Di zaman yang udah semua-semuanya serba online dan digital, semua kegiatan di hidup kita sangat dipermudah. Banyak anak-anak muda yang memiliki ide-ide sangat kreatif dan merealisasikannya dalam bentuk website atau aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari.

Berikut ada 7 website & aplikasi yang bisa buat hidup kita menjadi lebih mudah! (Btw, ini artikel hasil kolaborasi saya barengan sama temen main namanya Clara Theresia). Semoga bermanfaat ya!

1. Aplikasi: Carousell

Kegunaan: Jual Barang-barang Bekas Pakai secara Online

Kamu tahu kan istilah garage sale alias cuci gudang? Sekarang kamu enggak perlu repot-repot memikirkan tempat untuk mengadakan cuci gudang atau strategi marketing supaya banyak pembeli yang datang, itu semua bisa dilakukan secara online lewat aplikasi bernama Carousell.

Cukup download aplikasi ini secara gratis, daftarkan diri kamu, dan foto barang-barang yang ingin kamu jual melalui handphone atau tablet. Setelah difoto, tuliskan sedikit deskripsi tentang barang yang kamu jual (kondisi, harga, dll), pilih kategori barang tersebut (elektronik, baju, mainan, dll), dan tadaaa! Barang kamu sudah dipajang online, tinggal menunggu pembeli! Untuk tahap marketing, kamu bisa menge-share barang yang kamu jual lewat Facebook. Selain itu, kamu juga bisa chatting dengan calon pembeli serta melakukan tawar-menawar harga. Mudah, kan!

2. Website: YesBoss

Advertisement

Kegunaan: Asisten Virtual untuk Kamu yang Sibuk

Jika kamu seorang entrepreneur atau orang yang selalu sibuk, hal-hal kecil yang harus diurus dapat terabaikan. Padahal walalupun kecil tapi penting untuk diurus, misalnya data entry untuk meeting besok pagi, membeli tiket pesawat, membuat booking restoran dan lain-lain. Tenang saja, YesBoss hadir untuk membantu kamu!

Lewat SMS, kamu bisa request keinginan kamu ke YessBoss, dijamin request kamu akan segera dipenuhi secepat mungkin. Untuk sistem pembayarannya, YessBoss tidak memungut bayaran apapun kecuali bila request kamu membutuhkan transaksi uang. Pembayaran untuk request yang membutuhkan transaksi uang akan dilakukan melalui Veritrans, online payment gateway yang terkenal di Indonesia. Dengan YessBoss, kamu bagaikan memiliki asisten yang siap membantumu kapan saja dan dimana saja tanpa harus membayar gaji bulanan!

3. Aplikasi: MMA Spartan System

Kegunaan: Virtual Trainer untuk Membentuk Badan Six Pack

Cowo mana yang enggak mau badan six pack? Semenjak film 300 yang dibintangi Gerard Butler ditayangkan, banyak kaum pria yang berlomba-lomba membentuk badan supaya berotot dan berperut kotak-kotak. Ditambah lagi dengan pertandingan Mixed Martial Arts (MMA) seperti UFC dan One FC yang kian booming.

Untuk membentuk badan berotot dan six pack tentu butuh perjuangan dan terkadang, uang yang enggak sedikit. Bagi kamu-kamu yang enggak sanggup menyewa personal trainer, kamu bisa download aplikasi MMA Spartan System yang dapat membimbing kamu mendapatkan tubuh idaman. Aplikasi ini menunjukkan gerakan olahraga apa yang harus kamu lakukan mulai dari bagian tubuh tertentu (tangan, perut, dada, dll) hingga full set. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan timer dan menunjukkan bagaimana kamu melakukan gerakan tersebut. Dua hal yang harus diingat, kamu harus membulatkan tekad dan rutin melakukannya!

4. Website: iPrice

Kegunaan: Membeli Barang Online dengan Harga Termurah

Online shopping memang enak! Selain hemat waktu, terkadang kita bisa membeli barang incaran dengan harga yang lebih murah daripada yang dijual di toko. Kalau kamu suka online shopping, iprice bisa membantumu mendapatkan harga termurah! Lho, caranya?

Barang-barang yang dijual di iprice adalah barang-barang yang tersedia online di toko-toko online lainnya. Berkat fitur price comparison yang ada di iprice, kamu bisa membandingkan harga barang yang dijual oleh satu toko dengan toko lainnya. Dengan iprice, kamu enggak perlu menghabiskan waktu berjam-jam mengecek satu-persatu toko online untuk membandingkan harga. Praktis dan hemat!

5. Aplikasi: Nebengers

Kegunaan: Car Pooling saat Travelling di Luar Negeri

Kalau kamu sudah punya aplikasi Gojek, Grab atau Uber di handphone, download juga Nebengers! Nebengers sama seperti Grab dan Uber, tapi tarif yang dikenakan lebih murah karena sistemnya car pooling. Artinya kamu akan satu mobil dengan penumpang lainnya yang sama-sama pergi ke tempat yang kamu tuju.

Dengan begini, kamu bisa berpergian dengan nyaman dan murah. Selain itu, kamu juga bisa melihat biografi singkat si pengemudi dan penumpang lain yang satu mobil dengan kamu. Sistem pembayarannya bisa berupa barter (misalnya makanan) atau cash. Bepergian dengan Nebengers, selain hemat kamu juga membantu mengurangi polusi udara!

6. Aplikasi/Website: HappyFresh

Kegunaan: Belanja Kebutuhan Pokok Online Dimanapun dan Kapanpun

Belanja kebutuhan pokok secara online, mau dong! Bagi kamu-kamu yang enggak punya mobil dan tinggal sendiri, belanja kebutuhan pokok bisa merepotkan karena selain harus keluar ongkos transportasi, enggak ada yang membantu membawa barang belanjaan. Apalagi pas belanja beras, susu atau deterjen yang berat, ugh!

Dengan HappyFresh, kamu bisa belanja kebutuhan pokok secara online dimanapun dan kapanpun kamu mau. Setelah kamu memasukkan daerah tempat kamu tinggal, kamu bisa memilih mini market / supermarket tempat kamu ingin membeli kebutuhan pokokmu. Kamu bisa membayar secara cash / credit card dan belanjaan kamu akan diantar ke rumah. Horeee!

7. Aplikasi/Website: Mint

Kegunaan: Mengatur Keuangan dan Budget

Pernah dengar istilah ‘the poor millenials’? Istilah itu ditujukan untuk Gen-Y yang menganggap diri mereka miskin karena enggak bisa beli handphone terbaru, rela menahan lapar supaya malamnya bisa nongkrong di kafe mahal, dll – pokoknya mereka yang enggak memiliki guide dalam mengatur keadaan finansial mereka. Di jaman yang serba mudah ini, makin banyak godaan untuk belanja. Mau beli apapun, semua bisa dilakukan secara online. Capek ngampus atau ngantor, hangout dulu bareng teman sebelum pulang. Belanja dengan aplikasi tertentu, bisa dapat diskon dan voucher.

Singkat kata: makin maju, makin boros! Tenang aja, kamu enggak perlu takut menghadapi ‘kanker’ setiap akhir bulan kalau kamu pakai Mint. Mint bagaikan financial planner pribadi kamu, berguna untuk mengatur keuangan dan budget harian. Bukan hanya itu, kamu bisa mengecek seberapa besar hutang kartu kreditmu, budget makan untuk hari ini sisa berapa serta mendapat tips dari Mint bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatur keuangan sesuai gaya hidupmu dan target yang ingin kamu capai!