Bagi yang sering melakukan kegiatan Traveling, survey, ataupun perjalanan keluar kota, Mabuk adalah salah satu troublemaker yang paling dihindari. Selain membuat badan lesu, lemah, dan gak bergairah, mabuk perjalanan juga bisa berdampak pada kacaunya rencana kegiatan di perjalanan yang telah kita susun sebelumnya.

Si "mabuk" sendiri juga tidak mengenal moda angkutan (transportasi). Mabuk bisa ada di moda transportasi darat, laut, maupun udara. Dari ketiga jenis itu, mabuk lautlah yang dirasa paling "berat".... berikut 6 langkah yang bisa kita lakukan untuk menghindari bahkan "mengusir" si mabuk laut dari badan kita.

 

1. Bersugestilah bahwa perjalanan laut kita adalah perjalanan yang menyenangkan

sunset cruise in key largo

sunset cruise in key largo via http://www.pontunes.com

Hal yang paling utama dalam menghadapi perjalanan laut adalah kita harus menstimulus pemikiran kita bahwa dalam perjalanan laut yang kita lakukan nanti akan banyak hal-hal indah dan menarik yang  akan kita peroleh.

Selain itu, kejadian-kejadian di kapal umumnya adalah kejadian sekali seumur hidup sehingga sangat sayang bila kesempatan untuk mengarungi lautan tidak kamu ambil. Contoh kecil saja, selama perjalanan di laut, bisa dipastikan dalam kondisi bagus kamu akan mendapatkan Sunset yang bgitu Indah setiap hari....

stimulasi ini akan membuat kamu siap untuk mengarungi birunya lautan dan akan menambah penasaran kamu terhadap indahnya laut sehingga si Mabuk hilang dari pikiran kamu sob.

2. Pakailah pakaian yang mampu menghangatkanmu serta menangkis kencangnya terpaan angin laut

jaket anti badai

jaket anti badai via http://www.ascycles.com

Jaket (windbreaker jacket) atau pakaian hangat adalah amunisi wajib yang harus kamu bawa dalam perjalanan laut. Kenapa penting? jawabannya simple : Karena Angin Laut Itu Kenceeeng Banget apalagi bila malam tiba.

Karena angin menjadi salah satu pemicu mual yang berakibat mabuk, dengan menggunakan jaket atau baju penghangat badan kamu akan terlindungi dari masuk angin (laut). Karena gak masuk angin maka mualnya akan minggat dan mabuk gak akan mampir ke tubuh kita...

3. Jangan malas untuk makan apalagi kalau sinyal lapar sudah datang

Bagian ini adalah bagian yang paling inti (menurut penulis) agar kita terhindar dari mabuk laut. Makan, Makan, dan Makan.....bukan berarti hidup hanya untuk makan ya, tetapi dalam perjalanan laut kegiatan yang namanya "MAKAN" adalah solusi paling mujarab agar kita terbebas dari mabuk.

Seperti yang udah kita bahas sebelumnya, bahwa angin yang masuk ke badan kita terutama perut kita akan menstimulus rasa mual yang berakibat mabuk laut.Jadi dengan makanan yang masuk dan dicerna dalam perut kita akan mengurangi kemungkinan atau probabilitas si angin untuk bersemayam di perut kita tercinta karena ruangnya telah terisi oleh makanan. lebih mending diisi makanan toh dibanding diisi angin perutnya.....

jadi, sangat penting untuk menjaga perut kita selalu terisi agar si mabuk gak datang bertamu ke kita......

4. Cukup istirahat. Badanmu punya hak, penuhi salah satu haknya yakni istrahat cukup

istrahatlah dengan nyaman dan cukup

istrahatlah dengan nyaman dan cukup via http://something2beshared.blogspot.com

Istrahat merupakan hal wajib berikutnya yang kudu diperhatikan. Istrahat yang cukup akan membuat badan kamu selalu fit dan siap untuk mengarungi semua kegiatan yang ada dan terjadwal selama perjalanan mengarungi lautan.

Istrahat yang cukup akan menjaga seluruh anggota tubuhmu bekerja sesuai dengan porsi dan kemampuannya. Beristirahatlah ketika sinyal istrahat dari tubuh telah datang atau pada waktu-waktu yang telah menjadi jam biologismu untuk beristrahat. Beristirahat bukanlah berarti malas namun beristrahat adalah batu pijakan kita agar tetap bisa terus bekerja dan beraktifitas dengan maksimal dan efektif.

Mesin kapal aja butuh istrahat, apalagi kita sebagai manusia....

5. Hiruplah udara segar sebanyak-banyaknya

Selama perjalanan dilaut, penting bagimu untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan menghirup udara segar. Perasaan rileks dan santai selama kita menghirup udara segar selama perjalanan akan membantu tubuh kita untuk tetap enjoy dan bahagia dalam perjalanan. Berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang terutama di kapal sangat tidak disarankan terutama bagi kamu yang mau terhindar dari mabuk perjalanan laut.

6. Siapkan selalu peluru cadangan berupa antimo ataupun obat masuk angin ataupun balsem

Terakhir, bila kelima jurus diatas belum bisa mengusir mabuk dari badan, obat anti mabok ataupun anti masuk anginlah jawaban agar si mabuk minggat.

Seperti yang telah umum diketahui bahwasanya obat anti mabuk akan menyebabkan penggunanya merasa kantuk sehingga dengan kantuk lah pikiran mual ataupun perasaan ingin mabuk dapat tergusur dan hilang bersama indahnya mimpi (tidur).

Jadi tetap siapkan obat-obatan anti mabuk maupun masuk angin dalam perjalananmu sob agar mabuknya gak berkepanjangan....