1. Budget Holiday Atau Liburan Mewah bisa Di Gili Trawangan

Cafe Pinggir Pantai via https://www.foreverbamboo.com

Untuk penginapan, kalian gak perlu khawatir karena kalian bisa pilih yang sesuai dengan budget. Kalo mau liburan mewah ala resort atau villa, kalian bisa banget cari tempat-tempat seperti itu di Gili, banyak! Kalian juga bisa dapatkan hotel dengan harga kurang lebih 100.000-150.000 semalam di Gili Trawangan. Untuk makan, kalian juga bisa pilih mau fine dining atau makan murah.

Sekali makan di warteg, minimal kalian harus ngeluarin uang sekitar 15.000-an. Kalo mau yang restoran mewah pinggir pantai minimal Rp 150.000-an lah tapi belum sama minum, pajak, dan service ya. Tiap malem, ada night market yang juga jual seafood dan makanan lainnya dan di sana harganya lebih terjangkau.

2. Sunrise Dan Sunset-nya Deketan

Untuk menangkap momen sunrise dan sunset kalian gak harus menempu jarak puluhan kilometer. Gili Trawangan adalah pulau kecil yang bisa dikelilingi dengan sepeda aja. Jadi, jangan lupa bangun agak pagi untuk liat sunrise, terus sorenya keliling naik sepeda untuk melihat indahnya sunset.

3. Gak Ada Bising Kendaraan Bermotor

Advertisement

Jalan Utama Tanpa Motor via https://girleatworld.net

Kamu gak akan diganggu kebisingan kendaraan bermotor atau khawatir kena polusi. Peraturan adat melarang adanya penggunaan kendaraan bermotor di Gili Trawangan. Jadi, yang kalian akan dengar di sana hanyalah kebisingan natural dari orang-orang sekitar, atau suara cidomo lewat dan hal tersebut justru menjadi hal yang spesial dari Gili Trawangan.

4. Bersepeda Keliling Pulau

Bersepeda di Gili Trawangan via http://lombok3gili.com

Karena tidak ada kendaraan bermotor, jadi alternatif untuk tetap melakukan mobilisasi adalah berjalan, naik cidomo, atau bersepeda. Untuk jarak yang gak terlalu jauh, berjalan masih menjadi pilihan yang oke sambil bisa melipir-melipir ke toko-toko baju dan aksesoris, atau beli gelato. Kalian juga bisa mencoba naik delman khas Gili trawangan atau cidomo, tapi memang agak mahal sih.

Nah, alternatif lain yang bikin sehat dan hemat adalah menyewa sepeda dan berkeliling pulau. Sewa sepeda cuma dibanderol Rp 50.000 sehari (24 jam) dan sensasi bersepeda di pinggir pantai dan jalanan pulau kecil ini bikin ketagihan banget (dan bikin kurus juga meskipun makan banyak).

5. Snorkeling di 3 titik dengan 3 pemandangan bawah laut yang beda

Snorkeling Dan Memberi Makan Ikan via http://my-lovely-sister.blogspot.in

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari 3 gugusan pulau di Lombok Barat. Dua pulau lainnya adalah Gili Air dan Gili Meno. Untuk kamu yang hobi wisata bawah laut bisa banget coba diving disini. Tentu harus punya sertifikat menyelam atau ambil kursusnya dulu baru deh boleh diving. Butuh budget lebih memang, tapi kalian tetap bisa melihat keadaan bawah laut dengan budget hemat dengan pilih snorkeling. Cukup bayar sekitar 100.000-150.000 (termasuk lunch) kalian akan diajak snorkeling di 3 titik untuk melihat terumbu karang, kura-kura, dan memberi makan ikan-ikan kecil.

Gimana nih? Keseruan Gili Trawangan udah bikin pengen pergi kesana gak? Kalian bisa pilih untuk naik pesawat atau meggunakan jalur darat-laut. Dua-duanya sama-sama seru tapi tentu jelas kalau mau lebih cepat sampai, naik pesawat adalah opsi terbaik.