Kamu punya rencana ingin liburan ke Sumatera Barat seperti ke Kota Padang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Payakumbuh, Solok, Pariaman ataupun Maninjau?

Nah, 5 Kuliner ini wajib kamu cicipi

 

 

1. Rendang Lokan Pasaman Barat

Rendang Lokan

Rendang Lokan via https://www.google.co.id

Nah, Bagi kamu yang selama ini hanya tau Rendang itu hanya terbuat dari Daging Sapi atau daging Ayam. Ini saatnya kamu harus mencicipi Rendang Lokan Pasaman Barat. Pasaman Barat Sendiri bisa di tempuh dengan jarak 4 jam perjalanan darat dari Bandara Internasional Minangkabau. Pasaman Barat memiliki banyak pantai yang indah salah satunya pantai sasak dengan nuansanya yang masih asri.

Masyarakat Pantai Sasak ini memiliki masakan khas yakni rendang lokan yang pastinya bikin kamu ketagihan. Rendang Lokan adalah rendang yang terbuat dari hasil laut sejenis karang. Cara memasaknya pun tidaklah mudah.Karena butuh ketelitian khusus agar tidak menyebabkan sakit perut saat di konsumsi. Rasanya sedikit lebih legit dibandingkan Rendang Daging Sapi.

 

2. Pensi Maninjau

Pensi Maninjau

Pensi Maninjau via https://www.google.co.id

Dari Pasaman Barat kamu bisa beranjak mengunjungi Maninjau yang berjarak 2 jam perjalanan.

Maninjau selama ini terkenal karena danaunya yang menawan, sehingga banyak dijadikan objek wisata. Ternyata ada satu masakan khas daerah Maninjau yakni Pensi yang diambil dari hasil danau.

Pensi hampir mirip dengan lokan hanya saja ukurannya lebih kecil. Cara pengolahannya menggunakan tumisan daun bawang dan minyak sayur, Pensi sudah menjadi Ikon daerah ini untuk dijadikan oleh-oleh. Hanya saja pensi tidak bisa tahan lama. Jika ingin makanan lain, Kamu bisa mencoba Rinuak atau palai badai

3. Nasi Kapau Los Lambuang. Bukittinggi

Tambuah Ciek, Da

Tambuah Ciek, Da via https://www.google.co.id

Untuk menuju Kota Bukittinggi. Kamu harus melewati kelok 44 dulu dari Maninjau. Jaraknya kurang lebih 2 jam perjalanan juga.

Kuliner yang wajib kamu coba adalah Nasi Kapau.Los Lambuang yang terletak tidak jauh dari pusat kota Jam Gadang.

Nasi Kapau ini memiliki ciri khas potongan lauknya yang lebih besar. Soal rasa? Jangan ditanya enaknnya. Mantan Presiden saja ketagihan memakannya

4. Nasi Goreng Padang

Nasi Goreng Padang

Nasi Goreng Padang via https://www.google.co.id

Ada hal yang unik dari nasi goreng padang yakni irisan daging yang dicampur dalam nasi goreng. Selain itu juga menggunakan kerupuk merah. Bisa di pastikan kerupuk merah ini hanya di pakai oleh orang-orang yang menjual masakan minang.

Untuk nasi goreng padang bisa kamu temui di beberapa tempat yang di sebut Bofet. Untuk harga masih sesuai lah dengan kantong.

5. Sate Pariaman

Makanan terakir yang wajib kamu coba adalah sate pariaman. Apa bedanya sate pariaman dibanding sate yang lainnya? Perbedaan yang mencolok terletak pada warna kuah sate yang sedikit bewarna merah.

Jika kamu membeli sate pariaman jangan sesekali memanggil abang apalagi mas kepada pemiliknya tetapi Ajo/Uda yang bearti abang. Kalau kamu memanggil abang atau mas yang ada pemiliknya akan ketawa lepas kepadamu.

Ada baiknya juga sebelum kamu mengunjungi sebuah daerah dicari tau terlebih dahulu apa hal yang boleh dilakukan dan yang pantang bagi daerah tersebut. Sebagai contoh, mungkin di kota besar seperti Jakarta, suatu hal yang wajar jika kita ingin naik angkutan umum dan menstop menggunakan tangan kiri. Di Sumatera barat hal ini menunjukkan ketidak sopanan. Jika ada supir yang jahil ia akan memakimu