Bali memang nggak ada habisnya untuk dinikmati. Keindahan pantainya yang mempesona, wisata kuliner hingga budayanya yang masih terjaga kuat memang membius siapa pun utnuk mengunjungi Pulau Seribu Pura ini. Tapi tahukah kalian, Bali yang memang identik dengan wisata pantainya memiliki tempat-tempat tersembunyi yang sangat sayang bila dilewatkan? Penasaran hidden place apa saja yang bisa kalian temukan di Bali? Langsung masukan 5 tempat ini ke dalam bucketlist holiday kamu gih! 

 

1. Hidden Canyon Guwang ini siap bikin kamu Terpesona!

Santai sejenak menikmati Hidden Canyon Guwang

Santai sejenak menikmati Hidden Canyon Guwang via https://www.instagram.com

Bali punya pemandangan tebing yang indah loh! Jika kalian berencana membeli oleh-oleh ke pasar seni sukawati, sempatkanlah mengunjungi tempat yang sedang hits di media sosial instagram ini. Biaya masuknya? Seikhlasnya lho! Jalan menuju ke lokasi pun tidak terlalu sulit. Hanya menyusuri sungai dan sedikit merayap di dinding tebing. Namun tidak disarankan ke hidden canyon ini saat musim hujan, karena permukaan tebing akan menjadi sangat licin dan aliran sungai akan sangat deras.

2. Berbeda dengan Hidden Canyon Guwang, Green Canyon ini punya tebing yang ditumbuhi lumut dan tumbuhan kecil, Indah!

Bila sudah puas mengunjungi Hidden Canyon di Guwang, kamu bisa mengunjungi Green Canyon yang letaknya masih satu lokasi dengan Air Terjun Tangkup. Green Canyon ini letaknya di desa Tembuku Kelod, Kabupaten Bangli. Bangli merupakan satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak memiliki pantai karena letaknya di tengah Pulau Bali.  Eits, jangan meremehkan Bangli dulu. Walaupun tidak memiliki pantai, Bangli memiliki berbagai wisata alam yang dijamin akan menuhin memory handphonemu dengan foto-foto selfiemu! Hanya membayar 5000 rupiah perorang, kamu bisa mendapatkan 2 view sekaligus! Segarnya air terjun Tangkup ditambah dengan indahnya Green Canyon ini benar-benar bikin kamu lupa akan beban di pikiranmu! Tapi siapkan fisik ya, karena medan menuju lokasi ini masih berupa tangga kayu ala kadarnya dan medan yang rawan longsor sehingga membutuhkan kehati-hatianmu.

3. Siapkan kakimu untuk menghadapi medan yang lumayan terjal! Rasa lelahmu akan terbayar lunas oleh warna-warni Rainbow Canyon yang mengagumkan!

Warna Warni Rainbow Canyon!

Warna Warni Rainbow Canyon! via https://www.instagram.com

Masih belum puas dengan Hidden Canyon Guwang dan Green Canyon? Siapkan dirimu untuk melihat indahnya Rainbow Canyon yang letaknya tidak terlalu jauh dari Green Canyon. Untuk menuju lokasi ini cukup sulit. Tidak ada papan penunjuk jalan dan trekking yg harus kamu lakukan pun lumayan jauh dan sedikit berbahaya lho. Tapi jika kamu benar-benar penasaran, hipwee sarankan kamu untuk bertanya pada anak-anak sekitar mengenai keberadaan hidden canyon ini. Ohiya lokasi tebing ini masih satu jalur untuk menuju Air Terjun Tukad Cepung. Letaknya di desa Tembuku Kaja, Banjar Penida. Karena letaknya yang masih tersembunyi dan trek yang cukup sulit, tidak ada orang yang menjaga lokasi ini, alias gratis!

4. Tinggal berjalan 5 menit dari Rainbow Canyon, kamu akan menemukan Air Terjun yang diapit oleh tebing!

flirting with Tukad Cepung Waterfall.

flirting with Tukad Cepung Waterfall. via https://www.instagram.com

Puas berfoto di rainbow canyon ? 5 menit lagi kamu akan menemukan spot yang siap bikin kamu matamu takjub! Cukup mngikuti arah suara air terjun, membungkuk melewati bebatuan dan... ini dia hidden waterfall yang indahnya tidak diragukan lagi! Air Terjun Tukad Cepung namanya. Tidak seperti kebanyakan air terjun, air terjun ini di kelilingi oleh tebing yang bentuknya melingkar. Tapi kamu harus berhati-hati ya, sungai yang berada di atas air terjun ini bisa tiba-tiba meluap loh. Jika begini, kamu tidak bisa menuju spot ini karena sangat berbahaya. Sebaiknya bertanya terlebih dahulu apakah aliran sungai air terjun ini sedang meluap atau tidak.

5. Bermesraan bersama pasangan sambil menikmati sunrise di Bukit Cinta akan menjadi moment yang tak terlupakan dalam hidupmu.

menyusuri alang-alang di BuCin.

menyusuri alang-alang di BuCin. via https://www.instagram.com

Puas mengekspor kerennya alam kabupaten Bangli ? Lanjutkan langkahmu mengejar mentari pagi di bagian timurnya Pulau Dewata! Ada salah satu spot menarik yang hipwee sarankan kamu untuk mengunjunginya apalagi dengan pasanganmu! Terletak di Desa Juwuk Manis, Kabupaten Karangasem, Bukit Cinta menjadi primadona bagi siapa pun yang hendak melihat indahnya mentari pagi sembari menikmati sawah-sawah tradisional dengan latar belakang titik tertinggi di Pulau Bali yaitu Gunung Agung. Dan jika kamu beruntung, sawah-sawah di bawah bukit akan diselimuti kabut yang menambah eloknya pemandangan di sini. Berdua bersama pasangan menikmati sunrise di Bukit Cinta ? Dijamin bakalan langgeng sampai tua!

 

Nah inilah 5 tempat tersembunyi yang wajib banget kamu datengin kalo lagi ke Bali! Jangan lupa jadi traveler yang bertanggung jawab ya. Bawa pulang kembali sampahmu dan jangan ambil apapun selain foto. Sudah siap untuk melangkahkan kakimu ke tempat-tempat ini? Mereka menunggumu untuk dijelajahi!