Perkembangan IT saat ini sangatlah pesat untuk 10 tahun terakhir. Ledakan data sudah dapat dilihat di Indonesia sejak awal tahun 2000an dimana jumlah pemakai internet dan segala perangkat IT berbasis online mulai bermunculan. Pengguna sosial media semakin banyak dan aktif dengan ditandai banyaknya sosial media dengan berbagai platform seperti telepon genggam dan PC

Fenomena ini memunculkan animo pelajar lulusan Sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan tingginya di jurusan IT. Hal ini juga tidak bisa dilepas dengan tingginya gaji yang diberikan oleh perusahaan bagi para pekerja yang memiliki skil dibidang komputer. Baik dari segi pemograman atau di bidang desain perangkat lunak dan grafis.

Gaji rata-rata yang diberikan oleh perusahaan berbasis IT untuk seorang fresh graduate bisa mencapai 5 juta perbulan, bahkan untuk level senior bisa mencecah sampai puluhan juta untuk tiap bulannya. Melihat masa depan yang cerah jika berkarir dibidang IT, peminat jurusan ini bertambah tiap tahun, tapi bagi kawan-kawan yang menginginkan masuk kuliah di jurusan ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum betul-betul memilih jurusan ini baik di dalam dan luar negeri.

1. Sukailah pelajaran matematika

Cintai Matematika via https://clipartpanda.com

Buang-buang jauh rasa ketidaksukaan anda dengan matematika. Karena logika matematika sangat digunakan dalam jurusan ini. Bahkan di universitas luar negeri matematika akan diajarkan dua semester semester awal adalah matematika diskrit dan semester berikutnya adalah pelajaran matematika kalkulus. Dalam membangun suatu program akan ada beberapa yang memerlukan pelajaran matematika.

Semua bahasa program komputer seperti C++, java, dan HTML untuk pembuatan website tidak akan lepas dari rumusan matematika. Perlu diketahui biasanya mahasiswa baru akan diberikan tugas untuk membuat program kalkulator menggunakan bahasa pemograman untuk disemester awal.

Matematika adalah nyawa dari semua pembelajaran IT, karena disitulah kalian diasah kemampuan logikanya dalam menyelesaikan masalah. Pemikiran yang sudah terbiasa dengan masalah yang rumit sangat mudah dalam mengikuti pembelajaran di jurusan IT. Karena matematika seluruh soalnya diambil dari permasalahan yang terjadi dalam setiap kehidupan manusia.

2. Perbaiki niat kalian

Advertisement

Road Intention via https://pixabay.com

Niat biasanya menjadi awal dari segala keputusan yang kita ambil dalam hidup ini. Niat mendapatkan hidup layak, karir cemerlang dan gaji yang besar bukanlah niat seseorang yang mau mengambil jurusan IT. Niat yang tidak tulus untuk belajar akan membuat mahasiswa baru untuk tidak bisa mengikuti setiap pelajaran.

Banyak yang kita dengar anak-anak muda yang menginginkan jurusan IT karena untuk menjadi hacker. Alasan untuk menjadi hacker tidaklah salah karena itu adalah impian, tetapi jika niat anda seperti itu anda bisa belajar itu secara otodidak. Padahal banyak pekerjaan yang di tawarkan dibidang IT, kalian bisa menekuni bidang-bidang di IT sesuai dengan pasion yang kalian miliki. Kalian jangan selalu berharap niat menjadi mahasiswa IT sebagai gaya-gayaan saja, karena yang perlu kalian ketahui bahwa banyak praktisi IT yang bekerja dibalik layar.

Hacker pun bekerja dibalik layar namun jadilah seorang hacker yang membantu masyarakat. Jangan jadikan niat menjadi hacker untuk mendapatkan keuntungan. Niat mendapatkan uang dan gaji tinggi akan berbanding lurus dengan skil serta kemampuan kalian dalam menyelesaikan masalah. Penggiat IT sejati adalah orang yang selalu bisa berbagi tanpa mengharapkan imbalan.

