Menjadi seorang tour guide pasti mendapatkan hal suka maupun duka. Jalan-jalan mengunjungi tempat wisata bersama para turis yang kebanyakan berasal dari mancanegara kemudian menjelaskan tempat-tempat tersebut kepada turis-turis mulai dari segi sejarah, bangunan, budaya, masyarakat sekitar, bahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan turis yang lucu bahkan menjengkelkan. Tetapi jika dilihat dari segi positifnya, menjadi seorang tour guide mempunyai pengalaman dan manfaat yang sangat banyak dan berguna buat kamu bahkan manfaat yang tidak kamu sadari.. 

Berikut ini hipwee akan memberitahu beberapa manfaat yang bakal kamu dapatkan ketika menjadi seorang tour guide.

1. Mengasah kemampuan speaking dan listening kamu

DSC_0673.JPG via http://4.bp.blogspot.com

Ketika kamu menjadi seorang tour guide, kamu dituntut untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Seringnya kamu mendengar dan mengatakan sesuatu dalam bahasa Inggris, jadi secara tidak langsung speaking dan listening kamu diasah sehingga membuat kemampuanmu dalam berbahasa Inggris semakin hari semakin lebih baik lagi

2. Bisa jalan-jalan gratis

Saya ketika menjadi Tour Guide di Bromo via https://www.facebook.com

Satu hal ini pasti dirasakan oleh semua tour guide. Kemana-mana ia tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk jalan. Mereka hanya berbekal pengetahuan tempat-tempat wisata yang akan dituju dan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Mereka merasakan tour guide bukan sebagai suatu pekerjaan tetapi jalan-jalan gratis bersama bule-bule ganteng dan cantik hehehe.

3. Bisa cuci mata ketemu bule-bule ganteng dan cantik dan mungkin salah satu dari mereka adalah jodohmu

Advertisement

romantisnya kata jen bayu adalah big heart via http://images1.prokal.co

Menjadi seorang tour guide adalah hal yang menyenangkan apalagi jika kamu menjadi tour guide turis-turis yang ganteng dan cantik. Lumayan sebagai cuci mata ketika kita lelah wkwkwk. Sebagai seorang tour guide, kamu mendapat kesempatan untuk berkenalan, berbagi kontak seperti akun sosial. Bahkan tidak jarang beberapa tour guide telah menjadi pasangan turis dan mereka diajak tinggal di negara asal si turis tersebut.

4. Kamu menjadi mandiri karena kamu adalah seorang pemandu

Perbedaan tour leader dan tour guide via https://studipariwisata.com

Menjadi seorang tour guide menjadikan kita untuk menjadi lebih mandiri karena menjadi seorang pemandu sama seperti halnya memimpin. Seperti ketika ada masalah, entah masalah administrasi, turis yang mengeluh tentang sesuatu hal kamu ditutuntut untuk bisa mencari jalan keluar.

5. Pikiranmu menjadi lebih kritis ketika turis menanyakan sesuatu hal

Banyak hal yang bakal kamu dapatkan ketika menjadi seorang tour guide, salah satunya adalah membuat pikiranmu menjadi lebih kritis atau cepat tanggap. Ketika dalam perjalanan ataupun di tempat wisata, turis sering menanyakan hal-hal yang tidak kita duga, misalnya kenapa orang-orang Indonesia suka memakai jaket-jaket yang tebal ketika siang hari dan mungkin kita bisa menjawab dengan mudah dan cepat “because it’s our culture” wkwkwk.

6. Kamu mendapat tips yang lumayan

Cara mendapatkan uang via http://4.bp.blogspot.com

Hal ini bakal kamu dapatkan ketika menjadi seorang tour guide. Tapi tips yang dapatkan tergantung turisnya tajir dan kamu bisa mengambil hati mereka. Tips besar yang didapatkan kebanyakan ketika menjadi tour guide para keluarga.