Ini merupakan tulisan pertama saya di Hipwee. Meski perdana, semoga bermanfaat dan berkelas. Bisa kita mulai? Pada dasarnya, semua manusia memiliki impian dan harapan. Orang sering kemudian menyebut impian dan harapan itu sebagai tujuan, namun biasanya impian dan harapan tersebut hanyalah pikiran yang dipenuhi harapan. Right? Modal khayalan, minim aksi, mungkin seperti itu.

Untuk mewujudkan impian dan harapan, kamu harus mengenal terlebih dulu watak dan pribadi yang kamu miliki. Watak tersebut akan menggambarkan seperti apa "kemampuan" yang kamu miliki dan apa pengaruhnya dalam setiap langkah hidupmu. 

 

1. Ketidakmampuan yang tidak disadari.

ketidakmampuan yang tidak disadari

ketidakmampuan yang tidak disadari via http://cdn-media.viva.id

Hal ini terjadi ketika tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu dan tidak sadar bahwa kamu tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu tersebut. Miris, ya?

Mari kita gunakan analogi mengemudi. Ada seorang remaja yang tidak pernah latihan mengemudi, sebelumnya ia pikir bahwa ia tau bagaimana mengemudikan mobil keluarga. Oleh karena itu, ia pun mengambil kunci mobil ketika orang tuanya sedang tidur, menyalakan mesin, lalu mengemudikan mobil tersebut hingga menabrak POHON. hehe

Inilah ketidakmampuan yang tidak disadari yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

2. Ketidakmampuan yang disadari.

ketidakmampuan yang disadari

ketidakmampuan yang disadari via http://daihatsu.co.id

Anak dalam contoh tersebut kemudian menyadari bahwa ia perlu latihan mengemudi. Cukuplah satu kali dalam hidupnya mengalami kecelakaan, ia pun memutuskan untuk ikut kursus mengemudi.

3. Kemampuan yang disadari.

kemampuan yang disadari

kemampuan yang disadari via http://www.kawankumagz.com

Anak tersebut telah menjalani pendidikan mengemudi dan lulus tes mengemudi. Ia sudah punya SIM, tetapi masih bukan seorang ahli yang mengemudi. Ia masih harus benar-benar fokus dengan semua yang sedang dilakukan saat mengemudi. Suara mobil yang berjalan kencang dari arah depan masih membuatnya grogi.

Jika transmisi mobil tersebut manual, ia harus dengan sadar berpikir tentang di mana seharusnya setiap diposisikan saat akan menekan dan melepas pedang kopling. Padahal pada saat yang bersamaan, mobil harus tetap berada di jalurnya. Waktu terus berjalan, gigi kendali terus dipindah. Dan sekarang, ia telah mampu mengendarai mobil dari titik A ke titik B.

4. Kemampuan yang tidak disadari.

nyetir mobil

nyetir mobil via http://erabaru.net

Sudah beberapa bulan ini, anak tersebut telah mampu mengemudi. Dia ngobrol dengan gadis yang ada di sampingnya sambil mendengarkan musik yang dipasang dengan suara kencang. Bahkan tak jarang ia mengemudi sambil makan. Kenderaan yang datang dari arah depan tidak lagi mengganggunya.

Jika ada lampu merah, secara otomatis ia pindahkan gigi tanpa perlu berpikir lagi. Tongkat gigi digerakkan, sementara percakapan terus berlanjut tanpa interupsi. 

Ia telah mengemudi selama beberapa jam, namun tidak lagi harus memikirkan tentang apa yang sedang kaki dan tangannya lakukan. Keterampilan untuk mengendalikan mobil sekarang merupakan bagian dari pikiran tidak sadarnya. Hal ini membebaskan pikiran sadarnya untuk fokus terhadap lalu lintas dan itulah yang diharapkan.

 

 

Nah itulah empat jenis kemampuan yang harus kamu kenali, pahami, dan pikirkan. Kira-kira kemampuan jenis mana yang kamu miliki selama ini?

5. Simpulan

Setiap manusia memiliki bakat dan kemampuan alami yang menjadi ciri khasnya. Temukan bakat anda, jadiliah diri sendiri, dan TAKLUKAN DUNIA MU. Sekian, wassalam!