3. Tentukan cita-cita kalian

Dream Big via https://pixabay.com

Luasnya cakupan pelajaran IT terkadang mengakibatkan beberapa mahasiswa untuk goyah dalam memilih mereka sebenarnya ingin menjadi apa. Sebaiknya sebelum masuk jurusan IT kalian seharusnya sudah mengetahui ingin menjadi apa. Kalian bisa memilih menjadi seorang Web Programer, Software Developper, atau seorang Data Analyst. Contoh tersebut baru sebagian kecil dari apa yang sebenarnya anda bisa ketahui.

Banyak mahasiswa yang memilih untuk fokus ke perangkat keras, namun tidak sedikit yang mengambil di perangkat lunaknya. Bisa saja kalian juga memilih untuk fokus ke program IT mobile seperti android dan pembuatan game dengan fokus kepada desain.

Cita-cita bisa menjadi tujuan kalian dalam pendidikan. memantapkan cita-cita sejak awal akan sangat membantu kalian nanti. Walaupun cita-cita akan sering goyah sejalan dengan pengetahuan kalian yang telah luas dibidang IT ketika menjalani kuliah nanti. Namun jangan takut karena segala sesuatu dengan fondasi yang kuat bisa bertahan dari terpaan gempa sekalipun.

4. Lihat kesanggupan dana

Dana Kuliah via https://www.flickr.com

Tidak bisa dipungkiri biaya kuliah di jurusan IT terbilang besar, walaupun itu tidak menjadi halangan untuk masuk ke jurusan ini. Perlu diketahui bahwa biaya kuliah di jurusan IT ini berbanding lurus dengan kualitas dan kuantitas dari jurusan IT itu sendiri. Karena jurusan IT memiliki infrastruktur yang banyak.

Dimulai dari teknologi yang digunakan masa belajar seperti software untuk membantu pengetahuan mahasiswa yang harus selalu update bahkan hampri tiap bulan atau hardware yang digunakan. Karena perangkat yang sudah tua akan melambatkan sistem belajar kita. Kalian tentu tidak akan mau belajar dengan kondisi computer yang masih lama atau Operation system yang jadul karena perkembangan IT yang sangatlah pesat.

Jika dana yang kalian miliki kurang. Kalian bisa memikirkan untuk mencari beasiswa. Beasiswa dijurusan IT sangat banyak di dunia ini, karena kebutuhan IT modern tidak akan habis. Perkembangan IT sangatlah pesat bahkan setiap detik banyak perkembangan baru yang didapat dari kemajuan teknologi.

5. Pilih kampus yang terbaik

Kehidupan Kampus via https://www.flickr.com

Saat ini banyak kampus yang menawarkan prodi untuk jurusan IT baik didalam atau diluar negeri. Memilih kampus yang tepat memerlukan waktu yang tidak cepat dan pencarian yang tidaklah gampang. Kalian harus bisa memilih kampus yang memiliki jurusan IT dengan dasar dan fondasi yang kuat.

Bukan bermaksud untuk merendahkan kampus-kampus non IT tapi kalian harus memikirkan koneksi yang kalian bisa dapatkan ketika lulus nanti. Perusahaan-perusahaan IT akan mempertimbangkan anda terlebih dahulu jika kampus anda memiliki prestasi di bidang IT baik nasional maupun internasional.

Kampus terbaik akan memiliki jaringan dan sumber informasi tambahan untuk membantu perkuliahan kalian. Data-data yang update akan membantu dalam perkembangan kalian. Jika kalian selalu dibantu dengan data yang update kalian akan lulus dengan perasaan tidak ketinggalan zaman dengan berbagai perubahan yang akan kalian hadapi di dunia kerja nanti.

Universitas yang fokus dibidang teknik bisa menjadi pilihan kalian untuk masuk kedalamnya. Walaupun hal ini bukanlah sesuatu yang wajib karena penilaiannya akan pulang kepada diri kalian sendiri.

Setelah mengetahui hal-hal tersebut diharapkan kalian bisa memiliki pengetahuan IT yang mumpuni. Kalian juga bisa menjadi calon-calon mahasiswa yang lulus dengan predikat baik, walaupun dalam IT yang diutamakan adalah skil bukan nilai diatas selembar ijazah.