Sebuah film di Indonesia setelah promosi besar-besaran, pas launching pemutaran perdana, kita masyarakat Indonesia ( pada umumnya ) berbondong-bondong datang ke bioskop untuk menyaksikan film tersebut, bahkan rela antri tiket dari pagi agar bisa nonton. Belum lagi pemain filmnya adalah para idola. Duh, pasti tuh film hits banget deh. Dan setelah nonton, tiba-tiba kebawa perasaan (alias baper), dan sengaja datang ketempat-tempat syuting tersebut biar bisa merasakan apa yang dirasakan si pemain film pas adegan ini dan pas adegan itu (tuh kan benar-benar baper!).

Memang benar sih, secara tidak langsung film tersebut sudah mempromosikan salah satu tempat atau daerah yang ada di Indonesia dan menjadikannya tempat wisata karena ramai didatangi pengunjung.

1. Pasir Berbisik

“saat ada angin pasir seperti berbisik” via http://paketwisatabromo.com

Masih ingat aktingnya Dian Sastro yang dengerin pasir lagi berbisik? hits banget di era nya. Hingga sekarang wisata Gunung Bromo ini tak henti-hentinya didatangi pengunjung untuk berlibur, berfoto, selfie, dan yang mau pre wedding juga silahkan. Nggak kalah indah kok pemandangannya dengan yang ada di luar negeri.

2. Laskar Pelangi

lari-larian disini sambil dengerin lagunya Nidji-Laskar Pelangi via http://www.sumatratour.org

Novel karya Andrea Hirata yang berjudul sama dengan filmnya ini, bertempat syuting di daerah Belitung, tepatnya di pantai Tanjung Tinggi. Tempat ini adalah salah satu objek wisata incaran para traveler dengan keindahan batu-batu besar yang terhampar dipinggir pantainya.

3. Eat, Pray, Love

Advertisement

siapa sih yang nolak ke Bali? via http://ghiboo.com

Setelah film Hollywood “Eat Pray Love” yang dibintangi oleh aktris Julia Robert ini muncul di Indonesia, sekarang Ubud Bali menjadi salah satu tempat wisata touring sepeda, yang mereka namakan dengan “Eat Pray Love Cycling Tour”.

4. Perahu Kertas.

nggak semua pantai yang cuma pasir, disini berbeda via http://www.pasirpantai.com

Masih tersisa bangetlah di ingatan kisah percintaannya kugi dan kinan yang romantis di film Perahu Kertas karya penulis cantik Dee Lestari. Dan masih ingat juga dong endingnya? saat Kinan mengajak kugi ke sebuah pantai? itu adalah pantai Rancabuaya yang ada di Garut. Indah yaa..

5. 5 cm.

surganya para pendaki gunung via http://www.coretcoretunik.blogspot.co.id

Di film 5 cm ini ada banyak banget spot-spot indah sepanjang pendakian 6 sahabat menuju puncak Mahameru. Mulai dari Danau Ranu Kumbolo yang jika dilihat dari jauh warnanya menjadi biru, atau mendaki tanjakan cinta yang katanya “kalau kamu bisa melewatinya tanpa menoleh kebelakang, kamu akan bertemu dengan cinta sejati” itu katanya yaa. Atau yang terakhir puncaknya Mahameru yang ahhhh, susahlah di ungkapkan dengan kata-kata betapa indahnya berada di atas sana. Tempat-tempat itu kini menjadi hits-nya para pendaki gunung.

6. AADC2.

ah, pemandangannya kerennn.. via http://wisatamagelang.com

Hayoo, siapa yang belum nonton film AADC2 ini? yakin nggak penasaran sama akhir cerita Cinta dan Rangga? Kalau udah pada nonton pasti tau deh salah satu spot ini, Gereja Ayam. Yang sekarang menjadi hitsnya para pasangan muda untuk selfie diatas puncak kepala ayam ini, layaknya adegan Cinta dan Rangga yang lagi mesem-mesem.

Indonesia masih punya banyak lagi tempat wisata yang belum terjamah oleh orang banyak. Buat para sutradara-sutradara disana, yuk temukan lagi tempat wisata-wisata baru di Indonesia yang masih belum hits.