Selamat bagi kalian yang lulus kuliah atau telah selesai melakukan ceremonial pemindahan tali toga dari kiri ke kanan. Tak elak, kalian yang tengah menyandang gelar di belakang nama dirundung kegelisahan mengenai karir. Saat menyandang status mahasiswa, beberapa diantara kalian belum mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja entah karena asyik mengerjakan tugas kuliah, berorganisasi atau travelling.

Perlu kalian ketahui bahwa dunia kerja menuntut diri untuk berpenampilan dan berperilaku profesional. 5 benda ini akan membantu kalian untuk lebih mulus masuk dalam dunia kerja. Simak, ya! 🙂

 

1. Buat para cewek, jangan lupa siapkan rok hitam, ya. Sudah jadi dresscode wajib, tuh!

Rok Hitam

Rok Hitam via http://inkcloth.com

Penampilan profesional kalian bisa diawali dengan mengenakan rok atau celana berwarna gelap, warna hitam biasanya. Warna yang melambangkan ilmu pengetahuan ini cocok sekali untuk kalian yang tengah masuk ke dunia kerja.

Beberapa perusahaan menuntut kalian untuk berpakaian putih-hitam di hari pertama kerja. So, tidak ada alasan untuk tidak memilikinya. Item fashion yang satu ini sering dibutuhkan, jadi sangat disarankan kalian memililih bahan dengan kualitas terbaik.

Hitung-hitung hemat, nih. Tak usah takut "ketinggalan zaman" karena bawahan bewarna hitam tetap akan menjadi juara di dunia fashion. Warna hitam yang netral, bisa kalian padu-padakan dengan outfit lainnya. Penampilan formal atau informal dapat kalian aplikasikan!

2. Sepatu hitam (entah flatshoes atau high heels) juga benda wajib yang nggak boleh kamu abaikan

Sepatu Kerja

Sepatu Kerja via https://id.aliexpress.com

"Sepatu yang cantik akan membawamu ke tempat yang indah"- Boys Before Flowers (Drama Korea)

Benda yang satu ini menjadi pelengkap penampilan kalian. Tak perlu yang bertahtakan berlian atau yang tinggal di etalase toko super mewah. Sepatu yang nyaman, cukup membantu menambah kepercayaan diri kalian saat melangkah.

3. Persiapkan juga jam tangan, agar kamu tepat waktu dan terkesan profesional

Novo relógio da Samsung

Novo relógio da Samsung via http://i0.statig.com.br

Penampilan rapi kalian, cukup perlu diberikan sentuhan manis dengan memakai jam tangan. Mereka yang memakai jam tangan dinilai sebagai orang yang peduli dengan waktu, jadi benda yang satu ini bisa dijadikan alarm untuk selalu berperilaku profesional dengan memulai menghargai waktu. Ini cocok buat kalian cowok atau cewek, kok!

4. Bagaimana dengan buku agenda? Benda simpel yang banyak sekali kegunaannya

Pentingnya Buku Agenda

Pentingnya Buku Agenda via http://beritaprinting.com

Agenda dan pena menjadi list barang selanjutnya yang harus kalian miliki saat memasuki dunia kerja. Di masa sekarang, gadget dinilai mempermudah setiap pekerjaan dan dapat mengatasi masalah kita. Tapi bagi kalian yang selalu sedia agenda dan pena adalah orang-orang yang tidak ingin melupakan informasi penting, peduli pada ide yang tiba-tiba muncul.

Kalian adalah orang yang sigap dan penuh persiapan. Jadwal bertemu klien dan hasil rapat bisa langsung kalian catat. Pasti nilai plus akan melekat pada diri kalian!

5. Biarpun terlihat sederhana, menyiapkan map arsip juga penting, lho

Map Arsip

Map Arsip via http://i.huffpost.com

Jangan menyepelekan benda yang satu ini. Di hari pertama kalian masuk kerja bisa saja menuntut kalian untuk menyerahkan berkas-berkas pribadi atau kalian diberikan tanggung jawab untuk menerima dan mengantarkan arsip penting. So, agar tetap rapi dan bersih kalian membutuhkan benda berbahan plastik tersebut.

Jadi, itulah 5 hal yang menurutku bisa mempermulusmu masuk dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat :)