1. Tempat tinggal

Tempat tinggal bakal jadi hal yang penting banget dipersiapin sebelum kita bepergian atau travelling. Karena ga mungkin kan kalo kita mau bepergian selama berhari-hari tapi kita gatau mau tinggal dimana. Buat kamu yang mau travel ala-ala backpacker sebisa mungkin sih nyari tempat tinggal yang gratis. Misalnya, kamu punya temen atau saudara yang tinggal atau kuliah di daerah yang bakal kamu datengin. Kamu bisa minta tolong untuk tinggal disana selama kamu travel. Jadi kamu bisa hemat biaya untuk sewa losmen. Biasanya sih suka dapet plus makan gratis juga kan guys hahaha. Nah jadi biaya yang harusnya buat sewa kamar dan makan bisa kamu alokasikan buat hal lain selama kamu travel, asik kan?

2. Transportasi

Ini juga hal yang penting banget buat dipersiapin sebelum kamu pergi ke tempat tujuan. Kamu harus nentuin dari jauh-jauh hari kira-kira transportasi apa yang bakal kamu pakai untuk ke tempat yang kamu tuju. Bisa naik kereta, kapal laut, atau pesawat. Tapi biasanya kalo jiwa-jiwa backpacker sih lebih suka naik kereta. Selain tiketnya yang lebih ekonomis dibanding transportasi udara kamu juga bakal disuguhin pemandangan yang keren selama perjalanan guys! Bayangin kalo sepanjang perjalanan kalian liat hamparan sawah yang hijau, gunung dan kabut pas pagi hari. Duh, jadi bikin tambah semangat untuk travelling deh!

3. Finansial

Advertisement

Ini nih poin utama yang bakal ngiringin perjalanan kalian guys. Yap! Finansial itu penting untuk diperhitungkan sebelum kamu bepergian loh. Karena kalo kamu ga perhitungkan dengan matang bisa gawat kalo bermasalah saat kalian udah sampai di tempat tujuan. Kalian harus bisa memilah mana biaya untuk transport, makan selama disana, transportasi selama ditempat travel. Untuk oleh-oleh dan jangan lupa masukkan untuk biaya tak terduga ya guys.

4. Keperluan pribadi

Sebelum kamu berangkat kamu harus bisa nentuin berapa setel pakaian yang akan kamu bawa. Usahakan pakaian yang fleksibel dan sesuai dengan cuaca di daerah yang akan kamu tuju untuk meghindari salah kostum dan memberatkan bawaan di tas. Strategi packing juga penting agar tas tak terlihat penuh dan terasa berat saat dibawa. Untuk pakaia kaos, kalian bisa melipatnya dengan lipatan yang tipis agar dapat mengefisiensi isi tas. Kalian bisa bawa handuk yang kecil saja untuk mengurangi storage. Oiya kalau bisa tas yang digunakan seperti tas carrier atau tas gunung sehingga dapat menampung banyak muatan.

5. Kesehatan tubuh

Saat kamu akan bepergian, usahakan kondisi badanmu dalam keadaan fit. Jaga pola makan dan tidur sebelum kalian berangkat. Banyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C agar badan tetap segar dan sehat. Kamu juga harus persiapkan obat-obat pribadi yang biasa kamu gunakan. Hal ini penting, sehingga pada saat kamu merasa mulai tidak enak badan, kamu sudah memiliki obatnya.

6. List tempat perjalanan yang akan dikunjungi

Membuat list perjalanan juga penting agar rundown kamu jelas selama perjalanan sehingga waktu yang kamu gunakan efisien. Kamu juga harus mencari tau jarak tempuh dan waktu dari tempat kamu tinggal ke tempat yang akan kamu kunjungi jadi kamu bisa nentuin kendaraan apa yang bisa digunakan dan waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat tujuan.

Nah itu dia kira-kira yang kalian harus siapin sebelum jadi backpackers ya guysss. Happy holiday and stay safe in everywhere guys!