Bosen kan pasti kalo makan roti tawar yang gitu gitu aja. Pasti kalian jenuh, dimana ada roti tawar disitu pasti ada selai dan teman-temannya juga. Iya kan ? dan kalian berfikir kalo makan roti tawar itu pake selai atau mpeses dan mentega. Eiit..jangan berfikir gitu dulu, siapa bilang makan roti tawar harus dengan selai atau meses ?

Roti tawar juga bisa loh jadi camilan unik dan lebih enak kalo kamu bisa merubah si roti tawar ini jadi makanan yang spesial. Kaya gini nih beberapa contoh camilan unik berbahan dasar roti tawar yang bisa kamu bikin dirumah :

 

 

1. Roti Gulung Sosis Keju

Roti gulung sosis keju

Roti gulung sosis keju via https://cookpad.com

Kamu bingung mau bikin camilan apa buat dirumah ? Kalo kamu punya simpanan roti tawar yang masih bisa dimakan bisa kamu langsung bikin nih, 

Bahan-Bahan :

5     lembar roti tawar tanpa kulit
5     potong sosis, seduh dengan air mendidih, tiriskan
5     lembar keju, masing-masing potong 2
     
Bahan Pencelup:

3   butir telur
1 sdm tepung terigu, aduk rata
   Tepung roti secukupnya (untuk melumuri)
   Minyak goreng secukupnya 

 

Cara Mengolah :

1. Ambil selembar roti tawar, letakkan keju dan sepotong sosis, kemudian gulung roti. Gunakan tusuk gigi untuk      merekatkan.
2. Celupkan ke dalam bahan pencelup (adonan telur kocok tepung terigu), upayakan gulungan roti tidak terlepas, angkat.
3. Gulingkan ke dalam tepung panir (tepung roti).
4. Kepal-kepal agar tepung roti rekat merata.
5. Panaskan minyak cukup banyak, goreng roti isi sosis keju, sampai permukaannya kecokelatan. Angkat, tiriskan.
6. Siap dihidangkan.

2. Roti Gulung Pisang Coklat

Roti gulung pisang coklat

Roti gulung pisang coklat via http://www.blueband.co.id

Mungkin roti gulung pisang cokelat ini hanya dianggap sebagai camilan manis saja. Padahal, makanan ini cukup ampuh lho untuk menambah energi dan membuat perutmu kenyang dengan pas. Ini juga bisa kamu buat sebagai bekal kamu ke sekolah atau kampus.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1 bungkus roti tawar, buang pinggirnya dan pipihkan

8 buah pisang ambon

Meises cokelat secukupnya

2 butir telur, kocok lepas

Margarin secukupnya

 

Cara membuatnya:

1. Ambil 1 lembar roti tawar. Oleskan margarin sedikit saja. Letakkan 1 buah pisang di bagian ujungnya dan taburi meises secukupnya.

2. Gulung roti tawar tersebut. Rekatkan ujungnya dengan bantuan telur.

3. Celupkan roti gulung tersebut pada kocokan telur. Perhatikan jangan sampai terendam.

4. Panaskan minyak. Goreng roti gulung sampai kecokelatan. Tiriskan.

Sajikan bersama secangkir teh pasti akan terasa lebih nikmat.

3. Roti Tawar Gulung Rendah Kalori. Buat kamu yang diet!

Rendah kalori

Rendah kalori via https://cookpad.com

Cocok nih buat kamu yang lagi diet hanya 130 kalori dan yang jelas bikinnya simpel banget dan udah bisa bikin perut kamu terasa kenyang...

Bahan-Bahan yang kamu butuhkan :

4 lembar roti tawar gandum
1 buahsosis siap makan
1 buahwortel kukus
1 buah siung bawang bombay
margarin oles untuk toast

 

Cara Membuatnya :

1. Pipihkan rata roti tawar

2. Isi dengan potongan sosis bawang bombay dan irisan wortel

3. Toast di atas teflon anti lengket yang sudah diolesi margarin

4. Potong2 lalu sajikan dengan mayones dan saus

Nikmat banget pasti rasanya, apalagi kalo kamu makan sama segelas susu hmmm yummy banget deh ..

