Kamu merasa newbie dalam suatu pekerjaan? Tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan? Atau kamu merasa sendiri? Merasakan hal seperti ini wajar ga sih, atau diri sendiri yang terlalu lebay yaa... Hmmm intip di bawah aja apa saja sih curhatan para newbie:

 

1. Ciee yang udah kerja, asiik traktiran dong!!!

Buat kamu para pekerja baru, khususnya para freshgraduater dari Universitas ternama apalagi keterima di suatu Perusahaan yang asoy banget, ex: Pertamina, Schlumberger, Astra, Mandiri dll adalah suatu kebanggan tersendiri buat kamu yang ngalamin dan tentunya orang tua kamu sendiri. Gak ayal, kawan-kawan seperjuangan kamu ikut bangga mengabadikan memori kebahagiaan yang terpancar setelah kamu diterima menjadi pegawai di suatu unit perusahaan atau instansi. Ucapan selamat, udah pasti bakalan kamu dapet sampe kamu bakalan bosen sama kalimat ini lagi deh.

 A: Iya kemaren denger si C juga lagi mau pendadaran, kamu gimana kemaren daftar di *****

B: Semoga lancar yaa ben cepet wisuda. Alhamdulillah cuk aku wes keterimo :)

A:  Selamat yaa cuk, ciee jadi pegawai Perusahaan ***** jangan lupa yaa traktirannya cuk 

B: Iya bro kalem wae, doain ada waktu pas ketemu yoo

Nah kamu nih kadang kewalahan jawab pertanyaan diatas kan? Antara seneng, terus bingung deh kapan ketemu temen kamu. Gak apa-apa kok kamu mentraktir temen kamu, jangan dijadiin beban, jadikan ajang syukuran aja bahwa dengan doa Orang Tua dan teman-temanmu kamu mendapatkan pencapaian ini. Selain itu mengadakan pengajian di rumah sendiri dengan mengundang temen-temen kamu, atau makan bersama di panti asuhan bisa menjadi alternatif lain dalam mengadakan traktiran.

2. Pergi Pagi Pulang Pagi

Buat kamu yang katanya newbie di dunia kerja, hal ini bakalan sering kamu lakukan. Kamu bakalan sering nyanyi lagu armada pergi pagi pulang pagi, atau malah ga pulang-pulang? #loh Kadang pasti kamu ngiri sama temen-temen kamu yang masih kuliah, mereka bisa pergi pagi, pulang sore. Tapi kamu harus berangkat dari sebelum matahari terbit sampe setelah matahari terbenam. Terus biasanya anak baru bakalan dikasih banyak kerjaan sebagai bentuk pengenalan terhadap instansi tersebut, ditambah kamu yang masih jiwa muda pastinya semangat buat terus dikasih kerjaan atau lemburan, karena buat kamu itu adalah suatu bentuk pencarian pengalaman yang ga bakal kamu lupain. Interaksi antar sesama pegawai di kantor pun jadi lebih intens, kamu bisa lebih dikenal dan cepat akrab tentunya. 

3. Liburan? Uum gimana ya...

Buat kamu yang dulu bilang "aku mau liburannya nanti aja deh kalo udah kerja" akan menjadi mimpi belaka. Kenapa tidak? Karena disini kualitas pembagian waktu kerja kamu dan istirahat kamu diperlukan. Ketika langkah kaki menginjakkan keseruannya dunia kerja, selah-olah waktu kamu yang paling utama adalah bekerja. Terlepas dari hal tersebut, bekerja harus diniatkan ibadah, kalau engga kamu bakalan merasa selalu bosan dengan semua pekerjaan yang kamu lakuin. Balik ke masalah liburan, selingi waktu kerja kamu dengan liburan untuk menyeimbangkan otak dan hati kamu. Anak baru wajib bin sabar dalam hal berlibur. Kecuali kalo cuma mau hang out yang dipake cuma sehari dua hari. Tapi biasanya kamu bakalan bilang engga deh, mending aku istirahat aja. Karena itu, manfaatkan waktu tanggal merah untuk pesan tiket dari jauh-jauh hari buat liburan, karena biasanya udah ludes. Kalau udah dikasih waktu buat cuti, cari destinasi wisata alam ataupun lokal. Liburan ga perlu mahal koo, ke pantai pun bisa menjadi ajang berlibur yang asik. Asal kamu bisa relax melepaskan penat dalam bekerja di suatu tempat itu juga sudah menjadi kenikmatan luar biasa.

4. Mudik

Naah biasanya sebagai pegawai baru yang belom diberi cuti, bakalan was-was kalau menjelang mudik. Walaupun cuma dikasih waktu seminggu buat mudik (ngikutin cuti pemerintah soalnya) apa aja deh bakal kamu lakuin buat pulang kampung. Buat kamu para pekerja baru bisa nih dari jauh-jauh hari pesan tiket buat mudik. Bisa tiket kereta, pesawat, bus, mobil, motor  ataupun kendaraan lainnya. Tinggal kamu memperhitungkan saja arus mudik yang bakal kamu tempuh dengan semua fasilitas tersebut. Mudik yang sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia, akan menjadikan pengalaman tersendiri buat kamu yang bakal ngalamin asiknya mudik.

5. Love Yourself

love yourself

love yourself via https://www.youtube.com

Dari kesemuanya, tetap kembali lagi kepada "cintai diri sendiri" kayak Justin Bieber gitu. Sebagaimanapun kamu sibuk dalam menjalankan pekerjaan barumu jangan pernah lupakan kesehatan, kebahagiaan dan bersyukur. Ga mesti lo kamu cari kebahagiaan jauh-jauh. Cukup menjalin dan mempererat sebuah tali persahabatan dengan berbagai komponen aspek di tempat kamu bekerja. Selalu jaga senyum, sapa, sopan dan santun kepada siapapun, mau tua ataupun muda, atasan atau bawahan, sejawat maupun lawan. Karena kita adalah makhluk sosial saling membutuhkan satu dengan lainnya. Jangan jadikan jenjang pendidikan kita sebagai kesombongan, berendah hati akan menjadikan diri kita dicintai oleh diri sendiri maupun orang lain. Gunakan kata, maaf, tolong dan terimakasih. Apapun profesimu, cintailah dan bersyukurlah. Waktu kamu merasa tidak puas dengan pekerjaan kamu, haruslah wajib melihat ke bawah, bersyukur kuncinya, karena semua orang ga seberuntung kamu. Kamu tahu kan gimana susahnya dalam mencari sebuah pekerjaan? Makanya hargai waktu dan prosesnya. Sukses di dunia kerjamu, see ya :*