Kata bijak sering kita baca atau dengar dan memiliki arti yang berbeda pula, disini saya mencoba mengurai 5 kata kata bijak yang mampu memotivasi khususnya bagi para perintis usaha termasuk saya.

Ini hasil pemahaman saya terhadap kata kata tokoh yang menurut saya sangat memotivasi ketika mental usaha dibawah normal, semoga membantu.

1. Paul Tillich

MEREKA YANG BERANI MENGAMBIL RESIKO KEMUDIAN GAGAL, ITU BISA DI MAAFKAN. MEREKA YANG TAK PERNAH MENGAMBIL RESIKO DAN TAK PERNAH GAGAL, INI ADALAH KESALAHAN MANUSIA SEPANJANG HIDUPNYA.

Paul Tillich adalah filsuf asal Amerika serikat keturunan Jerman. Mungkin kata kata di atas tidak di ungkapkan untuk pengusaha secara khusus, saya mencoba mengartikan kata kata diatas yang berhubungan dengan wirausaha.

Wirausaha adalah pilihan seseorang dan pilihan yang bersifat beresiko dikarenakan pendapatan tak menentu. Saat memulai usaha kebanyakan para perintis gagal mereka baru berhasil setelah usaha yang selanjutnya (usaha baru), dari kata kata Paul Tilich diatas dapat disimpulkan kegagalan masih bisa dimaafkan selama mau belajar dari kegagalan.

Advertisement

Jadi untuk para perintis siapkan mental, gagal biasa yang tidak biasa adalah belajar dari kegagalan dan memperbaiki kesalahan sebelumnya untuk diterapkan diusaha selanjutnya.

2. L Bu

WALAUPUN 1.000 ORANG DATANG TAK AKAN MEMBUAT LUTUT KU GEMETAR.

Lü Bu memiliki nama lengkap Lü Fengxian lahir di wuyuan (sekarang Mongolia dalam) adalah seorang jendral terkenal pada penghujung dynasti Han dan 3 kerajaan. Kalian yang suka game Dynasrt warriors atau novel samkok pasti gak asing dengan Lü Bu. Di atas tadi adalah kata kata terakhir sang jendral dipertempuran terakhirnya Battle of Xia pi.

Kata kata diatas mungkin tidak ada sangut pautnya dengan dunia usaha, tapi coba anda ganti kata kata diatas menjadi "WALAUPUN 1.000 KEGAGALAN DATANG TAK AKAN MEMBUAT TEKAD KU GEMETAR". Kegagalan memang sering menyurutkan semangat pelaku usaha apalagi perintis yang mentalnya baru diuji, coba tengok pemilik resep ayam goreng terkenal yang cabangnya udah dimana mana (KFC).lebih dari 1.000 kali kolonel Sanders gagal tapi dia tetap mecoba Tekadnya gak gemetar bro.

3. Arthur schopenhauer

Arthur schopenhauer via https://www.google.com.sg

SEMUA KEBENARAN DIDUNIA INI HARUS MELEWATI TIGA LANGKAH. PERTAMA DITERTAWAKAN, KEDUA DITENTANG DENGAN KASAR, DAN KETIGA DITERIMA TANPA PEMBUKTIAN DAN ALASAN.

Arthur schopenhauer adalah filsuf asal Jerman, Ia menempuh pendidikan di Jerman,Pranchis dan Inggris.

Bagi para perintis mungkin sebagian besar ditertawakan, ditentang dengan kasar (dihina). Yang lebih ekstrim adalah ditertawakan dan ditentang oleh keluarga besar tanpa dukungan keluarga maka para perintis harus mencari dukungan orang lain dalam kasus ini biasanya paling membantu adalah teman. Dari kata kata di atas coba anda lihat orang sukses dalam wirausaha dilingkungan anda mereka pasti melewati fase itu, mari kita amati ketiga kata kunci diatas:

1). DITERTAWAKAN = dalam hal ini biasanya mereka mentertawakan para perintis karena hasil awal tidak menentu dan cenderung waktu dan tenaga hilang sia sia.

2). DITENTANG DENGAN KASAR = maksudnya ide anda dan pemikiran anda tentanng usaha akan ditentang karena beresiko dan tidak masuk akal bagi mereka yang sudah nyaman dengan gaji tetap.

3). DITERIMA TANPA ALASAN = Yang ini adalah tahap dimana anda mampu membuktikan anda berhasil membangun usaha, diterima tanpa alasan karena anda dilingkungan sekitar secara tidak langsung status sosial nya semakin tinngi (tolong jangan mengharapkan status soial, berharaplah anda membantu mengurangi pengangguran).

Dari ketiga penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa fase menuju keberhasilan wirausaha bukan hanya pemasaran yang terasa sulit tapi tekanan mental juga sangat menurunkan semangat dalam hal ini berlatih lah membangun mental baja. Apakah anda sudah bersiap diterima tanpa alasan?

4. Tom Peters

SAYA TIDAK INGIN TULISAN DIATAS BATU NISAN SAYA YANG MENGATAKAN, 'DIA BISA SAJA MERAIH BEBERAPA IMPIAN BESAR DALAM HIDUPNYA, TAPI ORANG ORANG LAIN TIDAK MENGIZINKANNYA'.

Tom peters dari sebuah ebook yang berjudul "UNLEASH YOUR OTHER 90%" yang ditulis Robert K. Cooper. mungkin dari kalian ada yang tau biografi nya bisa di tuliskan di komentar.

Dalam kata kata diatas dapat diartikan saat mulai merintis usaha terkadang pemasaran atau mendapatkan konsumen adalah tahap yang paling sulit seolah olah tenaga dan waktu terbuang percuma. Bahkan sering ditertawakan, diremehkan, bahkan di hina dari lingkungan, teman, keluarga atau kekasih. Maka kata kata diatas memiliki arti "TAK USAH PIKIRKAN OMONGAN ORANG, KITA MEMILIKI TUJUAN MASING MASING JANGAN BIARKAN DIRI ANDA DIPENGARUHI ORANG LAIN DAN BUKTIKAN BAHWA ANDA MAMPU MERAIH IMPIAN BESAR ANDA".

5. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte via https://www.google.com.sg

AKAN BERADA DI MANAKAH ANDA 10 TAHUN MENDATANG JIKA ANDA TERUS BERTINDAK SEPERTI SEKARANG.

Napoleon Bonaparte adalah kaisar perancis pasti dari kalian sudah tahu tentang tokoh yang satu ini.

Dari kata kata di atas dapat diartikan apa yang dilakukan hari ini secara terus menerus menentukan masa depan, dari hal ini jika kita tidak mudah menyerah dan putus asa atau menyalahkan takdir ditambahi belajar dari kesalahan diri sendiri atau kesalahan orang lain dan terus menggerakan usaha dengan semangat dan ketekunan coba bayangkan 10 tahun kedepan rasa lelah atau waktu terbayar lunas bukan karena uang atau status sosial tapi kebanggaan tersendiri berhasil membuka lapangan kerja yang berarti membantu negara mengurangi pengangguran dan juga memberi rezeki pada sesama.