4. Puding Roti Tawar

Puding roti tawar

Puding roti tawar via http://www.monicsimplykitchen.com

Kalo kamu pecinta puding dan roti tawar dua jenis makanan ini bisa kamu jadiin satu resep makanan yang enak loh. Coba deh kamu kreasiin imajinasi kamu didapur buat bikin sesuatu yang spesial.

1     bks Agar Agar Plain
1/2  sdm Nutrijel Plain (Optional)
3     lbr Roti Tawar Kupas Disobek sobek
300  ml Susu UHT
400  ml air
135  gr gula pasir
1     sdt vanilla bubuk
2     sdm coklat bubuk, dilarutkan dengan air hangat hingga kental
dan sedikit garam

 

Cara Membuat :

1.Blender roti tawar bersama susu cair dan air hingga lembut dan halus.

2. Tuang ke dalam panci lalu tambahkan agar agar, nutrijel, gula pasir dan sedikit garam.

3. Masak sambil diaduk aduk hingga meletup dan mengental, matikan apinya.

4. Ambil kira kira 2 Sendok Sayur adonan puding, campurkan dengan bubuk coklat yang sudah dikentalkan, lalu aduk rata dan cepat hingga tercampur rata.

5. Siapkan cetakan yang sudah dibasahi dengan air, tuang adonan putih kemudian dituang adonan coklat secara acak, diaduk perlahan dengan sumpit supaya terbentuk marmernya, setelah agak dingin baru simpan dalam lemari es, nikmat saat disajikan saat dingin.

Gimana, simple kan ? buruan cobain dirumah ^^

5. 5. Zuppa Soup Roti Tawar

Zuppa soup

Zuppa soup via https://cookpad.com

Ini bisa kamu bikin ketika kamu lagi ngidam Zuppa Soup​ dan kamu males keluar rumah. Kamu bisa bikin sendiri makanan yang kamu mau dan roti tawar pun bisa kamu bikin Zuppa Soup ala kamu.

Bahan Cream Sup :

1 liter susu tawar (bisa dibuat dari susu putih bubuk yg di cairkan)
5 sdm tepung terigu
200 gr dada ayam tanpa tulang, dapat diganti sosis atau daging asap
2 sdm bubuk Oregano
1/2 siung bawang bombai
1 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk sesuai selera
Garam dan gula

Bahan untuk kulit :

6 lembar roti tawar
2 butir telur ayam kocok lepas
100 gr mentega atau butter untuk olesan roti

Pertama kita buat cream sup nya : 

1. Cincang bawang putih dan bawang bombai

2. Tumis dengan sedikit minyak atau mentega, setelah agak layu masukan irisan dada ayam, masak hingga daging matang, kemudian masukan terigu, aduk cepat, lalu masukan susu cair, aduk terus hingga mendidih dan tidak ada gumpalan.

3. Beri bubuk oregano, merica, garam dan gula secukupnya. Didihkan lalu angkat

4. Tuang cream sup dalam mangkok kecil tahan panas

5. Oles roti tawar dengan mentega atau butter, kemudian beri olesan telur yang sudah dikocok diatasnya

6. Tutup mangkok yang berisi cream sup dengan roti, kemudian panggang dengan oven, suhu 250celcius hingga kulit kecoklatan. Sajikan dalam keadaan hangat

Naaah jadi deh Zuppa Soup ala ala. Bisa kan pasti bikinnya ? mudah banget kok guys buruan dicoba ya hehe .. 

6. Sandwich Panggang Tuna

Sandwich tuna

Sandwich tuna via http://kuliner.ilmci.com

Kelezatan daging tuna dipadu dengan mayonnaise sangat cocok disajikan dengan roti panggang. Ini praktis banget loh buat kalian sarapan pagi atau buat bekal kalian.

