Situbondo terkenal dengan julukan kota santri yang terkenal kental dengan budaya islam dan keramahan warganya.     Destinasi wisata yang masih sangat indah dan terawat dengan baik oleh warga setempat. 
Mari telusuri keindahan alam dikawasan Situbondo

 

1. Manjakan mata saat pertama melihat indahnya padang savana yang akan membuatmu betah disini

padang savana taman nasional Baluran

padang savana taman nasional Baluran via http://www.indonesia.travel

Dikawasan Situbondo memiliki padang savana yang sangat luas tepatnya di kawasan taman nasional Baluran. Disini kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang eksotis berupa padang savana dengan background gunung Baluran yang menjulang tinggi.

Akses jalan menuju tempat ini mudah hanya sekitar 30 menit dari pos perhutani. Biaya masuknya sangat terjangkau hanya sekitar Rp15.000 saja kita dapat masuk dan menikmati pemandangan yang eksotis. Kita juga bisa menginap di home stay untuk menikmati sunset dan melihat hewan seperti rusa banteng merak kera yang akan kembali masuk ke dalam hutan.

2. Jika kamu suka melihat indahnya terumbu karang, kamu wajib selami indahnya pantai bama

tengok indahnya pantai bama

tengok indahnya pantai bama via http://www.djarumsuper.com

Sekitar 2km dari padang savana Taman Nasional Baluran ada destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi,yatu pantai bama. Pantai ini masih dalam daeran Taman Nasional baluran yang juga di awasi oleh pihak perhutani Kabupaten Situbondo. Untuk menyelam di pantai Bama kamu dapat menyewa peralatan snorkling atau Diving yang telah di persiapkan.

3. Jangan lewatkan pantai Balanan yang masih jarang terjamah

Pantai Balanan oleh lucky

Pantai Balanan oleh lucky via https://www.facebook.com

Beranjak dari Pantai Bama ke arah barat sekitar 3km dengan akses jalan tanah bercampur pasir yang akan membawa kita menjumpai pantai Balanan. Hamparan pasir putih,tebing batu dan banyak pohon-pohon kecil yang tumbuh di tengah laut menghiasi indahnya pantai Balanan

4. Mari beralih ke wisata arung jeram yang memicu adrenaline

Arung jeram samir

Arung jeram samir via https://twitter.com

Wisata Rafting yang memicu adrenalin kini telah hadri di Dusun Samir Desa Bantal Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo, tepatnya lokasi tersebut kira-kira 40km dari pusat kota Situbondo. Dengan biaya yang cukup terjangkau sekitar 50.000 per orang kamu sudah bisa menikmati derasnya aliran dengan pemandangan persawahan serta tebing tinggi yang eksotis hehe 
 

5. Jangan lewatkan wisata air terjun yang indah ini kawan

Air terjun setancak

Air terjun setancak via http://www.tempatwisatamu.com

Berjarak tempuh sekitar 3 jam dari kota Situbondo.  Untuk mencapai obyek wisata ini harus melakukan perjalanan  sejauh 5 km bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat kendaraan roda dua, disana juga ada pangkalan ojek yang selalu siap mengantar kamu dan selanjutnya sekitar ± 2 km  berjalan kaki.

6. Yuk, berlayar di pantai pasir putih

 Ingin melihat koral warna-warni dengan aneka ikan yang cantik berkeliaran di terumbu karang dan berlayar melihat birunya pantai? Pantai pasir putih jawabanya.
 Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Dengan bentuknya yang melengkung serta hutan kehijauan di tepian, pantai ini menyuguhkan sebuah lanskap indah. Barisan pepohonan Cemara Udang, kelapa, serta deretan pepohonan jati memberikan udara sejuk dan menghadirkan ketenangan di kawasan pantai tersebut.

 

7. Yang terakhir yaitu pantai Tampora, pantai paling barat di kabupaten Situbondo

Pantai Tampora

Pantai Tampora via http://pinsta.me

Pantai Tampora terletak di kecamatan Banyuglugur, sekitar satujam ke arah barat dari pusat kabupaten Situbondo. Suasananya cukup tenang serta pemandangannya yang indah sangat cocok untuk di jadikan tujuan destinasi wisata anda di Kabupaten Situbondo.