Ruangan kantor yang tepat dapat meningkatkan ketenangan pikiran dan produktivitas karyawan. Tidak perlu mendekorasi kantor seperti Google atau Facebook yang bisa menguras keuangan perusahaan. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perubahan kecil pada ruang kantor perusahaanmu.

Walaupun tampak sepele, tapi beberapa perubahan desain dan dekorasi secara sederhana dalam lingkungan kantor dapat membuat karyawan menjadi lebih bahagia, sehat dan produktif.

Berikut beberapa cara sederhana untuk mengubah desain kantor yang membangkitkan semangat bekerja

 

1. Ergonomik

Optimalkan meja kerjamu

Optimalkan meja kerjamu via https://www.pexels.com

Hal ini berarti penyerasian antara pekerja, jenis pekerjaan, dan lingkungan. Sebagai contoh, kamu tidak akan bisa produktif jika badanmu sakit karena terlalu lama duduk menatap layar komputer.

Coba luangkan sedikit waktu untuk mengatur dan menyesuaikan peralatan pendukung kerja dengan tubuhmu. Coba perhatikan ketinggian kursi dan meja kerja serta layar monitor. Pastikan ketiganya mendukung posisimu ketika bekerja. Selain itu atur agar barang-barang lainnya mudah dijangkau sehingga tidak melelahkan otot.

2. Rapikan Barang yang Terlalu Berantakan

Dibereskan ya

Dibereskan ya via https://www.pexels.com

Membersihkan meja dan ruangan kerja bisa meningkatkan produktivitas karyawan di kantor. Sebagai seorang pekerja yang baik, kamu harus menjaga agar barang-barangmu tetap rapi termasuk file dan folder di komputer.

Barang-barang dan dokumen yang rapi akan menghemat waktu ketika bekerja. Beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan saat ini adalah:

- Mengorganisir file

- Hapus dokumen tidak penting

- Merapikan meja, ruangan kerja, dan sebagainya

3. Pilih Warna Produktif

Apa warna ruang kerja kamu?

Apa warna ruang kerja kamu? via https://www.pexels.com

Telah terbukti bahwa warna mempengaruhi produktivitas karyawan di tempat kerja. Walaupun secara individual setiap orang memiliki preferensi sendiri terhadap warna. Namun, secara universal warna tetap memiliki efek untuk mempengaruhi setiap orang.

Warna biru merangsang pikiran, kuning mendorong penciptaan ide atau kreativitas, merah mempengaruhi fisik dan hijau menciptakan sebuah keseimbangan yang menenangkan. Selain itu, perhatikan juga kejenuhan dan intensitas pilihan warna. Warna-warna terang bersifat merangsang, sementara warna lembut lebih menenangkan.

4. Menyatu dengan Alam

Menyatu menjadi satu

Menyatu menjadi satu via http://www.1mobile.com

Jika kamu tidak bisa berbuat apa-apa mengenai cat tembok atau pencahayaan, kamu bisa melakukan perubahan lainnya. Coba untuk membawa pot kecil sebagai dekorasi meja. Secara tak langsung cara ini mampu meningkatkan produktivitasmu.

Dari penelitian tahun 2011 dan 2013, terbukti bahwa memiliki unsur alam di meja dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Unsur alam juga bisa menyaring udara untuk menghilangkan jamur dan bakteri, serta membuat karyawan merasa lebih bahagia dan sehat.

5. Atur Cahaya

Atur pencahayaan

Atur pencahayaan via https://www.pexels.com

Biarkan cahaya alami masuk ke dalam ruanganmu untuk meningkatkan produktivitas, energi dan kreativitasmu. Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak cahaya alami masuk ke dalam toko, maka akan semakin lama pelanggan berada di toko tersebut.

Jika tak memungkinkan, maka kamu bisa mendapatkan cahaya alami tersebut dengan memastikan meja lain yang berada dekat kaca membiarkan jendela kaca mereka tidak tertutupi tirai. Cahaya alami tersebut bisa masuk dan memantul ke arah lain dan mungkin saja ke arah mejamu.

6. Pertimbangkan Kembali Tentang Ruang Terbuka

Tata ruang kantor terbuka

Tata ruang kantor terbuka via https://www.decodeko.co.id

Walaupun banyak anggapan mengenai efektifnya ruang terbuka bagi produktivitas karyawan, namun ternyata hal ini pun disanggah. Menurut penelitian terbaru, karyawan yang duduk disatukan di ruang terbuka sering kali kurang puas dengan ruang kerja mereka. Para karyawan merasa tidak cukup memiliki privasi.

Jika kamu adalah pemilik perusahaan dan memang menerapkan konsep ini, pastikan kamu memiliki banyak ruang meeting tertutup bagi karyawan. Mereka bisa berdiskusi atau bahkan menelepon secara privat di ruangan tersebut tanpa mengganggu karyawan lain.

7. Sediakan Ruang Santai

Mengurangi stress di kantor

Mengurangi stress di kantor via https://officesnapshots.com

Karyawan tidak akan produktif jika mereka "terikat" pada meja kerja. Pastikan kantormu memiliki ruang agar karyawan bisa bangun dari meja dan berjalan sesekali untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa pegal di tubuh. Jika memungkinkan, sebagai pemilik kantor kamu juga bisa membuat lounge area. Dengan begini karyawan tidak harus duduk bekerja di tempat yang sama sepanjang hari.