Beruntung, ya kita yang pernah tinggal di kampung? Bisa merasakan atau bahkan melestarikan permainan ini.

 

1. Lompat tali

Siapa yang sering menang di permainan ini? Sampai setinggi apa kamu melompat? Udah sejauh apa kamu untuk lari biar bisa melewati tali itu? Lucu ya, segala upaya dilakukan.

Hompimpa dulu, yuk!

2. Ular naga

Ular naga panjangnya bukan kepalang

Menjalar-jalar selalu kian kemari

Umpan yang lezat itulah yang dicari

Ini dianya yang terbelakang

Permainan ini, yang kalau lagi main, otomatis pasti nyanyi. Ya, kan? Ya, kan? Ngaku!

3. Tarik tambang

Aaaaa, tarik...

Aaaaa, tarik... via http://prasetya.ub.ac.id

Tarik, tarik, tarik...

Siapa yang tangannya paling kuat, abis tu merah-merah? Ngangenin banget, loh permainan ini. Huhuhu...

4. Egrang

Jalan atau jatuh? 

Nggak bisa diem aja, loh! Nanti belepotan tanah mukanya, apalagi di sawah mainnya. Hmmm... Bertahan, ya! Haha...

5. Petak umpet

Kamu lebih sering ngumpet atau jaga?

Kalau aku sih ngumpet, haha... Eh entah lah ya, lupa. Permainan buat kamu yang lahir pada jaman dahulu kala, eits dah. Aku 96'an, kamu?

6. Sura manda

Sura manda, ya ya. Suka banget sama permainan ini. Asal jeli menang deh. Hee

7. Cublak-cublak suweng

Cublak-cublak suweng

Cublak-cublak suweng via http://www.regional.kompas.com

Cublak cublak suweng

Suwenge teng gelenter

Mambu ketundhung gudel

Tak gento lela lelo

Sapa guyu dhele' ake

Sir sir pong dele bodong

Sir sir pong dele bodong

Ayo ngaku siapa yang sering kena di permainan ini? Jangan senyum-senyum sendiri gitu, lo! Hehehe... Dan masih banyak lagi permainan tradisional lain yang hits di eranya.

Aku anak daerah, aku bangga :)