Sebentar lagi waktu mudik tiba. Kegiatan yang tanpa disadari telah membudaya di lingkungan masyarakat Indonesia ini, tidak terlepas dari fenomena Lebaran Idul Fitri atau yang biasa kita kenal dengan Hari Raya Besar. Berpergian dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta memang asik. Namun, seringkali perasaan bosan dan mati gaya melanda ketika perjalanan ke tempat tujuan membutuhkan waktu yang sangat lama, misalnyanya saja untuk menuju Jakarta dari Malang membutuhkan waktu sekitar 12 jam perjalanan.

Selain tidur, ada beberapa kegiatan yang sebenernya asik buat kita lakukan selama di dalam kereta.

1. Dengerin Musik

Syubidub Pramtrampamtampam via http://www.123rf.com

Jangan lupa pasang head set atau earphone mu.

Biar gak mati gaya selama kamu melakukan perjalanan dengan kereta, kamu bisa menikmati perjalanan sambil dengerin musik. Karena menurut riset pribadi, musik dapat membantu untuk menstabilkan emosi. Dan untuk saran saja, sebaiknya kamu mendengarkan musik dengan menggunakan head set atau earphone, jadi hati kamu tetep bahagia tanpa mengganggu pendengaran orang lain. Pilihlah lagu-lagu yang kamu sukai. Dengarkan musik sambil melihat ke arah keluar jendela, dijamin kamu akan semakin menghayati setiap perjalananmu.

2. Baca Koran, Komik, Novel, Atau Sekedar Ngisi Teka Teki Silang

Melatih Otak dengan TTS via http://www.provoke-online.com

Advertisement

Buat kalian yang pada doyan baca, tentu novel ataupun komik merupakan salah satu barang yang wajib ada di dalam tas disaat bepergian. Buat yang gak biasa bawa-bawa buku, santai aja, di stasiun-stasiun besar selalu ada kios yang menjual majalah ataupun koran terbaru kok. Kalo beruntung, ada halaman di koran yang menyuguhkan TTS untuk para pembaca. Itung-itung sekalian ngasah otak.

3. Kalau Perginya Rame-Rame Bisa Main ABC-an Atau Tebak-Tebakan Nama Stasiun Yang Telah Atau Akan Dilewati.

Ayo main via http://facebook.com

Menurut pengalaman pribadi sih, traveling yang paling menyenangkan adalah ketika bareng sama temen-temen. Sebenernya kalo perginya rame-rame bakal meminimalisir terjadinya mati gaya. Namun, perjalanan hingga 12 jam itu seringkali membuat kita mendadak kehabisan bahan obrolan dan bikin cengoh juga. Nah untuk menyiasati yang begini, ada asiknya kalian main tebak-tebakan stasiun yang udah terlewati ataupun yang bakal di singgahi oleh kereta yang kalian tumpangi, itung-itung nambah wawasan geografi juga. Mainan tebak-tebakan ABC juga gak kalah seru, asal keep calm ya guys, soalnya yang di dalam kereta itu kan gak cuma kalian aja.

4. Ngajak Ngobrol Orang Asing

Halo kamu yang ada di sana via http://www.inspiremore.com

Tetap hati-hati, jangan mau kalo di tawarin makanan, kalo ditawarin uang boleh pikir-pikir lagi.

Jika beruntung, kamu akan mendapatkan teman duduk yang cukup asik. Entah itu yang seumuran ataupun orang yang lebih tua. Jika kamu tipe orang yang doyan ngobrol, tentu ini menjadi sebuah keberuntungan buat kamu. Kamu bisa bertukar cerita, bahkan pengalaman dengan orang asing tersebut. Bahkan mungkin juga kamu nambah koneksi untuk urusan pekerjaan. Asal tetep hati-hati ya..

5. Jalan-Jalan ke Gerbong Lain, Siapa Tau Ketemu Jodoh

Mlaku-mlaku via http://www.roligion.com

Duduk di atas kursi dengan sandaran tegak selama satu jam aja rasanya udah bikin punggung kram dan pantat tepos, apalagi selama 12 jam perjalanan, tentu itu akan membuat hati makin gelisah. Gak ada salahnya kalian coba jalan-jalan ke gerbong lain untuk berganti suasana. Bisa jadi kalian akan bertemu dengan orang yang kalian kenal sebelumnya. Jika takdir berkehendak, kalian juga bisa nemu jodoh di atas kereta guys.

Itu tadi beberapa tips buat kalian yang akan bepergian dengan menggunakan kereta. Berada di dalam kotak besi selama berjam-jam memang membosankan, tapi akan menjadi berbeda jika kalian menikmatinya dengan cara-cara di atas, atau mungkin kalian punya cara sendiri untuk menikmati perjalanan tersebut.. apapun itu, asal tidak mengganggu penumpang yang lain ya guys, dan jangan lupa untuk tetap hati-hati.