Lombok merupakan pulau yang kaya akan sumber daya alamnya. Kita semua bahkan sudah mengetahui potensi yang ada dari pulau mungil nan indah ini. Khususnya pada bidang pariwisata, pulau ini sudah terkenal akan keindahannya hingga ke pelosok dunia. Apalagi bagi mereka yang sangat doyan berburu tempat-tempat wisata indah, pasti sudah tidak asing lagi dengan pulau Lombok ini.

Namun, kurang lengkap rasanya berlibur ke sana jika belum mencicipi kuliner khas Lombok. Ini nih 5 idenya yang bisa kamu coba atau masukkan ke daftar rencana!

1. Plecing kangkung, pedasnya bikin nagih dan keringetan!

Makanan ini terdiri dari kangkung rebus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Yang membuat enak adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan yang biasa tumbuh di pulau Jawa.

Oh iya, di dalam plecing kangkung biasanya ditambahkan tauge dan kacang goreng untuk menetralisir rasa pedas. Plecing kangkung bisa kamu temui di hampir semua rumah makan di Lombok.

Lidahmu siap digoyang?

2. Ayam Taliwang, kelezatan yang dibalut dengan rasa pedas nan menggoda

Ayam Taliwang via http://tokomesin.com

Advertisement

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam Taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan: digoreng, dipanggang atau dibakar. Akan semakin enak jika menggunakan ayam kampung dengan umur ayam yang masih muda. Kelezatan ayam ini juga terletak dibumbunya yang super pedas. Mantap!

3. Sate Bulayak, Sate yang bisa bikin jiwamu “melayang”

Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak.

Cara makannya pun unik, lho! Dengan mencocol Bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan. Ya, pedagang sate memang tidak menyediakan garpu dan sendok sebagai teman makan kita. Akan tetapi, hal itulah yang menjadi pelengkap lezatnya Sate Bulayak. Penjual sate ini banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi.

4. Ares, sayur yang nggak cuma menyegarkan, tapi juga meningkatkan selera makan!

Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik, yakni manis dan gurih. Awalnya merupakan makanan tradisional Suku Sasak dan disajikan pada acara pernikahan hingga kemudian populer menjadi makanan khas Lombok. Ares lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat dengan sepiring nasi putih. Mau coba?

5. Legitnya Iwel, Jaje Tujak dan manisnya Poteng bikin liburanmu makin berkesan!

Poteng jaje tujak dan iwel adalah makanan khas Lombok saat lebaran. Hidangan ini terdiri dari 2 makanan yakni poteng atau tapai dan jaje tujak atau tetel. Selain poteng jaje tujak, ada iwel yang merupakan jajanan khas masyarakat setempat. Iwel adalah kue berbahan baku ketan hitam yang biasanya disajikan saat upacara tradisi masyarakat setempat.

Berbeda dengan makanan khas Lombok yang pedas, Iwel justru manis dan legit. Makanan ini juga sangat cocok bila ditemani dengan secangkir kopi dan teh hangat. Pastinya bikin lidah ketagihan! Kini, poteng jaje tujak dan iwel bisa kita temui sehari-hari tanpa harus bertepatan dengan Lebaran maupun upacara tradisional.

Lumayan 'kan kamu jadi dapat referensi? Catat atau simpan artikel ini dulu, ya!

Buruan, gih! Rasakan sendiri sensasi masakan khas Pulau Lombok di atas 🙂