Di dunia ini ada beberapa orang yang menjalani dua pekerjaan yang berbeda setiap harinya, pekerjaan utama pada siang hari dan sampingan pada malam hari. Melakukan pekerjaan berbeda dalam satu hari tidaklah mudah untuk dilakukan, bahkan waktu istirahat malam yang seharusnya 8 jam rela dikurangi menjadi 4 jam hanya untuk menjalani dua profesi yang berbeda.

Kebanyakan orang yang menjalani dua profesi berbeda biasanya adalah seorang pebisnis yang juga menjalani kehidupan sebagai seorang karyawan. Banyak alasan yang membuat mereka melakukan hal itu, membutuhkan modal misalnya dengan hasil pekerjaan utama untuk modalnya berbisnisnya yang dilakukan pada malam hari.

Buat kamu yang melakukan hal itu, apapun sulitnya rintangan yang sedang dihadapi jangan sampai menyerah, berikut beberapa tips yang patut dipertimbangkan untuk dilakukan.

1. Ingatlah seorang pebisnis tidak bekerja sendiri, pebisnis selalu membutuhkan tim

Kamu perlu sebuah tim via http://www.wokeeh.com

Jangan biarkan dirimu ini bekerja di dua bidang yang berbeda dengan melakukannya secara sendirian, jika memang kamu menjalani bisnis maka kamu bisa berkolaborasi dengan teman atau kenalan. Bukankah hal itu bisa lebih membantumu dalam menjalani kehidupan? Sehingga kamu tak perlu lagi mengorbankan kehidupanmu seluruhnya untuk bekerja sendirian di dua pekerjaan yang berbeda.

Seperti contohnya, berkolaborasi dengan teman-teman dan membangun sebuah tim, masing-masing dari temanmu mendapatkan satu tugas yang harus dikerjakan setiap harinya. Tugas tersebut bisa dibagi setiap minggunya, seperti hari Senin sampai Rabu siapa, dan Kamis sampai Minggu siapa.

Soal bagi hasil? Ya sebagai tim, hasil apapun yang akan diterima haruslah dibagi rata. Yang paling terpenting adalah kamu tak perlu lagi mengorbarkan seluruh waktu istirahatmu untuk melakukan dua pekerjaan yang berbeda. Ingatlah kesehatan yang utama.

2. Jangan terlalu serius, tenang tapi tetap dilakukan, jika lelah maka istirahatlah

Advertisement

Ikuti ritme kerjamu via http://www.meetechno.com

Saat merasa lelah menjalani pekerjaan yang berbeda, terkadang kamu hanya perlu untuk istirahat yang lama, bukan berarti berhenti. Banyak orang berhenti mengejar mimpinya karena mereka terlalu keras dalam bekerja. Bekerja keras memang bagus, tapi jangan juga terlalu keras.

Biarkan pekerjaanmu mengikuti ritme kerja yang biasa kamu lakukan, jika ritmenya sedang maka biarkanlah tetap seperti itu, jangan dipaksa untuk menjadi kencang. Sukses bukan soal kerja terlalu keras, tapi konsistensi.

3. Pastikan bahwa kamu selalu semangat untuk mengejar mimpimu

Pastikan kamu selalu semangat via http://webneel.com

Faktor lain kenapa orang mudah menyerah saat mereka merasa kelelahan adalah karena perasaan semangat yang ada di dalam dirinya mudah sekali pudar. Jika kamu tak ingin mimpimu hilang karena kamu tak bersemangat dalam bekerja maka ingatlah selalu kenapa kamu memulai melakukan dua pekerjaan yang berbeda, apakah itu karena keluarga, mimpi atau memang kesukaanmu seperti itu. Pastikan rasa semangatmu selalu menyala dan membara.

4. Jangan buang-buang waktu, pastikan waktumu termanfaatkan dengan baik seluruhnya

Jangan membuang waktu via https://id.pinterest.com

Waktu adalah uang. Jika kamu membuang-buang waktumu untuk sesuatu yang tidak penting, alangkah baiknya waktu itu digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas pekerjaanmu yang belum kamu selesaikan, sehingga saat malam harinya kamu bisa fokuskan dirimu pada bisnis yang sedang kamu bangun.

5. Jangan pernah berhenti untuk mencari inspirasi

Carilah inspirasi via https://www.pexels.com

Terkadang kamu hanya butuh inspirasi agar kamu tidak mudah menyerah. Coba sering-seringlah melihat orang-orang yang sudah sukses lebih dulu daripada kamu, lihat mereka yang juga sukses menjalani kehidupan di dua pekerjaan yang berbeda sewaktu dulu.

Jika kamu melihat mereka bisa sukses, bukankah kamu juga pasti bisa seperti mereka? Ingatlah, bahwa setiap hidup ini adalah sebuah pilihan. Kamu pilih sendiri, apakah kamu ingin maju dan menggapai semua impianmu atau memilih mundur dan menjalani hidup di pilihan yang menurutmu tak kamu sukai.