Nias atau bisa dipanjangkan dengan sebutan “Nusa Indah Andalan Sumatera”. Salah satu pulau terluar di Indonesia yang sangat dekat dengan samudera Hindia. Pulau yang di kelilingi oleh pulau-pulau kecil ini temasuk wilayah provinsi Sumatera Utara.

Mungkin selama ini, banyak di antara teman-teman yang penasaran tentang pulau yang satu ini dan ingin berkunjung ke sana tapi dipenuhi dengan keraguan. Nah, kali ini saya ingin membagikan beberapa keunikan yang bisa kita temukan di Nias, yang menguatkan hasrat teman-teman untuk menjadikan Nias sebagai tempat liburan pilihan. Tunggu apa lagi? Langsung saja di TKP....

 

1. Di Mata Wisatawan, Nias Itu Lompat Batu

Uang kertas 1992 IDR 1000 edaran Bank Indonesia

Uang kertas 1992 IDR 1000 edaran Bank Indonesia via http://id.wikipedia.org

Baik wisatawan domestik maupun manca-negara berbicara tentang “Hombo Batu” atau Lompat Batu mereka pasti bisa menebak bahwa itu adalah Nias. Mengapa? Karena cara melompat seperti ini memang hanya ditemukan di Nias. Kamu mau mencari di berbagai negara pun yakinlah kamu tidak pernah menemukan cara melompat yang persis dengan Lompat Batu. Walau beberapa tahun yang lalu Malaysia sempat mengklaim bahwa Lompat Batu sama dengan lompat yang ia miliki, setelah saya pelajari saya tarik kesimpulan “tidak nyambung” .

2. Tempat Surfing yang 11/12 dengan Hawai, Nias Punya Bro

Pantai Sorake, Nias Selatan

Pantai Sorake, Nias Selatan via http://www.jayanjayan.com

Namanya  pantai Sorake terletak di Telukdalam, Nias bagian selatan. Walau Bali lebih cetar di mata wisatawan asing tetapi berbicara masalah ombak, Sorake masih berada di atas Bali. Banyak wisatawan lebih memilih tempat surfing terbaik ke dua di dunia ini sebagai tujuan utama wisata mereka. Pantai ini juga sering jadi tuan rumah dalam festival dan lomba surfing internasional.

3. Banyak Gunung yang Masih Perawan

Puncak Gunung Maziaya, Nias Utara

Puncak Gunung Maziaya, Nias Utara via http://www.northniastourism.com

Ssstt... Jangan berpikir kemana-mana dulu. Maksud saya gunung-gunung tinggi di Nias jarang di jamah oleh pendaki. Saya kurang tahu sebabnya, mungkin mereka sudah mulai lelah. Ha...ha...ha...

4. Pulau-Pulau Kecil Menjadi Tujuan Wisata Pilihan

Pulau Tello

Pulau Tello via http://medanreview.com

Petualang sejati bukan sekedar meraba tetapi masuk lebih dalam dan semakin dalam. Cuma saran sih, kalau ke Nias itu jelajahi juga pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti pulau Tello, pulau Wunga dan yang paling terkenal itu Pulau Asu yang terletak di Nias bagian Barat. Yakinlah pasti Anda mencapai klimaks perjalanan Anda.

5. Pantai yang Istimewa

Pantai Pasir Merah, Nias Utara

Pantai Pasir Merah, Nias Utara via http://www.northniastourism.com

Beberapa nama pantai yang ada di Nias mulai dari pantai Pasir Merah, pantai Pasir Putih, pantai Pasir Hitam, pantai Pasir Abu-abu, pantai Pasir Berbunyi, Tureloto, Lagundri, Toyolawa, Malaga, Nusa Lima dan lain sebagainya. Ada untuk Anda dengan menyimpan keunikan tersendiri sebagai tempat liburan keluarga, rekan kerja dan sahabat. 

6. Ikan yang Melimpah

Wah, Ikan di Nias itu memang banyak

Wah, Ikan di Nias itu memang banyak via http://nias-bangkit.com

Nias memiliki ikan yang berlimpah-limpah. Hampir semua jenis ikan bisa ditemukan di perairan Nias. Baik ikan budu maupun ikan bada  sudah berlangsung lama menjadi makanan favorit orang Nias.

7. Ternyata, di Nias Ada Burung yang Bisa Ngomong

Mulai dari burung gereja, burung hantu, burung murai, burung gagak dan lainnya ada di Nias. Namun, burung yang paling pintar dan yang paling disayang adalah Beo Nias. Burung yang bisa ngomong ini salah satu ikon pulau Nias. Dan termasuk hewan yang dilindungi karena mengalami kepunahan. Penasaran burung yang satu ini bisa ngomong? Search aja di youtube.

8. Masih Kental dengan Budaya

Tugu Ya'ahowu di Gunungsitoli

Tugu Ya'ahowu di Gunungsitoli via http://facebook.com

Orang Nias masih mempertahankan budaya leluhur, mereka sangat menghargai orang lain terlebih tamu yang berasal dari luar pulau. Jangan kira Yahoo jika mereka menyapa Anda “Ya’ahowu” itulah sapaan khas di sana yang memiliki arti “selamat” atau “semoga terberkati”. 

