1. Kemampuan Pendengaran Yang Menurun

Kemampuan Pendengaran Yang Menurun via https://aspire.is

Kebiasaan mendengarkan musik saat tidur akan secara perlahan mengurangi kemampuan mendengar kamu. Ini karena mendengarkan musik saat tidur akan merusak koklea (rumah siput) yang berguna untuk mengolah informasi suara dan mengirimkannya ke otak.

Musik yang terus di putar bahkan hingga tertidur dapat menyebabkan koklea tidak beristirahat sebagai mana organ lainnya, koklea akan terus bekerja menerima rangsangan suara meskipun tidak di olah ke otak. Hal ini menyebabkan koklea kelelahan hingga bisa menyebabkan kerusakan pada koklea itu sendiri yang dapat menganggu kemampuan mendengar.

2. Tuli Total!

Tuli Total! via http://aarp.org

Kebiasaan mengdengarkan musik hingga tertidur seperti yang tadi di sebutkan akan merusak rumah siput di telinga atau koklea. Rumah siput yang rusak akan menyebabkan rangsangan suara tidak akan di terima dengan baik oleh koklea yang menyebabkan tidak bisa nya koklea mengirim pesan ke otak untuk mengolah suara menjadi informasi.

Advertisement

Meski tidak menyebabkan tuli secara langsung namun kebiasaan mendengarkan musik sampai tertidur juga mempercepat penurunan kemampuan fungsi mendengar.

3. Memicu Gangguan Pendengaran Lain

Memicu Gangguan Pendengaran Lain via http://jellygamatcair.com

Gangguan pendengaran seperti : Infeksi telinga, telinga bernanah, telinga berair, telinga berdengung (tinnitus) bisa jadi masalah selanjutnya yang harus kamu hadapi akibat kebiasaan mendengarkan musik saat tidur. Penggunaan earphone yang terlalu lama dapat meningkatkan bakteri di telinga sehingga meningkatkan kemungkinan infeksi pada telinga.

4. Kerusakan Otak!

Otak manusia via https://expriencelife.com

Mau otakmu rusak? Jelas tidak!.

Namun dari kebiasaan kamu yang mendengarkan musik saat tidur berarti kamu seolah mengiklaskan otakmu rusak akibat kebiasaan mu. Kerusakan otak bisa terjadi akibat kebiasaan mendengarkan musik saat tidur, Dimana dengan mendengarkan musik saat tidur kamu tidak memberikan waktu istirahat untuk otak yang mana otakmenjadi terus bekerja sepanjang malam.

Sehingga jangan aneh ketika kamu bangun dalam keadaan yang tidak fresh. Gelombang elektromagnetik pada earphone pun berpengaruh pada kesehatan otak.

5. Kerusakan Saraf Pendengaran

Untuk mengirimkan informasi suara koklea/rumah siput akan mengirimkannya melalui saraf yang terhubung ke bagian otak yang berfungsi mengolah informasi suara.Akibat dari kebasaan mendengarkan musik saat tidur saraf pendengaran tersebut pun ikut terganggu karena terus digunakan tanpa istirahat yang mana tidur semestinya menjadi waktu istirahat untuk saraf.