Salah satu proses alamiah sebagai tanda pertambahan usia adalah munculnya kerutan halus di area mata. Menurut dr. Ghanis Yufrizal selaku aesthetic consultant NUJANIV DE BEAUTE, munculnya kerutan halus sebenarnya adalah proses alamiah. Namun apabila anda mengalaminya di usia 20-an, itu pertanda anda mengalami proses penuaan dini.

Penuaan dini bisa saja terjadi karena disebabkan beberapa hal, antara lain :Salah satu proses alamiah sebagai tanda pertambahan usia adalah munculnya kerutan halus di area mata. Menurut dr. Ghanis Yufrizal selaku aesthetic consultant NUJANIV DE BEAUTE, munculnya kerutan halus sebenarnya adalah proses alamiah. Namun apabila anda mengalaminya di usia 20-an, itu pertanda anda mengalami proses penuaan dini.Penuaan dini bisa saja terjadi karena disebabkan beberapa hal, antara lain ada di bawah ini. Kenali penyebab dan kiat mengatasinya..!!

 

1. Faktor Genetika

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab penuaan dini

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab penuaan dini via http://lifestyle.bisnis.com

Ini merupakan faktor utama. Mungkin orang tua atau nenek ada yang mengalami proses penuaan dini. Untuk penyebab yang satu ini agak sulit dihindari, namun bukan berarti tidak dapat diatasi.

Jika anda mudah stress atau salah dalam memilih produk kosmetik serta terkena paparan sinar matahari secara terus menerus akan memperparah kondisi kulit anda.

2. Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang fit biasanya memiliki kulit yang sehat dan segar

Tubuh yang fit biasanya memiliki kulit yang sehat dan segar via http://www.kesekolah.com

Selain faktor keturunan, penuaan dini juga dipengaruhi daya tahan tubuh yang kurang baik karena mudah terinfeksi virus/bakteri sehingga mempengaruhi kondisi kulit. Jika daya tahan tubuh lemah, kulit akan cenderung kusam dan kendur sehingga mudah timbul kerutan.

3. Stress Mempengaruhi Kondisi Kulit Anda

Kondisi emosional sangat mempengaruhi pada kondisi fisik seseorang

Kondisi emosional sangat mempengaruhi pada kondisi fisik seseorang via http://plus.google.com

Kondisi kejiwaan seseorang juga sangat mempengaruhi kondisi kulitnya. Wanita yang mudah stress biasanya memiliki kulit kendur dan kusam. Sebaliknya wanita yang easy going dalam menghadapi masalah cenderung tampak lebih muda dari usianya.

4. Berbagai Faktor Eksternal

Cara melindungi kulit dari radikal bebas

Cara melindungi kulit dari radikal bebas via http://koaladigital.com

Faktor eksternal pertama yaitu paparan sinar matahari. Jika terpapar secara langsung dalam waktu yang cukup lama akan mengalami keriput karena di dalam sinar matahari terdapat Ultra Violet yang dapat merusak kesehatan kulit.

Kedua, radikal bebas. Seperti polusi udara, kebiasaan merokok atau kulit yang sering terpapar asap rokok dan zat pewarna pada kosmetik menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

Ketiga, kelembapan udara yang minim. Daerah dengan kelembapan udara yang rendah akan membuat kulit lebih kering dan mudah keriput .

5. Perawatan Kulit Alami

Merawat wajah menggunakan bahan alami

Merawat wajah menggunakan bahan alami via http://caraperawatanwajah.org

Untuk mengatasi kerutan pada usia dini ada 2 cara. Yang pertama dengan cara alami. Yaitu dengan melakukan perawatan kulit secara tepat. Pilihlah kosmetik sesuai dengan jenis kulit serta bersihkan kulit sebelum dan sesudah bangun tidur. Gunakan pelembab dan konsumsi vitamin C dan E untuk menjaga keremajaan kulit. Anda bisa membuat sendiri produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Lakukan senam wajah secara rutin, yaitu menggerakkan wajah secara beraturan dan dilakukan setiap hari. Meskipun sepele, namun ini akan membantu pengencangan otot-otot wajah sehingga lebih relaks dan segar.

6. Perawatan Kulit Secara Medis

Perawatan Kulit dan Kecantikan dengan menggunakan Metode dan Teknologi Estetika Medis

Perawatan Kulit dan Kecantikan dengan menggunakan Metode dan Teknologi Estetika Medis via http://tampilcantikmempesona.com

Ini merupakan cara yang kedua. Untuk mengatasi kerutan dapat diatasi dengan 2 cara.

Pertama, Botox. Yaitu proses pelumpuhan sebagian otot wajah sehingga bagian otot yang dilumpuhkan tersebut akan terlihat lebih kencang. Kedua, filler. Yaitu dengan cara injeksi zat tertentu yang telah terjamin keamanannya pada bagian lapisan kulit yang berkerut sehingga bagian yang kosong terisi kembali dan kulit terlihat lebih kencang. Hanya saja kedua treatment ini harus diulang saat efeknya telah hilang.

 

Bila sudah mengetahui penyebab penuaan dini, anda dapat mengatasi dengan dua cara yang sudah disebutkan di atas baik secara alami maupun dengan perawatan medis. Dengan cara alami memang butuh ketelatenan serta kesabaran ekstra, namun hasil yang anda dapatkan sudah pasti maksimal dan aman karena tidak menggunakan zat kimia berbahaya. Untuk perawatan wajah, gunakan masker wajah alami yang mengandung ekstrak bahan alami yang ramah pada kulit yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, meremajakan dan melembapkan sekaligus dapat mencerahkan kulit Anda.