Kamu pendengar musik folk, band indie maupun country?

Pasti tidak asing buat kamu nama-nama band di bawah ini. Duo dan band di bawah ini mampu memikat hati para pendengarnya. Bukan hanya karena melodinya yang indah namun juga lirik lagu yang ear catching dan menyenangkan untuk diputar setiap sorenya.

Selain karya mereka yang patut diacungi jempol, mereka juga merupakan musisi yang menginspirasi. Bahkan bisa jadi goals para fansnya loh. Ada yang berkarya bersama pasangan, ada yang harus vakum dulu karena personilnya mau melanjutkan pendidikan di jenjang S2, dan bahkan ada yang berkarir sebagai jurnalis.

Jadi, siapa saja duo folk pencuri hati para pendengarnya?

1. Oh Wonder, crush baru para pecinta duo alt-pop

Duo yang pertama ini datangnya dari London. Berhasil mencuri hati para pendengarnya melalui album pertamanya yang rilis pada tanggal 4 September tahun lalu. Duo ini berhasil mencuri hati para penggemar di berbagai benua lainnya, termasuk Indonesia.

Buat kamu para couple yang suka berduet bersama dengan pasangan, duo ini mungkin bisa jadi relationship goal yang cocok. Tidak hanya lirik lagu yang ear catching, Oh Wonder juga berhasil memukau dengan konsep performance yang baru dengan aliran alt-pop nya.

Duo yang beranggotakan Josephine dan Anthony ini berhasil melaksanakan tour di beberapa negara seperti London, New York, Paris dan LA.

Advertisement

Nah, penasaran bukan sama duo ini? Mereka juga sudah merilis beberapa official video di account official youtube mereka, OhWonderMusicVevo.

Lirik diawal artikel ini adalah potongan dari lagu mereka yang berjudul Lose It.

So, tunggu apalagi untuk mendengarkan lagu-lagu mereka?

2. Biarpun udah bubar, suara Joy Williams diiringi gitar John Paul masih bisa loh jadi lullaby

The Civil Wars via http://images1.mtv.com

Nah kalau yang ini duo asal Amerika. Iyap, mereka adalah The Civil Wars.

Mungkin kalian ingat film The Hunger Games yang diperankan oleh Jennifer Lawrence? Yap. Bersama Taylor Swift, duo ini menjadi pengisi soundtrack dari film tersebut.

Duo ini pertama dibentuk tahun 2008 dan bertahan selama 6 tahun. Mereka resmi menyatakan bubar pada tahun 2014. Meskipun bubar, dua album karya mereka patut diacungi jempol dan akan selalu mempunyai ruang di hati para penggemarnya.

Mereka adalah duo indie yang berhasil memperoleh total 4 piala pada ajang penghargaan bergengsi untuk para musisi di Amerika, yaitu Grammy Award pada tahun 2012-2014.

Selain berkolaborasi dengan Taylor Swift, Joy Williams juga berkolaborasi dengan Paramore dalam lagu Hate To See Your Heartbreak.

You only know what I want you to
I know everything you don't want me to
Oh your mouth is poison, your mouth is wine
You think your dreams are the same as mine

Poison and Wine – The Civil Wars

3. Rindu kapal kertas yang berlayar lebih jauh dikala matahari pagi di Banda Neira

Banda Neira via https://twitter.com

Mungkin para pecinta musik indie engga perlu dikenalkan lagi dengan duo ini. Duo yang pertama terkenal lewat akun soundcloud mereka yang memperkenalkan album EP – Di Paruh Waktu ini ternyata sedang vakum setelah mengeluarkan album keduanya.

Keputusan keduanya untuk vakum ditengah perjalanan karir mereka ternyata bukan karena alasan sepele, melainkan karena Rara Sekar, salah satu personilnya ingin melanjutkan pendidikan di salah satu negara di benua Eropa. Buat kamu para fans Banda Neira pasti tidak asing dengan akun tumblr Banda Neira maupun para personilnya.

Selain Rara yang memutuskan untuk kuliah lagi, ternyata gitaris dari Banda Neira juga melanjutkan karirnya sebagai jurnalis lepas setelah sebelumnya lama berkarir sebagai wartawan Tempo.

Wajar saja ya lirik lagu Banda Neira sangat menyejukkan, menyentuh hati para pendengarnya dan asik untuk dinyanyikan bersama-sama sambil bermain gitar di beranda rumah. Ternyata kedua personilnya merupakan generasi muda yang melestarikan bahasa Indonesia lewat karya-karyanya.

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Yang hancur lebur akan terobati

Yang sia-sia akan jadi makna

Yang terus berulang suatu saat henti

Yang pernah jatuh ‘kan berdiri lagi

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

4. Relationship goals lokal, Endah n Rhesa

Endah n Rhesa via http://indonesiaonstage.com

Sudah bukan menjadi rahasia kalau romantisme keduanya saat tampil live memang membuat para penggemarnya ikut merasakan chemistry dari duo ini, Endah n Rhesa.

Duo yang berasal dari Jakarta ini, baru-baru ini melakukan kolaborasi dengan band indie bernama Dialog Dini Hari. Pasti para pecinta musik indie sudah mengetahuinya.

Duo yang menarik hati dengan suara vokal Endah yang unik dan perpaduan permainan gitar dan bass Rhesa dan gitar akustik yang juga dimainkan Endah ini memiliki banyak lagu yang sangat ear catching seperti Liburan Indie, Wish You were Here. Beberapa kali duo ini juga diminta untuk menjadi official soundtrack untuk film seperti Cinta Dalam Kardus dan film garapan Miles Production terbaru berjudul Atirah.

Salah satu lirik lagu mereka yang menjadi favorit para penggemarnya berasal dari lagu When You Love Someone yang pertama kali saya dengar sekitar 8 tahun yang lalu.

When you love someone just be brave to say that you want him to be with you

When you hold your love don't ever let it go, or you will lose your chance to make your dreams come true

5. Bonus band country yang meledak lewat lagu Need You Now, Lady Antebellum

Lady Antebellum via http://www.umgnashville.com

Band yang berasal dari negara yang sama dengan pelantun lagu Blank Space ini memang terkenal dengan alunan lagu country yang menyentuh pendengarnya melalui lirik lagunya.

Band yang dikenal dengan lagu andalannya berjudul Need You Now ini dibentuk sejak tahun 2006 dan debut pertamanya pada tahun 2007 sebagai salah satu tamu di sebuah konser di kota asalnya.

Seperti The Civil Wars, band ini juga pernah memperoleh penghargaan bergengsi Grammy Awards termasuk Song of The Year untuk lagu Need You Now.

It's a quarter after one, I'm a little drunk and I need you now.
Said I wouldn't call but I've lost all control and I need you now.
And I don't know how I can do without.
I just need you now.