Bahan yang diperlukan :

6 Lembar roti tawar, panggang sebentar

gr daging tuna kalengan, suwir-suwir

1 buah telur, rebus, kupas, potong membulat

2 lembar keju cheddar

2 lembar daun selada

1 buah tomat, potong membulat

1 sdm saus tomat

1/2 sdm saus sambal

2 sdm mayonnaise

1 sdm bawang Bombay cincang

½ sdm margarin

Cara Bikin : 

1. Panaskan margarin, tumis bawang Bombay hingga harum, tambahkan ikan tuna, kacang polong, saus sambal dan saus tomat, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat. Tambahkan saus mayonnaise, aduk rata. Sisihkan.

2. Siapkan roti tawar, alas dengan daun selada. Beri tumisan ikan tuna, ratakan. Beri potongan telur, tomat dan lembaran keju.

3. Tutup atasnya dengan lembaran roti yang lain. Potong-Potong. Atur dalam kotak bekal.

Simple banget kan guys, makin gak bosen kan makan roti tawar yang gitu-gitu aja hehe.

 

7. 7. Pizza Roti Tawar Saus Barbeque

Pizza roti tawar

Pizza roti tawar via https://cookpad.com

Udah mulai bingung mau makan roti tawar model gimana lagi ? masih banyak cara biar kamu gak bosen makan roti tawar. Nih aku kasih tau caranya bikin Pizza behbahan dasar Roti Tawar.

Bahan yang diperlukan :

8-10 lbr roti tawar
1/2 sdt fermipan
50 ml susu cair
secukupnya dada ayam rebus dicacah
1 bh tomat diiris halus dadu
1 pcs sosis sapi
4 sdm saus barbeque
1 siung bawang putih
1 sdm kecap
secukupnya keju cheddar parut
1 sdm minyak sayur

Cara bikinnya nih :

1. Kulit pizza: roti tawar dihaluskan dengan dicampur susu dan minyak sayur 1 sdm. Kemudian masukkan fermipan. Diuleni dan dibiarkan 30 menit dengan ditutup kain basah.

2. Topping: optional.. Dan aku bikin dengan menumis bawang putih yang telah diiris halus, kemudian masukkan cacahan ayam, tomat yang di iris halus dadu, saus barbeque dan kecap. Tambahkan gula dan garam. Angkat.

3. Adonan kulit dicetak dalam teflon yang telah diolesi mentega. Diratakan hingga tepi. Ditusuk-tusuk dengan garpu. Kemudian panaskan di atas kompor dengan api kecil. Jangan lupa tutup teflon agar merata panasnya selama 5 menit.

4. Setelah itu oleskan topping di atasnya. Hiasi dengan sosis dan parutan keju. Tutup kembali dan panaskan selama 5-10 menit.

5. Angkat dan sajikan selagi hangat. Bisa ditambahkan saos sambal bila suka.

Buruan cobain !! dijamin enak deh, apalagi buatan kamu sendiri hihi ^^

8. 8. Prol Roti Tawar Kukus

Prol kukus roti tawar

Prol kukus roti tawar via https://cookpad.com

Gak cuma tape sama kentang aja yang bisa dibikin prol. Roti tawar juga bisa kok, penasaran sama cara bikinnya ? nih aku kasih tau ya 

Bahan yang digunakan : 

4 butir telur
300 gram gula pasir
300 gram mentega cair
2 sdm tepung terigu
10 lembar roti tawar tanpa kulit

Cara Bikin :

1. Roti tawar disuwir - suwir, kemudian campur dengan sebagian mentega cair, hancurkan roti tawar sampai lembut, sisishkan

2. Kocok telur dan gula sampai mengembang

3Setelah mengembang masukkan tepung terigu, aduk rata

4. Masukkan roti tawar yang sudah tercampur dengan mentega, aduk rata

5. Tambahkan sisa mentega cair dan aduk rata

6. Tuang ke dalam cetakan, kemudian kukus kurleb 30 menit. Angkat dari kukusan dinginkan

7. " Prol Kukus Roti Tawar " siap dinikmat

Taraaaaaaa .... gampangkan buatnya ? yok dicoba !!

Gimana, masih ngerasa bosen sama roti tawar hehe..semua bisa kita jadiin menu spesial kalo kita mau berkreasi kok. Akan lebih terasa puas kalau tangan kita yang membuatnya. Terus mencoba ya guys !! SEMANGAT :-)