Pengguna Instagram dan media sosial lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan komentar-komentar atau caption yang berbunyi seperti berikut:

“Followers banyak tapi likes sedikit? Kita jual kak.”

“Cek ig kak ,mau followers banyak beli aja langsung aplikasinya.”

Meskipun sekilas terlihat menarik, membeli followers atau likes untuk akun Instagram tidak selalu membawa dampak positif. Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli followers di Instagram.

1. Alasan Orang Membeli Followers Di Instagram

Baca Ini Sebelum Kamu Beli Followers Di Instagram via http://ombaq.com

Kenapa sih orang rela menghabiskan uang hanya untuk followers di Instagram? Alasan paling sederhana adalah untuk menaikkan pamor mereka atau untuk terlihat keren dan bergaya di hadapan teman-teman mereka. Alasan lainnya adalah agar terlihat tepercaya di hadapan calon konsumen atau pelanggan mereka. Biasanya, hal ini dilakukan oleh online shop yang baru saja memulai bisnis mereka. Calon konsumen atau pelanggan biasanya lebih percaya online shop yang memiliki followers banyak dibandingkan yang memiliki followers sedikit.

Alasan lainnya adalah iseng dan ingin mengetahui bagaimana sistem pembelian followers di Instagram bekerja. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh peneliti atau penulis, seperti yang pernah dilakukan oleh penulis artikel ini sendiri.

2. Banyak Jenis Followers Yang Dapat Kamu Beli

Baca Ini Sebelum Kamu Beli Followers Di Instagram via http://ombaq.com

Advertisement

Mirip seperti saat kamu hendak membeli baju atau buku di toko, followers yang dapat kamu beli untuk akun media sosialmu, termasuk Instagram, juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Dua jenis yang paling sering ditawarkan oleh jasa penjual followers adalah Followers Aktif dan Followers Pasif. Apa perbedaan di antara keduanya?

1. Followers Aktif memiliki kemampuan untuk memberikan like dan comment untuk foto-fotomu di Instagram. Namun, mereka juga memiliki kemampuan untuk berhenti mengikuti (unfollow) akunmu di Instagram.

2. Followers Pasif tidak memiliki kemampuan untuk memberikan like dan comment serta berhenti mengikuti (unfollow) akunmu di Instagram. Biasanya, followers seperti ini merupakan bot dan bukan manusia asli.

3. Kamu Juga Dapat Membeli Likes Di Instagram

Baca Ini Sebelum Kamu Beli Followers Di Instagram via http://ombaq.com

Tidak hanya followers, kamu juga dapat membeli likes untuk foto-fotomu di Instagram. Biasanya, jasa penjual followers juga menyediakan jasa untuk membeli likes. Serupa dengan pembelian followers, likes yang dapat kamu beli untuk akun Instagrammu juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Jenis-jenis likes biasanya dibedakan berdasarkan jumlah likes per foto dan harganya. Contohnya:

1. 100 likes per foto seharga Rp 15.000,00 atau,

2. 200 likes per foto seharga Rp 20.000,00

Berdasarkan pengalaman dan hasil pencarian yang dilakukan oleh penulis, jasa pembelian likes yang ditawarkan saat ini baru bisa untuk per foto. Jadi, jika kamu membeli 1000 likes, maka 1000 likes tersebut hanya untuk 1 foto tertentu saja dan tidak dapat kamu bagi ke 4 atau lebih foto yang berbeda.

4. Followers Belian Dan Followers Asli Mudah Dibedakan

Baca Ini Sebelum Kamu Beli Followers Di Instagram via http://ombaq.com

Tidak sulit membedakan followers yang asli dan yang merupakan hasil belian. Tidak percaya? Perhatikan gambar di atas. Gambar di kiri menunjukkan akun Instagram yang memiliki followers di atas 1 juta orang, sementara gambar di kanan menunjukkan akun Instagram yang memiliki followers 190 ribu orang. Namun, keduanya memiliki jumlah likes yang serupa – sekitar 40 ribuan – untuk satu foto. Tentunya hal tersebut cukup aneh jika mengingat perbedaan jumlah followers mereka yang cukup signifikan.

Coba tebak kira-kira siapa yang membeli followers untuk Instagram mereka :D?

(Kata kunci: followers aktif hasil belian dapat berhenti mengikuti (unfollow) akunmu di Instagram.)

5. Pihak Instagram Tahu Jika Followers Kamu Hasil Membeli

Baca Ini Sebelum Kamu Beli Followers Di Instagram via http://ombaq.com

Jangan kira pihak Instagram tidak tahu jika followers kamu hasil belian. Sama seperti media sosial lainnya, pihak Instagram dapat mengetahui jika ada aktivitas tidak biasa yang terjadi di akunmu. Aktivitas yang tidak biasa disini memiliki arti jumlah followers bertambah banyak dalam tempo waktu yang singkat. Jika tidak berhati-hati atau terlalu sering membeli followers, bukan tidak mungkin akun Instagrammu dapat diberhentikan (suspended) oleh pihak Instagram.

Jadi, hati-hati ya jika akan membeli followers atau likes di Instagram (atau media sosial apapun). Daripada repot-repot membeli followers, lebih baik kamu ikuti saja tips-tips agar Instagrammu banyak followers-nya dari blog-blog yang ada.