Eeh, malah nyanyi 😀

Gak terasa ya pemirsaaaa, udah tanggal Sya'ban aja nii

Wah tinggal menghitung hari nih!

Berarti gak nyampe sebulan lagi insyaAllah udah Ramadhan…

Duuuhh tak sabarnya …

Rasanya tuh, campur aduk… bahagiaa…. Tapi takut kalau2 usia gak nyampe Ramadhan 🙁

Kalo kalian gimana nih pemirsaaa?

Biasa aja, excited, atau gimana?

Buat kalian yang excited dan bersemangat menyambut kedatangan Ramadhan, kabar gembira nih buat kamu! Soalnya, Rasululloh pernah bersabda,

“ barang siapa bergembira atas datangnya Ramadhan, Allah telah mengharamkan jasadnya dari api neraka ”

(HR. An-Nasa’i)

Wih… masyaAllah yaa

Baru menyambut nya dengan gembira aja, ganjarannya udah menggiurkan banget kan yaa ..

Gimana kalo pas Romadhon nya nanti bisa maksimal?

Yakin nih kamu gak tertarik?

 

Nah, mumpung semangatnya lagi berapi-api, pas banget nih kamu baca tulisan ini..

Sebab. . . .  Ramadhon itu perlu dipersiapkan nih pemirsa …

Tanya kenapa!

Soalnya, Ramadhan kan cuma setahun sekali,

Sayang banget kalo gak dimaksimalin, padahal hanya dibulan ramadhan lah pahala dilipatgandakan, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu, dosa-dosa pun diampuni, do’a diijabah, wiiiih!

Kapan lagi coba?

Iya kalo tahun depan masih ketemu lagi? Kan sayaaang kan yaa

Makan nya, ini nih tips warming up Ramadhan yang kami rangkum, spesial buat kamu.. iyaa kamu ^^

1. Kaji Ilmu mengenai Ramadhan

Agar lebih semangat dan lebih sempurna dalam menjalankan Ibadah puasa Ramadhan tentu kita perlu mempunyai perbekalan mengenai ramadhan, bagaimana seharusnya kita menjalankan ramadhan dengan baik dan sebagainya, dengan begitu tentu akan membuat kita lebih siap dalam menunaikan puasa ramadhan nantinya. So, kamu kudu semangat nih buat mengkaji ilmu-ilmu mengenai Ramadhan..

Caranya gimana?

Banyak.. bisa via baca buku, artikel, dan sumber-sumber sejenisnya, atau bisa juga langsung belajar sama ahlinya, misal ikut kajian-kajian di masjid, di sekolah, di kampus, di forum mentoring, di TV, di radio, di mana pun deh.. yang penting sumbernya terpercaya sesuai Qur’an dan Sunnah..

Advertisement

Jangan bosan memperkaya diri dengan ilmu yaaa

2. Perbanyak Puasa Sunnah

banyakin puasa 😀 via http://ahmarazalia1812.blogspot.com

Nah, ini nih!

Biar pas Ramadhan nanti gak kaget, mulai sekarang, kamu kudu membiasakan diri untuk puasa.

Selain sebagai ajang untuk melatih diri, memperbanyak puasa sunnah di bulan Rajab dan Sya’ban ternyata juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah lho pemirsaaa^^

Puasa apa dong?

Bisa puasa senin-kamis, ayyamul bidh (tengah bulan), atau puasa Daud juga boleh..

Semangat !

Usamah bin Zaid ra. bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana Anda berpuasa di bulan Sya’ban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa’.” (H.R. An Nasa’i, Ahmad, dansanad-nya di-hasan-kan Syaikh Al Albani)

3. Giatkan Sholat Sunnah

Berhubung di bulan Ramadhan nanti, Allah ngasih kita kesempatan buat meraup pahala berlipat-lipat. Nah, persiapan nih! Latihan dari sekarang ya pemirsa J

Yuk kita giatkan sholat sunnah.. Sholat Dhuha, Sholat sunnah Rawatib, dan jangan lupa Qiyamul Lail nya yaaa.

Selain untuk beribadah melaksanakan qiyamul lail (sholat malam), pas sepertiga malam di bulan puasa nanti aktifitas kita ditambah dengan makan sahur.. ayo.. yang sering sulit bangun malam, harus belajar mulai sekarang 😀

Oiya, Sholat wajibnya jangan lupa loh yaaa

Tepat waktu! Dan khusus buat yang laki-laki, WAJIB di masjid!

4. Memperbanyak membaca Al-Qur an

jangan lupa tadarus via http://ahmarazalia1812.blogspot.com

Pemirsa, tau nggak?

Di hari-hari biasa di luar bulan Ramadhan, membaca satu huruf dari Al-Qur’an dapetnya 10 pahala. Itu satu huruf lho..

“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Nah, di bulan Ramadhan nanti, pahalanya bakal dilipatgandakan sampai 700 kali lipat.

“Semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat.”

Menurut penelitian Imam an-Nasafi, Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surah, 6.236 ayat, dan 1.027.000 huruf. Jadi, jika kita bisa mengkhatamkan membaca Al-Qur’an sekali saja, kita akan dapat pahala sebanyak 1.027.000 x 700 = 718.900.000

Rasulullah SAW memberi batas bawah bagi seorang muslim dalam perkara membaca Al-Quran adalah minimal khatam Al-Qur’an sekali dalam sebulan. Tapi, muslim yang cerdas tentu tidak merasa cukup cuma khatam sekali di bulan Ramadhan. Kalau cuma sekali ya rugi kerana tidak berbeda dengan bulan-bulan yang lain. Jadi, harus bisa khatam lebih dari dua kali nih.

