tak seberuntung kamu, orang orang yang hidupnya hanya untuk hari ke hari, dan tidak bisa tidur di atas kasur seperti kamu. akan membuat mu bersyukur karena kamu masih bisa pergi jalan jalan di bandingkan mereka yang tidak ada waktu untuk bersenang senang. 

Jangan lupa berbagi ya!

10. Rindu Akan Rumah

Rumah Gadang

Rumah Gadang via http://sumbar1.com

Setelah kamu lelah akan merantau, pastinya hal yang paling kamu tunggu tunggu adalah saat pulang kampung ke kampung halamn tercinta, sudah terbayang di pelupuk mata masakan ala rumah dan suasana yang bersih dari kebisingan.