Pasti diantara kalian udah pernah nonton film animasi yang judulnya Dr. Seuss' The Lorax, .Di ceritakan ada sebuah kota bernama Thneedville. Sebuah kota dimana segalanya tidak ada yang alami baik pohon maupun tanaman. Pohon dan tanaman di kota ini seluruhnya terbuat dari plastik maupun efek animasi yang bisa diganti-ganti setiap hari. Hal ini diakibatkan oleh rusaknya lingkungan sehingga tidak memungkinkan tanaman untuk tumbuh.

Gak ada pepohonan dan tanaman, otomatis oksigen juga gak ada, karena kita tahu kalau tumbuhan itu adalah penghasil utama oksigen.Dikisahkan untuk memperoleh oksigen, maka penduduk kota Thneedville harus membeli oksigen dengan harga tinggi.

Namun seperti kebanyakan film animasi karya disney, kisah ini berakhir bahagia dimana akhirnya seorang anak laki-laki bernama Ted berhasil mengembangbiakkan bibit pohon yang hanya tersisa satu di Thneedvilee dan menghijaukan kembali kota itu.

Well, mungkin kita dapat memetik beberapa pelajaran dari film ini. Namun bukan tidak mungkin kisah diatas bisa jadi kenyataan. Kerusakan ekologi secara masif sudah terlihat dimana-mana, perambahan hutan, perubahan penggunaan lahan, meningkatnya sektor industri secara nyata menyumbang kerusakan tersebut.

Pohon sebagai sumber oksigen, dan hutan sebagai paru-paru dunia sedikit demi sedikit semakin terdegradasi, sehingga bisa aja suatu saat kita harus membeli oksigen untuk bernafas.Oksigen berbayar itu kayak oksigen medis yang biasa dipakai di rumah sakit, biasanya dihargai Rp 25.000,- / Liter.Sedangkan tubuh kita butuh kurang lebih  53 liter/ jam. Perhari berarti kita harus bayar berapa? perminggu? pertahun? yang pasti kita harus ngeluarin dana ekstra buat itu.

Mungkin beberapa hal dibawah ini bakal  terjadi di Idonesia jika oksigen berbayar.

 

1. Banyak Pabrik-Pabrik Oksigen Berdiri.

Pabrik oksigen gini ya??

Pabrik oksigen gini ya?? via http://www.merdeka.com

Saat ini mungkin pasar penjualan gas oksigen masih belum begitu luas, hanya terbatas untuk kebutuhan medis dan beberapa bidang lainnya. Namun coba bayangkan jika nantinya untuk bernafas aja manusia harus membeli oksigen, otomatis permintaan oksigen akan semakin besar. Hal ini nantinya menyebabkan para pengusaha membangun pabrik-pabrik oksigen untu memenuhi kebutuhan pasar.

2. Muncul Pengusaha Oksigen Isi Ulang.

Sama kayak pabrik, depot isi ulang oksigen juga bukan hal baru. Kayak depot air mineral isi ulang sekarang, nantinya depot isi ulang oksigen juga tiba-tiba aja banyak, ada dimana-mana. Nama-nama nya juga pasti aneh-aneh dan dibubuhi kata "oksigen" dibelakangnya.

Beberapa pedagang bahkan menyedia layanan antar jemput layaknya pedagang air mineral. Terus tiap bulan ada  promonya juga, biasanya sih ngumpulin kupon. Kalau kuponnya udah terkumpul sepuluh bisa ditukar sama satu tabung oksigen gratis.

3. Oksigen Dijual Eceran.

Oksigennya mau mbak...

Oksigennya mau mbak... via http://www.saurna.com

Ini biasanya di pasar, terminal atau di dalam Bus,bisa juga sih pas kamu lagi asik-asik nonton konser. Bayangin pas kamu lagi asik-asiknya nonton konser, terus tiba-tiba stok oksigen kamu habis dan teman kamu gak ada yang mau bagi oksigennya,tega banget sih!.

"Oksi..genn..Oksii..Genn.."

Sayup-sayup suara mas-mas pedagang asongan menawarkan oksigen ke kamu.Tanpa tawar menawar,l angsung kamu beli  botol ukuran satu liter dan kamu hirup sepuas-puasnya,ahhhh...legaaaa... Sebelum kamu sadar minta kembalian uangmu, ternyata mas yang jualan udah menghilang dibalik keramaian.

4. Bakal Ada Kafe Oksigen.

oxygen cafe, beneran ada..

oxygen cafe, beneran ada.. via http://www.santorini-bar-oxygen.com

Berbagai menu disediakan berbagai kafe saat ini, mulai dari kopi, coklat, milkshake dan banyak lagi.Biasanya sih minuman itu-itu aja yang disukai anak tongkrongan. Tapi nanti kalau oksigen berbayar, bakal ada tempat tongkrongan yang menu utamanya oksigen saudara-saudara.

Bayangkan kelompok kalian nongkrong sambil main uno, terus oksigennya diletakin ditengah, dan nyedotnya digilir kayak ritual-ritual suku indian gitu. Semakin besar tabung oksigen yang ada ditengah kelompok kalian, semakin mempertegas kelas sosial kalian. Selain itu oksigennya juga tersedia dalam berbagai rasa.

5. Selfie Sambil Pamer Oksigen.

Kamu baru dapat hadiah dari gebetan kamu, ternyata setelah kamu buka isinya adalah sebotol oksigen rasa strawberry kesukaan kamu. Kamu bahagia banget pastinya, dan kamu mau semua orang harus tau kebahagiaan yang sedang kamu rasakan. Mulailah kamu selfie, upload fotonya di semua media sosial yang kamu miliki dengan caption ," buat seseorang, makasih oksigennya. Aku suka.. <3"