Siapa sih yang nggak 'bete' kalau harus bekerja pagi, siang, malam tanpa henti-hentinya? Jangan-jangan kalian salah satunya. Hati-hati loh teman-teman, bekerja itu cukup 8 jam per hari selebihnya kita senang-senang. Coba deh bayangin kalau seseorang terus-terusan terkungkung di dalam kantor mulu (untung-untung kalau kantormu di luar ruangan), pagi sudah di kantor, makan siang di kantor (itupun kalau kalian inget makan), malem masih di kantor, belum lagi kalau lembur, itu badan nggak capek apa? matanya nggak sakit apa ngadep layar monitor terus? Haduuuuh... Cukup! Bayangin aja udah bikin mual.

Kalian pasti sudah tahu apa dampaknya, semua yang kalian lakukan itu sama sekali nggak 'work it', jadi pilihannya cuman ada dua: berhenti atau berubah. Sadarlah, itu bukan kerja keras namanya, kalian itu punya kehidupan dan kalau kalian masih ngeyel dibilangin sama saja kalian udah membunuh kehidupan kalian.

Sudah saatnya kita berbenah, mulai hari ini kalian harus janji dan katakan dengan lantang bahwa "Mulai detik ini, aku tidak akan bekerja keras tapi aku akan bekerja lebih cerdas"

1. Mulai perhatikan hidanganmu

Jangan lupa sarapan! via http://www.reliancestar.com

Ngaku deh, seberapa dari kalian yang masih inget yang namanya sarapan? Kalau belum tahu, sarapan itu penting. Kenapa? Karena dengan sarapan, kualitas otak kalian bisa bertambah hingga 10% nggak ada tuh yang namanya ngantuk, males, mata berkunang-kunang.

Ketika kalian bangun di pagi hari, maka tubuh banyak kehilangan kadar glukosa dan energi karena aktifitas yang dilakukan pada hari sebelumnya. Glukosa itu sendiri ternyata adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan oleh otak, karena tanpa adanya kadar glukosa pada otak maka kalian akan merasa lelah dan pandangan menjadi berkunang-kunang. Baru 'ooh' kan?

2. Tidur itu penting. Sangat.

Zzzz….. via http://tumblr.com

Advertisement

Terlalu banyak begadang itu bahaya, selain bikin mata kalian berkantung, aktivitas pencernaan serta otak kalian juga terganggu. Karena pada dasarnya tidur malam hari sebelum pukul 11 malam itu sendiri adalah saatnya otak kalian beristirahat bukannya malah ngerjain tugas yang menumpuk. Tapi, terlalu banyak tidur juga nggak bagus. Semua akan pas saat diletakkan pada jam dan waktu yang tepat, bukan?

3. Sesekali refreshing baca-baca buku

Baca buku yuk! via http://tumblr.com

Apalagi buat kalian yang demen banget baca buku, sayang banget kalau waktu luang kalian nggak dimanfaatin buat sekedar baca satu buku. Nggak harus tiap hari kok refreshing-nya, seminggu sekali juga nggak masalah selama kalian bahagia. Lumayan banget tuh, kalau satu minggu kalian dapet satu buku, satu bulan dapet empat buku, asik bangetkan? Selain buat hiburan bisa buat nambah wawasan.

4. Jaga badanmu untuk masa tuamu

Olahraga via http://tumblr.com

Hari libur sayang banget kalau nggak kalian manfaatin buat olahraga, ini kesempatan emas buat kalian untuk menjaga tubuh. Kalau nggak sempet karena semalem lembur terus sekarang ngantuk? Olahraga dirumah aja, naik turun tangga, menari di kamar, beres-beres rumah mungkin bisa jadi solusi buat kalian yang suka kerja. Hihihi…

5. Main yuk!

Kehidupanmu itu luas, bukan hanya kantor, layar monitor, mouse, keyboard, file-file, lampu putih ruangan, bau AC, helooo… Lihat sekelilingmu, ada mereka yang menunggumu, siapa lagi kalau bukan teman-temanmu. Keluar dan ajak mereka kemanapun kamu mau, lari kemanapun kaki kalian melangkah, makan semua yang kalian suka, nikmati saja…

6. Bawa hobi kalian ke tempat kerja

Jangan diam saja dengan membiarkan otak kalian terus bekerja tanpa lelah, bawa hobi kalian agar hati juga merasa kebahagiaan. Nggak perlu ragu untuk melakukan apa yang kamu suka, selama itu bisa membuat mood-mu bertambah berkali-kali lipat.

7. Sebut saja “moodbuster”

ini dia moodbuster-ku via http://tumblr.com

Setiap orang pasti punya moodbuster sendiri-sendiri. Saat lelah, suntuk, rasanya kerjaan nggak selesai-selesai, ini dia saat dimana moodbuster dibutuhkan.

Nah, ini dia tips kerja cerdas, semoga bermanfaat dan kalian yang punya ide lain boleh banget loh berbagi di kolom komentar… 🙂