Artikel ini adalah hasil kolaborasi antara Hipwee Community dan Komunitas Blogger Jakarta. Selamat membaca!

Anak muda seperti kita, memang memiliki kondisi fisik yang masih baik. Walaupun begitu, kondisi ini akan amat mudah untuk berubah. Mungkin, di awal tahun ini, tubuh mu yang masih muda terlihat cukup ideal. Karena sedikit lengah dan agak kebanyakan makan, tubuh idealmu itu perlahan mulai mengandung lemak yang jumlahnya tidak seperti biasanya.

Dan? Fuala! Tubuhmu yang ideal tadipun makin membengkak dengan gumpalan lemak!. (Itu tadi hanya ilustrasi saja ya, tidak maksud untuk menyinggung kamu yang sudah terlanjur bongsor ya.).

Namun, bilapun sudah terlanjur begitu, kamu sebenarnya masih bisa memperbaiki kondisi fisikmu. Kan kamu masih muda. Jadi, masih gampang juga untuk dibenahi. Salah satu cara yang paling efisien ya, dengan rutin olah raga lari.

Meskipun menyehatkan, tidak sedikit orang yang malas untuk berolah raga. Selain karena tidak memiliki motivasi, berolahraga semisal olah raga lari dianggap berat dan melelahkan. Untuk kamu yang sedang ingin mencari motivasi untuk olah raga lari, simak artikel singkat berikut ini ya!

 

 

1. Lingkar pinggang boleh saja melar, tapi mbok ya sadar, penampilan itu senjata paling gahar. Kurus dikit bisa kan?

Kamu Gak Mau Obesitas Kan?

Kamu Gak Mau Obesitas Kan? via https://www.pexels.com

Beberapa waktu yang lalu, kita digemparkan dengan pemberitaan media tentang beberapa bocah yang divonis menderita obesitas (kegemukan). Setelah didiagnosa, penyebab obesitas yang mereka alami adalah pola hidup yang kurang sehat, pola makan yang tak seimbang, dan lain sebagainya.

Kegemukan sendiri, timbul dari sejumlah lemak yang terus tertimbun di dalam tubuh. Asupan kalori yang besar dan tidak diiringi dengan pembakaran yang sebanding makin mempercepat prosesi merajalelanya penyakit ini di tubuh kita.

Kamu tidak mau obesitas juga kan? Yowis yuk, mulai kebiasaan untuk berolah raga lari. Minimal, seminggu sekali juga udah bagus!

 

2. Makin Sedikit Lemak, Makin Sedikit Resiko Kesehatan Yang Kamu Hadapi. Kamu Gak Mau Penyakitan Kan?

Aku Mau Sehat!

Aku Mau Sehat! via https://www.yaresep.com

Lemak memang salah satu komponen yang ada di dalam tubuh manusia. Namun, presentasi kandungan yang wajar hanya sebatas beberapa persen saja. Bila lemak yang ada di dalam tubuh seseorang melampaui jumlah kisaran normal, tubuh orang tersebut akan lebih mudah untuk terserang penyakit.

Untuk menghindarinya, kamu harus makan makanan yang sehat dan rutin berlari! Siap Menghajar lemak kan? 

 

3. Aktifitas Keseharianmu Yang Padat, Gak Bakal Bisa Ditanganin Ama Staminamu Yang Loyo! Catet!

Ga Bakal Loyo Lagi!

Ga Bakal Loyo Lagi! via https://www.pexels.com

“Kamu sering merasa loyo? Mungkin kamu butuh olah raga lari rutin!”

Kamu sering ngamatin atlet yang sedang latihan? Pernah nonton sesi latihan para pemain sepak bola? Mereka sering menjalani sesi training dengan olah raga lari kan?

Olah raga lari yang mereka lakukan, tentu bukan tanpa alasan. Dibanding dengan olah raga lain, olah raga lari ternyata cukup efektif untuk melatih stamina dan menjaga tingkat kebugaran seseorang. Jadi, staminamu yang tadinya gampang loyo itu bisa kamu perbaiki.

 

4. Masih Muda Kok Tulangnya Keropos? Pasti Kamu Jarang Minum Susu Sama Jarang Olah Raga Lari Ya!

Tulangku Jadi Kuat Nih!

Tulangku Jadi Kuat Nih! via https://www.pexels.com

Siapa bilang pengeroposan tulang hanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut? Orang yang berusia lebih muda, juga bisa mengalami pengeroposan tulang lho!

Selain amat baik untuk membakar lemak dan menjaga stamina, ternyata olah raga lari juga bisa membantumu mencegah tulang keropos sob! Amat bermanfaat kan olah raga lari? Masih mau bermalas-malasan saja nih?

 

5. Olah Raga Itu Asik! Sama Si Dia Juga Asik! Lari Sama Si Dia? Pasti Bakal Menyenangkan!

Asik Juga!

Asik Juga! via https://www.pexels.com

“Lari Itu Bikin Capek. Namun Kalo udah terbiasa, pasti ketagihan!”

Untuk yang tidak terbiasa, olah raga lari memang melelahkan. Namun, bila dilakukan dengan bertahap dan secara rutin, kamu pasti akan cepat terbiasa. Agar semakin asik, kamu bisa berlari sambil mendengarkan musik, atau sambil ditemani minuman penyegar, atau teman dekat yang dapat mengobati lelahmu dengan waktu singkat.

Khusus untuk kamu yang berlari sambil mendengarkan musik, pastikan jika track yang kamu lewati itu aman ya! Daripada malah kecelakaan kan?

6. Olah Raga Lari Itu Salah Satu Hobi Yang Keren! Selain Keren, Bermanfaat Pula!

Makin Keren Dengan Running Shoes Keren!

Makin Keren Dengan Running Shoes Keren! via https://www.pexels.com

Saat mengisi biodata, kamu pasti pernah kan diminta untuk menuliskan apa hobimu? Pernah bingung mau ngisi apa? Hayo, ngaku deh!. Selain di kolom biodata, mungkin kamu pernah ditanyain secara langsung tentang apa hobimu saat sedang ngobrol bareng teman, atau bebeb kamu.

Mungkin, tak jarang kamu akan menjawab asal-asalan dan malah melenceng dari apa yang kamu sebenarnya senangi. Bila kamu masih belum memiliki hobi, olah raga lari bisa kamu jadikan hobi mulai saat ini!.

Selain murah, berlari juga mudah untuk dilakukan. Kamu cukup mencari tempat dan moment yang pas untuk menjalankan hobi barumu yang satu ini.

7. Kamu Bisa Ikut Even Virtual Run Yang Serunya Pol! Kamu Pasti Kepingin Kan?

Lomba Itu Seru!

Lomba Itu Seru! via https://www.pexels.com

Bila olah raga lari sudah kamu jadikan hobi, mungkin kamu sesekali ingin berkompetisi di ajang lomba lari. Olah raga lari sebenarnya memiliki banyak sekali event perlombaan yang diselenggarakan setiap tahunya di kota-kota besar di Indonesia.

Salah satunya, event lari secara virtual. Bila ada yang mengajakmu untuk ikut event lari secara virtual, kamu berani mencobanya?