Ibukota sumatera selatan terkenal dengan kapal selamnya. Upss, maksudnya Pempek kapal selamnya. Tapi ternyata masih banyak panganan lezat selain Pempek yang wajib di coba dan pastinya bikin nagih. Apa sajakah itu?? Cekidot.

1. MODEL

Model disini, maksudnya bukan model yang sering berlengak-lengok di catwalk yah, tetapi model yang satu ini bakal berlengak- lengok di lidah kita. Hampir mirip dengan Pempek pada umumnya tetapi model ini berisikan tahu yang kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan kuah kaldu dari udang atau ebi. Jangan lupa untuk menambahkan bihun, bawang goreng, timun serta jamur agar semakin memanjakan lidah kalian. Buat yang gemar dengan rasa pedas, silakan tambahkan sambal atau saus sesuai selera

2. Tekwan

Makanan yang satu ini gabungan antara pempek dan model. Daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil-kecil yang kemudian ditambahkan kaldu udang atau ebi. Seperti model, tekwan juga semakin mantap dengan ditambahkan bihun, mentimun, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

3. Tempoyak

Advertisement

Terbuat dari daging durian ini, sangat lezat sebagai makanan pendamping nasi hangat. Teksturnya dan rasanya mirip sambal atau saus. Cara membuatnya juga mudah cukup tumis daging durian dengan sereh dan bumbu cabai bawang hingga mengental. Tarraaaa….

4. Pindang

Tulang sapi dengan deging yang masih menempel dan sumsum didalam tulang. Direbus dengan bumbu pedas dan tambahan jeruk nipis akan menambahkan rasa segar pindang. Disajikan dengan nasi hangat cocok dimakan saat idul adha sebagai alternative olahan daging. Bila kalian pencinta ikan, ada juga pindang ikaln patin khas palembang. Kalian cukup mengganti tulang sapi dengan ikan patin. Walla.

5. Kerupuk Kempalng Bakar

Berbahan dasar iklan giling dan tepung tapioka ini, sering dijadikan oleh-oleh murah meriah dari kota Palembang. Kerupuk Kemplang yang dipanggang diatas bara api menjadi salah satu alternatif oleh-oleh tanpa minyak. Cocok juga bila dimakan dengan sambal cuka atau sambal kecap. Selamat mencoba.