Ungkapan yang mengatakan ‘Men from Mars, Women from Venus‘ terbukti benar. Pada hakikatnya pria dan wanita ditakdirkan mempunyai sikap, pemikiran dan sifat yang saling bertolak belakang, seperti 2 orang yang berasal dari dua planet berbeda.

Oleh karena itu, salah paham dapat terjadi antara pria dan wanita ketika mereka berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Mungkin apa yang dipahami pria, bisa jauh berbeda dengan maksud dan tujuan yang wanita ingin sampaikan.

Menurut Psikolog Dr. Amy Johnson berpendapat bahwa ada beberapa perbedaan paling mendasar antara pria dan wanita yang sering menimbulkan kesalahpahaman. Dengan menyadari perbedaan tersebut, dapat membuat kamu akan lebih memahami karakter seseorang dan berujung pada komunikasi yang lebih efektif.

Berikut ini adalah beberapa hal mendasar pria dan wanita yang menyebabkan salah paham.

 

1. Pria To The Point Sementara Wanita Memberikan Sinyal

Para pria umumnya apabila menginginkan sesuatu kemudian ia mengutarakan secara langsung. Sedangkan wanita lebih suka dengan memberi sinyal atau memberikan isyarat. Biasanya di dalam sebuah hubungan wanita menginginkan pasangan yang bisa membaca pikiranya dan tahu apa yang ia maksud, tanpa harus mengutarakan secara langsung.

Hal ini dapat dihindari supaya tidak terjadi salah paham yang berulang, maka jika kamu ingin sesuatu jangan ragu lagi untuk bilang secara langsung (to the point). Jika kamu sedang kesal atau marah dan kamu tidak mau mengutarakanya secara langsung itu hanya akan memperkeruh suasana dan membuat hubungan menjadi lebih buruk. Pria akan pusing jika harus menebak-nebak apa yang diinginkan wanita.

2. Wanita Selalu Memperhatikan Detail Sedangkan Pria Tidak

Memperhatikan secara detail

Memperhatikan secara detail via http://psikologipedia.com

Wanita sangat memperhatikan hal-hal kecil seperti kebersihan, kerapihan dan segala sesuatu yang harus terlihat dengan sempurna. Sedangkan pria lebih cenderung memilih memikirkan hal-hal yang sifatnya urgent dan besar.

Kaum hawa harus memahami bahwasanya pria umumnya tidak bisa mengingat secara detail dan spesifik pada hal yang kecil. Hal ini disebabkan karena cara mereka menyerap informasi antara pria dan wanita berbeda.

3. Wanita Dapat Fokus di Berbagai Hal Sebaliknya Pria Fokus Pada Satu Hal

Wanita fokus diberbagai hal

Wanita fokus diberbagai hal via http://kellijanephoto.com

Cara pandang yang dilakukan oleh pria dan wanita berbeda. Pria hanya bisa memikirkan satu hal yang dimana hal tersebut tidak dapat ditambah dengan pekerjaan lain apapun.

Sementara Wanita bisa melakukan berbagai hal dan lebih kerenya lagi semua bisa dilakukan secara bersamaan tentunya dengan manajemen yang baik. Contohnya jika kamu seorang wanita yang sudah berumah tangga maka tugasmu sangatlah banyak, seperti mengurus anak, mencuci pakaian, membersihkan rumah, memasak dan masih banyak hal yang lainya.

4. Pria Lebih Banyak Diam dan Sementara Wanita Itu Cerewet

Menyendiri

Menyendiri via http://dikatama.com

Ketika marah atau sedang masa menstruasi, wanita lebih sering meluapkan semua kekesalannya. Baik itu masalah keluarga, pekerjaan dan jadwal harian yang padat. Wanita juga biasanya lebih mudah terpancing emosi dan juga bisa cepat meredakan amarahnya saat pasanganya hanya dengan menggunakan sedikit trik gombalnya.

Sementara Pria jika ia sedang ada masalah lebih suka untuk menyendiri atau melakukan hal lain yang bisa menghilangkan kejenuhan.

5. Pria Bisa Emosional Sedangkan Wanita Bepikir Sebaliknya

Wanita berpikir semua pria tidak punya sisi emosional. Kenyataannya, kebanyakan pria justru sangat sensitif dan punya perasaan mendalam. Namun mereka tidak selalu menunjukkannya. Wanita sebaiknya tidak berasumsi bahwa pasangannya tidak merasakan hal-hal emosional seperti sakit hati atau penolakan. Pria merasakannya lebih dari yang Anda tahu, tapi bukan berarti Anda bisa tahu perasaan yang sebenarnya. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah bertanya langsung.

Demikianlah 5 cara yang bisa memperkecil kesalapahaman antara pria dan wanita. Bukan hal yang mudah untuk memahami perasaan diantara keduanya, karena pria dan wanita ditakdirkan memiliki perasaan yang perbedaan dalam menyikapi sebuah hal.

Tapi jangan takut semua itu dapat diatasi jika keduanya salang berkomunikasi dengan baik dan saling memahami perasaan satu sama lain. Semoga informasi diatas memberikan inspirasi buat kamu. :)