9. Satu Suku Sih tapi Dialeknya Beragam

Salah Satu Sudut Kota Gunungsitoli

Salah Satu Sudut Kota Gunungsitoli via http://bumi-nusantara.blogspot.com

Indonesia memiliki beragam bahasa, terbukti di pulau Nias saja terdapat perbedaan bahasa yang mencolok antara Nias bagian Utara dengan Nias bagian Selatan. Tidak hanya itu, dialek masing-masing kecamatan bahkan masing-masing desa berbeda-beda. Ada dialeknya keras, kental, halus, lembut, pelan dan lainnya. Dibilang sih dialek yang lembut dan enak di dengar itu orang Lahewa. Dan itulah saya. He...he...he...

10. Tempatnya Orang-Orang Bisnis

Pasar Ya'ahowu, Gunungsitoli

Pasar Ya'ahowu, Gunungsitoli via http://nias-bangkit.com

Pemegang pasar di Nias adalah orang-orang yang suka merantau dan berlayar. China (chinaer) menguasai bahan-bahan bangunan dan barang elektronik, Batak (bataker) pengatur strategis ekspor-impor, Padang (padanger) di bagian makanan dan pakaian, dan Nias (niaser) pemegang pasar hasil bumi. Biasanya pemegang-pemagang pasar ini sering nongkrong di pasar Nou di temani oleh Satpol PP. 

11. Anda Tidak Menemukan Harimau, Singa, Gajah Apalagi Beruang Kutub

Memang Nias tidak punya yang satu ini

Memang Nias tidak punya yang satu ini via http://flickr.com

Jangan takut menjelajahi hutan di Nias, di sana tidak ada binatang buas yang menakutkan. Saya tidak tahu sebabnya, tapi itulah kenyataannya. Tapi hati-hati jangan memancing di sungai karena ada buaya apalagi menggali lubang awas ada ular piton.

12. Yang Misterius itu, Gua Laowӧmaru

Gua Laowӧmaru, Gunungsitoli

Gua Laowӧmaru, Gunungsitoli via http://facebook.com

Gua yang berada di Fodo ini sampai sekarang tidak ada yang bisa menjelaskan secara ilmiah. Menurut cerita rakyat sih dijelaskan bahwa dahulu kala hidup seorang Laowӧmaru yang kuat dan gagah perkasa yang memiliki visi untuk menghubungkan pulau Nias dengan pulau Sumatera menjadi satu daratan. Visi itu gagal karena anaknya melanggar suatu perjanjian. 

13. Jangan Bingung Kalau Beberapa Nama Orang Nias Ada Huruf “Ӧ”

Huruf khas Nias

Huruf khas Nias via http://facebook.com

Saya tidak tahu benar atau salah, kata sesama perantau yang berasal dari daerah lain, bahasa Nias itu terdengar unik dan mirip dengan bahasa Jepang. Walau demikian saya akan membagikan sesuatu, di dalam bahasa Nias itu jangan pernah samakan huruf “Ӧ” dengan huruf  “O” karena kedua huruf ini memiliki arti yang sangat berbeda. Terkadang huruf “Ӧ” lebih memiliki kesamaan dengan huruf “E” tapi kadang-kadang juga dalam melafalkan kata-kata tertentu bunyi huruf ini berbeda. Waduh, kamu tahu? Betapa susahnya aku menjelaskan dengan kata-kata,  yang penting ketiga huruf ini hanya bisa di bedakan dengan bunyi. 

14. Pakai Gopek Saja Anda Sudah Bisa Makan Durian Sepuasnya, Malah Gratis

Durian Nias

Durian Nias via http://facebook.com

Nias merupakan salah satu daerah penghasil durian. Pada musimnya, durian di jual murah bahkan gratis. Dodol durian juga di kenal dengan makanan khas daerah tercinta ini.

15. Batu Akik yang Ditawar Mahal Itu Berasal dari Nias

Batu akik

Batu akik "Sigori Lafau" via http://kompas.com

Batu akik merupakan batu yang mengguncang pasar emas dan  cukup fenomenal di tahun-tahun terakhir ini tak terkecuali batu asal Nias. Menurut berita yang dirilis oleh Kompas batu yang bernama “Sigori Lafau” itu ditawar 15 M. Wao... mending beli mobil aja. 

16. Orang Nias Itu, Korea Banget

Lagi-lagi temanku yang berasal dari daerah lain sering berkata bahwa orang Nias itu mirip orang Korea. Saya kadang yakin, kadang tidak yang jelas aku sih jelek.  Jujur, ini bukan bermaksud terlalu memuji memang selain saya, rata-rata orang Nias itu mirip artis papan atas di Indonesia dan ada korea-koreanya juga. Tidak percaya? Main saja ke Nias. Jangan cari jodoh ya... wkwkwk