Terlebih lagi ketika Lailatul Qadar. Jangan sampai tidak membaca Al-Quran di malam itu. Allah SWT menyatakan bahawa nilai Lailatul Qadar lebih baik daripada 1.000 bulan atau sama dengan 354.000 kali malam biasa.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan.”

Berapa pahala yang boleh kita peroleh jika membaca 1 juz Al-Quran pada malam Lailatul Qadar? Jika kita campurkan jumlah huruf dalam setiap juz sama, maka angkanya kira-kira 1.027.000 : 30 = 34.233 huruf. Jumlah potensi pahala yang bisa kita dapat di malam itu adalah 34.233 x 700 x 354.000 = 8.482.937.400.000.

Maasya Allah ya pemirsaa, angkanya triliun!

Maka dari itu…. Yuk siap-siap dari sekarang,

Kita perbaiki bacaan Qur’an kita, dan mulai rutinkan membaca Al-Qur’an biar ntar pas Ramadhan udah bener-bener siap..

gitu!

Eh, satu lagi….

Selain memperbanyak membaca AlQur’an, jangan lupa untuk mengajarkan dan mengamalkannnya yaaa

5. Perbanyak Taubat dan Senantiasa Bermuhasabah Diri

Sebelum memasuki ramadhan kita juga perlu bersih-bersih nih pemirsaa, tapi bukan bersih-bersih rumah, melainkan membersihkan diri dari segala khilaf dan salah selama menjalankan hari-hari. Memohon ampun kepada Allah swt. Menata ulang hati dan pikiran agar sesuai dengan kehendak Ilahi, tentu semua itu akan lebih mudah dilakukan dengan cara bermuhasabah diri.

Dengan bermuhasabah diri sejak dini, nantinya kita bisa menyambut Ramadhan dengan kesiapan penuh..

Smart phone mu aja di upgrade, masa kamu enggak?

6. Siapkan Fisik dan Harta

Biar puasanya nanti bisa full dan maksimal, mulai sekarang kamu kudu persiapan fisik.. makan tepat waktu, perbanyak minum air putih, istirahat cukup, dan jangan bergadang.. simple, tapi hal-hal yang sering kamu anggap remeh itu bisa bikin kamu fit all day, insyaAllah..

Itu persiapan fisiknya,

Nah, jangan lupa persiapan hartanya juga yaaa

Selain karena harga-harga sembako yang biasanya meroket di bulan Ramadhan, persiapan harta juga penting buat sedekah.. kan Ramadhan, pahalanya berlipat-lipat….

Selain mempersiapkan anggaran khusus buat sedekah, kamu juga harus mulai membiasakan diri untuk memperbanyak sedekah sejak saat ini juga.. biar enteng

“Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 261)

“Sedekah itu menghapuskan dosa seperti air memadamkan api.” (HR At-Tirmidzi).

“Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (HR At-Turmudzi dari Anas).

Ingat yaaa! Di bulan Ramadhan ganjaran nya dilipat gandakan berapa kali tadi hayooo?

7. Mempersiapkan Target Ramadhan

Ibarat kata nih pemirsaa, Ramadhan ini udah kek banjir promo besar-besar an.. jarang-jarang, dan sayang banget buat dilewatin..

So, biar lebih maksimal pas Ramadhan nanti, rasanya gak lengkap kalo kita nggak bikin targetan..

Targetan itu penting loh pemirsa. Jangan hidup, kalo nggak punya target, eh 😀

Apalagi ini Ramadhan…. Wiiiiih

Yuk, segera ambil kertas, dan segera bikin to do list mu!

Terus, targetnya itu, gimana?

Banyak……

Misalnya nih yaaa

Khatam al-Qur’an.. minimal dua kali

Full shalat tarawih, yang laki2 di masjid loh ya!

Shodaqoh tiap hari

Full ngajar TPA tiap sore

Banyak senyum

Hafal 1 juz

Nggak marah-marah

Jadi anak yang berbakti

Menjaga wudhu

Daannnnnn….. banyak pokoknya 😀

Boleh juga nih dibikin checklist harian..

Jadi,

Segera siapkan targetanmu, dan yang paling penting….. segera eksekusi!

Jangan lupa, perbanyak membaca do’a

“ Allahumma bariklana fii Rajaba wa Sya’bani wa ballighna Romadhon”

(Yaa Allah, berkahilah hidup kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah usia kami hingga bulan Ramadhan)

Nah, gimana?

Are you ready for Ramadhan?

Kalo di warung sebelah ada diskon-an aja kamu semangat tuh,

Nah, kalo udah mau ramadhan gini, kamu juga kudu lebih semangat yaa ^_^

Semangat bermujahadah !

Terakhir, jangan lupa untuk menghebohkan berita kedatangan Ramadhan… biar semarak… biar semua Muslim bisa bersiap menyambutnya secara maksimal.. insyaAllah, pahalanya juga ngalir ke kamu lhooo…

Nah, jangan lupa yaa, kalo kamu ngerasa tulisan ini bisa bermanfaat, share dong! Share ^_^

#HidupkanSunnah

#MenangkanRamadhan