1. 1. Pastikan Keamanan

Keamanan Rumah via http://istockphoto.com

Apakah jendela, pintu, dan garasi sudah tertutup dan terkunci? Apakah tirai sudah tertutup? Apakah kamu meninggalkan kendaraan di tempat yang aman? Penting untuk memperhatikan hal-hal tersebut. Dan pastikan juga tidak ada barang-barang yang terlihat dari luar. Matikan semua barang elektronik yang terhubung dengan arus listrik. Jangan lupa matikan keran air untuk menghemat tagihan airmu.

Amankan barang barang berharga seperti perhiasan, uang dan barang berharga lainnya. Jika memungkinkan anda bisa memasang CCTV dirumah sehingga semua kejadian dirumah selama mudik akan terpantau oleh.

2. Bersihkan Tempat-Tempat Berbau

Usir sumber bau via http://tumblr.com

Bersihkan tempat sumber bau seperti tempat sampah diseluruh penjuru ruangan. Selain sampah, kamu juga harus membersihkan kamar mandi, bak pencuci piring, mencuci semua pakaian kotor, membersihkan lemari es dan lainnya.

Advertisement

Hal ini perlu dilakukan karena tentunya saat pulang tidak ingin mencium bau yang tidak sedap bukan? sehingga kamu perlu untuk membersihkan tempat tempat tersebut.

3. Jaga Kesehatan Selama di Perjalanan

Jaga kesehatan via http://nuguy.biz

Ketika musim mudik panas dan macet menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Terlebih saat masih harus berpuasa, kesabaran harus dilipatgandakan. Jagalah kesehatan selama perjalanan mudik. Cukupkan asupan air dan makanan saat sahurmu. Usahakan untuk mengkonsumsi vitamin, buah-buahan dan madu saat buka dan sahur. Jangan langsung minum air dingin saat buka puasa. Usahakan meminum air putih terlebih dahulu.

Juga jangan terlalu lama menahan buang air kecil karena bisa membahayakan kandung kemih. Tidurlah jika lelah atau bergantian menyetir jika sudah tidak kuat. Memaksakan mata melotot saat mengantuk hanya akan membuat potensi kecelakaan makin besar.

4. Pasang Aplikasi GPS di Smartphone

Jalur utama yang sering macet membuat beberapa orang mencari jalur alternatif. Meski jauh atau sedikit memutar dan cenderung rumit, namun jalur ini digemari karena lebih lengang dibanding jalur utama. Jika Anda ingin mencoba jalur baru atau jalur alternatif, jangan lepas dari peta atau GPS. Peta elektronik yang ada di smartphone Anda juga bisa berguna.

Minimalisasi kemungkinan tersasar, dengan membaca peta dengan baik dan benar. Jika ada jalan baru yang tidak tertera di peta, jangan sungkan untuk bertanya ke warga sekitar.

5. Bawa Barang Favorit

Barang kesayangan via http://www.foodnetwork.com

Tidak bisa dipungkiri, macet akan jadi sahabatmu ketika mudik. Untuk menghindari stress selama perjalanan, ada baiknya Kamu membawa barang favorit. Penuhi music playermu dengan lagu favorit atau bawa CD andalan yang akan menemani perjalanan. Jika suka membaca buku, kamu boleh membawa buku dan bisa dibaca saat sedang tidak menyetir.

Gadget macam iPad, PSP, Nintendo DS, jadi salah satu barang penting yang wajib dibawa karena memiliki banyak aplikasi pengusir kebosanan. Namun jangan lupa untuk membawa charger mobil atau baterai tambahan. Jangan sampai kesenangan Anda terputus tiba-tiba karena kehabisan baterai. Jangan dimainkan sambil menyetir mobil ya.

Bawa serta mainan sederhana seperti rubiks atau kartu remi. Mainan tersebut bisa dimainkan saat sedang macet atau saat sedang bosan namun tidak bisa pergi ke mana-mana.