1. Sate Puyuh

Jangan berpikir segala makanan yang jenisnya sate itu identik dengan bumbu kacang. Di angkringan, kalian akan menemui salah satu camilan; sate puyuh. Sate puyuh ini terbuat dari telur burung puyuh yang dibacem. Jadinya, warnanya agak cokelat gelap. Mungkin agak aneh bagi sebagian orang kala pertama kali melihat warna telur yang ditusuk-tusuk ini, tapi jangan salah, sensasi kenyal dari putih telur dan perpaduan manis dari bumbu bacem akan memanjakan lidah. Harganya pun murah, satu tusuknya sekitar Rp. 1.500,00-an

2. Tahu & Tempe Bacem

tahu-tempe-bacem via https://www.google.co.id

Camilan selanjutnya yang akan ditemui di angkringan adalah tahu bacem dan tempe bacem. Layaknya pasangan sejati yang tak terpisahkan, dua makanan dari olahan kedelai ini juga tak terpisahkan di angkringan. Rasanya tak jauh beda dari sate puyuh, rasa manis khas masakan Jogja tetap melekat sehingga memikat penikmatnya. Masalah harga, tenang saja. Cuma perlu Rp. 500,00- saja untuk menikmati camilan ini.

3. Sate Usus

Advertisement

Setelah sate puyuh, kali ini ada sate yang teksturnya mirip rambut gimbal. Sate usus. Terbuat dari—umumnya—usus ayam. Sekali lagi, bumbunya juga tetap memakai bumbu bacem seperti camilan-camilan yang disebutkan di atas. Harganya kisaran Rp. 1.000,00- saja.

4. Ceker Ayam

Selanjutnya, masih seputar bagian tubuh ayam. Ceker! Cakar ayam ini biasanya juga diolah menjadi makanan yang punya daya jual tinggi kalau masuk restauran. Namun di angkringan, ceker menjadi camilan murah meriah bagi penikmatnya. Ceker di angkringan biasanya digoreng atau dibakar, tetap dengan bumbu bacem yang khas. Hargannya pun murah, biasanya dengan uang Rp. 1.000,00- kalian bisa dapat tiga buah ceker.

5. Kepala Ayam

kepala dan sate usus via https://www.google.co.id

Nah, ini bagian dari ayam yang juga terdapat di angkringan! Kepalanya! Kepala ayam juga jadi sajian lezat kalau kita ke angkringan. Tak jauh beda dengan ceker, penyajiannya dengan cara digoreng atau dibakar dengan bumbu bacem. Harganya sekitar Rp. 1.500,00-an.

Nah, sudah kangen Jogja belum?? Itulah tadi beberapa camilan di angkringan yang bisa memutar kembali rekam ingatan kalian mengenai Jogjakarta. Murah dan mudah dijumpai di mana-mana.

Jadi, kalian kapan ke Jogja?