Memiliki kendaraan merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki terlebih kehidupan dikota-kota besar dimana kehidupan manusia yang serba cepat. Namun  bagaimana jadinya bila kondisi keuangan dan dokumen yang dipersaratkan tidak memadai yang pada akhirnya berujung penolakan ketika permohonan kredit kamu diajukan. Satu hal yang pasti bila kondisi financial anda tidak memungkinkan untuk kredit motor baru jangan kamu paksakan karena hal tersebut dapat merugakan diri kamu, tetapi Anda tidak perlu khawatir kamu dapat mengajukan kredit motor bekas yang mana harganya lebih murah bila dibandingkan dengan harga baru dari dealer. Dari segi kualitas anda tidak perlu anda ragu cukup banyak motor bekas berkualitas tinggi asalkan anda mengerti tentang motor terlebih pada bagian mesin. 

 

1. Budget

sapu jagat via https://sapu.jagat.com

Jika anda berpikir ingin membeli atau kredit sepeda motor pastikan anda benar-benar sudah paham tentang harga dan spek motor yang akan anda beli. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dan juga sangat penting dari membeli atau kredit sebuah motor bekas yaitu keuangan yang sudah Anda siapkan. Ada baiknya anda menyesuaikan kemampuan keuangan dengan harga jual dari motor bekas yang anda inginkan. Jika kenyataannya Anda hanya mempunyai uang sebesar 10 juta, maka anda jangan mencari motor bekas dengan harga 20 juta, sebab hal tersebut tidak mungkin untuk dibeli meskipun sudah terjadi proses negosiasi. Oleh sebab itu, anda harus bijak dalam mencari motor yang sesuai dengan dana dan kemampuan finansial yang Anda punya saat ini.

2. Type kendaraan

Setelah dari segi finansial sudah anda persiapkan, kemudian Anda juga perlu memikirkan tujuan dalam membeli motor bekas tersebut. Anda perlu mengetahui, untuk apa motor bekas tersebut saat nantinya sudah anda beli. Ataukah untuk anda gunakan berbisnis ojek, transportasi sehari-hari, atau mungkin hanya anda gunakan sebagai koleksi. Anda harus menentukan fungsi dan tujuan dari pembelian motor bekas secara kredit tersebut. Jika anda sudah mengetahui dana yang anda miliki serta tujuan dari pembelian motor bekas, langkah selanjutnya yaitu Anda harus menentukan jenis motor apa yang Anda inginkan. Sekarang ini di Indonesia sudah banyak muncul jenis sepeda motor yang bisa anda pilih. Misalnya saja seperti motor bebek, matic, sport sampai motor off-road. Sesuaikan juga motor yang akan Anda beli dengan keperluan dan keinginan Anda. Tentu saja Anda menginginkan motor bekas yang murah dan juga cocok jika dibawa untuk anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari

Advertisement

Apakah Anda sudah mempunyai pilihan jenis motor bekas apa yang akan Anda pilih? Bila sudah, Anda sejak awal sudah bisa mulai untuk mencari tau tentang spesifikasi lengkap dari motor yang Anda inginkan tersebut. Anda harus mencari secermat mungkin agar Anda tidak menyesal di waktu yang akan datang. Contohnya saja Anda harus mempertimbangkan berapa CC motor tersebut, kondisi motor, kelebihan dan kekurangan motor, serta semua komponen yang berkaitan tentang kendaraan bermotor tersebut. Apakah sepeda motor tersebut boros atau irit, nyaman dikendarai atau tidak dan lain sebagainya. Contohnya Anda bisa menemukan berbagai informasi dari segala macam jenis kendaraan motor, mulai dari berita positif sampai berita yang negatif melalui internet .

3. Jangan mudah tergiur akan promo murah

Jika Anda sudah mengetahui motor idaman Anda sudah termasuk dalam jenis motor apa, dengan kemampuannya seperti apa, dan juga kekurangan yang ada pada motor tersebut . Sudah saatnya Anda segera mencari tahu rata-rata harga dari motor yang Anda inginkan tersebut. Apabila harga motor yang akan Anda pilih sudah sesuai dengan biaya anda, maka anda bisa segera mencari di dealer dan mencarinya di media periklanan atau bisa juga melalui internet. Akan tetapi jika kenyataannya tidak sesuai dengan biaya anda, maka lebih baik anda mencari motor lain yang lebih sesuai dengan biaya Anda saat ini.

Hal yang paling penting untuk anda ketahui adalah jangan sampai anda memaksakan kehendak dan kemampuan finansial Anda , apabila tidak ingin keuangan Anda sampai terganggu dengan keinginan yang hanya bersifat sementara . Sekarang ini sudah ada banyak merk dan jenis motor bekas dan mudah untuk ditemui. Oleh sebab itu , alangkah baiknya Anda untuk mempunyai daftar lain dari jenis dan merk motor yang bisa Anda pilih untuk cadangan sebagai persiapan jika anda belum mendapatkannya . Sebab , pada intinya tidak semua motor yang Anda pilih sedang dalam kondisi baik, dan sebaliknya mungkin ada beberapa merk atau jenis motor bekas lain yang mempunyai spesifikasi hampir sama namun mempunyai kondisi yang lebih baik. Oleh sebab itu, anda harus selalu memberikan pilihan lain dalam daftar pilihan Anda, akan tetapi juga jangan terlalu banyak, supaya nantinya Anda tidak bingung dalam menentukannya. Bisnis jual beli motor sekarang ini sudah ada dimana-mana dan juga sangat mudah untuk ditemui .

Diantaranya banyak dealer yang memberikan promo menarik, misalnya saja seperti kredit motor bekas, harga di bawah pasar, dan yang lain sebagainya Kuncinya yaitu saat Anda akan memutuskan untuk membeli atau kredit motor bekas di dealer motor bekas, pastikan terlebih dulu Anda untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dealer tersebut. Dari sinilah nantinya Anda akan mengetahui harga pasar dari motor yang Anda inginkan. Dengan demikian, Anda tidak mudah tertipu dengan beberapa dealer yang memang sengaja menaikkan harga motor yang Anda pilih. Disamping itu, jangan mudah tertipu dengan promo-promo palsu yang menarik dari dealer motor bekas. Akan tetapi, jika Anda membeli motor bekas di dealer juga bisa menguntungkan, selain adanya program cicilan, umumnya dealer juga menyediakan jasa pengurusan seluruh surat penting secara resmi.

4. Kelengkapan dokumen dan riwayat kendaraan

cek kembali via http://www.cekkembali.com

Untuk Anda yang masih ragu dengan dealer motor bekas, atau merasa takut untuk mempercayakan keinginan tersebut, Anda juga dapat mencoba menghubungi penjual secara langsung dengan cara melihat berbagai iklan penjualan motor di berbagai media iklan, baik itu media cetak ataupun media elektronik. Pada umumnya transaksi pembelian seperti ini sangat menguntungkan, sebab Anda dapat melakukan proses negosiasi untuk melakukan tawar menawar. Usahakan supaya Anda membeli motor bekas yang surat-suratnya komplit dan juga plat nomor lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat Anda tinggal sekarang . Hal tersebut perlu anda perhatikan, sebab biaya pengurusan surat-surat kendaraan dari luar daerah biasanya akan menguras isi kantong serta waktu anda . