Pernahkah kamu merasa tidak diperhatikan oleh teman-temanmu? Diacuhkan dan seringkali dibiarkan begitu saja? Sementara kamu merasa sedih dan tersisih, tetap saja tidak ada yang memperhatikan kamu dan peduli padamu. Tentu bukan hal yang menyenangkan bukan merasa demikian? Daripada capek terus-terusan merasa seperti itu, lebih baik kamu melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat, berikut beberapa di antaranya.

1. Menulis

Kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan menulis. Menulis apapun, bisa cerpen, atau catatan kecil di diary. Begitu perasaan seperti itu muncul, ungkapkanlah dalam bentuk tulisan. Selain, itu ada manfaatnya juga lho, karena selain bisa merasa lebih lega, kamu juga bisa berlatih untuk menulis. Dan siapa tahu tulisanmu nanti terkumpul banyak dan karena tulisanmu bagus, ada penerbit yang mau menerbitkannya. Lumayan kan?

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik via http://www.mpark4.com

Sudah bukan rahasia lagi jika musik dikenal bisa memperbaiki mood seseorang, so mendengarkan musik bisa menjadi pilihan. Tapi jangan lagu sedih yang kamu dengarkan. Walau kamu suka lagu itu, lagu seperti itu justru bisa merusak mood mu. Dengarkanlah lagu-lagu yang ceria dan berlirik optimis. Kalau perlu buatlah folder tersendiri untuk lagu-lagumu dengan genre yang berbeda-beda. Jadi begitu kamu merasa galau karena merasa terpinggirkan, kamu bisa langsung tahu lagu jenis apa yang harus kamu dengarkan saat itu.

3. Explore Sekitar

Ekxplore sekitar via http://farm1.nzstatic.com

Advertisement

Jalan-jalan sendiri itu ternyata asyik lho. Karena kita bisa lebih bebas dan tidak terikat pada suatu aturan. Selain itu, kita juga akan lebih bisa mengontrol waktu jalan-jalan kita, tidak tergantung pada orang lain. Dengan explore kita juga akan menemui banyak hal yang baru, dan sekaligus kamu bisa mengembangkan hobimu yang lain misal fotografi, atau bahkan kalau kita beruntung, kita bisa mendapat teman baru yang memperluas lingkup pergaulan kita. Asyik kan?

4. Membaca

Nah, buat kamu yang suka membaca, daripada bergalau ria, coba deh alihkan perhatianmu dengan membaca, bacaan apapun yang penting berguna, menambah wawasan kamu dan bisa bikin kamu ceria lagi. Dengan membaca, siapa tahu juga kamu akan mendapatkan inspirasi untuk melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

5. Mewarnai

Menurut suatu penelitian, mewarnai bisa terbukti bisa mengatasi stres dan depresi pada seseorang. Tidak ada salahnya kan mencoba kegiatan ini buat mengatasi galaumu. Mewarnai dengan gambar warna-warni yang cute dan meriah dijamin akan membuatmu mengingat masa kanak-kanakmu yang ceria dan playfull, yang akan memperbaiki mood kamu. Buat seru-seruan, kamu bisa saja mengajak teman atau adikmu untuk berlomba siapa kira-kira yang mewarnai paling bagus di antara kalian.

6. Curhat dengan Orang Terdekat

Curhat itu sangat penting dan perlu. Namun kamu harus hati-hati ya, pastikan orang yang kamu curhati bisa memegang rahasiamu. Meskipun orang yang baru kamu kenal kelihatannya baik, sebaiknya hindari curhat ke orang seperti itu karena belum tentu ia bisa memegang rahasia dan tahu siapa kita. Orang tua, sahabat, saudara, atau pacar, pokoknya kamu nyaman dengan mereka, mereka tahu kamu seperti apa, dan bisa memegang rahasiamu. Setelah kamu curhat, perasaan kamu akan lebih tenang dan kamu bisa mendapatkan saran yang bisa mengatasi kegalauanmu.

7. Introspeksi Diri

Jika kamu terus-terusan merasa tersisih, coba deh introspeksi diri dulu. Kira-kira ada nggak yang salah denganmu? Jangan-jangan itu semua hanya perasaan kamu saja karena kamunya terlalu sensitif. Atau jangan-jangan mereka bersikap demikian karena kamu memang terlalu jutek dan cuek sehingga mereka memilih untuk tidak mengajakmu ketika mau pergi, atau kamu orangnya memang anti sosial sehingga wajar saja jika mereka tidak memasukkanmu ke dalam invitation list nya. Namun, jika kamu merasa bahwa kamu sebenarnya sudah cukup terbuka dan bergaul dengan mereka, ada baiknya kamu mencoba untuk menjadi lebih baik lagi, ya lebih ramah, lebih sering tersenyum, lebih sering menolong, dan sebagainya. Siapa tahu mereka akan menyadari keberadaanmu dan tidak menyisihkanmu lagi.

8. Lihat Sekitar, Masih Banyak Kok Orang yang Sayang Sama Kita

Bergaul dengan sekitar via http://www.isigood.com

Teman pasti nggak hanya satu atau dua kan. Jika kamu merasa tersisih di kelompok tertentu, bisa saja kelompok itu memang nggak bisa fit in sama kamu. Coba deh perhatikan sekitar, orang-orang terdekatmu. Jangan-jangan selama ini kita salah, terlalu sibuk berharap bisa diperhatikan teman kita itu, namun malah mengacuhkan perhatian dari teman lain dan orang terdekat yang sebenarnya sayang dan perhatian sama kita. Jangan sampai karena kita berusaha fit in di suatu kelompok pertemanan tertentu, kita tidak sadar bahwa masih banyak yang sayang dan mempedulikan kita.

9. Bicara dengan Orang yang Bersangkutan

Bicara langsung dengan yang bersangkutan via https://images.detik.com

Tidak ada salahnya juga jika kamu bicara dengan teman-teman yang menurut kamu mengacuhkan dan menyisihkan kamu walau kamu sudah berusaha buat gabung. Siapa tahu memang kita ada salah dengan mereka atau selama ini mereka tidak tahu apa yang kita mau karena kita selalu diam. Tapi jika memang ternyata mereka menganggapmu tidak bisa fit in. Sekeras apapun kamu mecoba, ya sudahlah, toh kamu masih punya teman lain yang jauh lebih peduli dengan kamu.

10. Berdoa

Tidak ada kekuatan lain yang bisa mengalahkan kekuatan-Nya. Coba deh curhat sama Tuhan, Dia lah pemberi solusi terbaik. Buat kamu yang beragama Islam bisa dengan sholat dan membaca Al-Qur'an, buat kamu yang Kristiani pergi ke Gereja secara rutin dan membaca Alkitab bisa menjadi solusimu. Jangan lupa selalu berpikiran positif ya. Bisa saja Dia yang membuat kamu diacuhkan oleh teman-temanmu, karena Tuhan tahu kalau teman-teman mu sebenarnya nggak cocok dengan kamu dan justru bisa merugikan kamu jika kamu diperhatikan dan masuk di pergaulan mereka. Yakin deh Tuhan itu maha penyayang, so yang sering-sering ya curhat sama Tuhan.