Di sini kami merangkum film-film terbaik yang menceritakan tentang anak Indonesia. Film ini juga mengandung nilai-nilai patriotik dan nasionalis. Selain itu film-film ini dengan jelas menggambarkan alam Indonesia yang sangat indah sehingga sangat cocok deh untuk ditonton di bulan Kemerdekaan ini. Pokoknya tambah bikin kita cinta tanah air deh.

Berikut beberapa film tentang anak Indonesia yang penuh nilai nasionalis dan juga patriotik. Cekidot!

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi via https://id.wikipedia.org

Siapa yang tidak tau tentang film satu ini? Film yang diadaptasi dari novel karangan Andrea Hirata sukses merenggut penonton sebesar 4,9 juta di seluruh tanah air, wow. Film ini pun menjadi salah satu film tersukses di Indonesia.

Sinopsis film ini menceritakan tentang beberapa anak Belitung Timur yang terus giat belajar walaupun terdapat banyak rintangan dan hambatan serta keterbatasan di daerahnya, film ini sangat menciri-khaskan bagaimana semangat belajar anak-anak Indonesia di daerah luar. Inspiratif pokoknya deh filmnya ditambah lagi dengan mata kita yang dimanjakan peson alam Belitung Timur yang indahnya tidak ada duanya .. Wow!  

2. Garuda di Dadaku

Garuda di dadaku via https://upload.wikimedia.org

Advertisement

Film ini juga menceritakan tentang perjuangan anak Indonesia yang berusaha mengejar cita-citanya dengan gigih untuk menjadi pesepakbola profesional, yang menarik dari film ini adalah cerita yang digambarkan serealitas mungkin tentang kehidupan sesungguhnya di Indonesia, misalnya tentang paradigma masyarakat Indonesia yang masih melihat profesi atlet "sebelah mata". Di film ini juga para penonton jiwa patriotiknya akan terbangun, karena latar yang menggambarkan benar-benar bernuansa nasionalisme. Pokoknya wajib jadi watchlist mu di bulan kemerdekaan ini deh!

3. King

Film satu ini juga nggak kalah kerennya. Film ini menceritakan seorang anak yang berjuang dengan gigih mengejar cita-citanya untuk menjadi pebulutangkis professional. Walaupun segala keterbatasan yang dimiliki, si anak ini tetep semangat dan pantang menyerah, tak henti-hentinya dia berusaha untuk mendapatkan beasiswa pelatihan bulutangkis. Hingga akhirnya ia berhasil menjadi salah satu atlet kebanggaan Indonesia!  Inspiratif deh!

4. Denias (Senandung di Atas Awan)

Kamu salah satu orang yang peduli tentang pendidikan di Indonesia? Atau kamu salah satu mahasiswa Fakultas Pendidikan? Kamu wajib bangat deh nonton film ini, agar kamu tau bagaimana realnya kondisi pendidikan di Indonesia, terutama di daerah-daerah pelosok!

Film ini menceritakan tentang seorang anak tanah papua yang berusaha dengan gigih untuk mendapatkan pendidikan yang layak, film ini sangat menyentuh tetapi dilain sisi penuh pelajaran. Sehingga kita yang tinggal di kota bisa merasa lebih bersyukur, tetapi di lain sisi prihatin melihat potret pendidikan kita di daerah pelosok.

Padahal pendidikan adalah hak semua warganegara seperti dijelaskan oleh UUD 1945, semoga kedepannya pendidikan di Indonesai menjadi lebih merata ya! Ohya film ini juga ber-setting di daerah alam Papua, sehingga siap-siap deh mata kamu termanjakan dengan pemandangan-pemandangan yang sangat indah!

5. Tanah Air Beta

Tanah Air Beta via https://3.bp.blogspot.com

Film drama di indonesia ini menceritatakan tentang bagaimana seluk-beluk kehidupan masyarakat paska berpisahnya Provinsi Timor Timur dengan Indonesia. Film ini menceritakan tahun 1999 dimana banyak masyarakat Timor Timur yang lebih memilih menjadi warganegara Indonesia, sehingga mengakibatkan eksodus besar-besaran dari Timor Timur ke Provinsi NTT. 

Salahsatu dari pengungsi itu adalah seorang gadis kecil, yang dikemudian hari dengan nekatnya mencari seorang kaka tersayangnya di Timor Timur yang telah terpisah ratusan kilometer dari NTT. Film ini juga mengambil background di daerah atambua, NTT yang berciri khas daerah gersang tetapi sangat indah pemandangannya. Film ini juga membakar semangat nasionalisme kita.

 

 

 

So, buat temen-temen yang belum memiliki watchlist saat hari kemerdekaan nanti, film-film ini wajib di nonton deh untuk mengisi hari – hari menjelang kemerdekaan nanti.  Merdeka!..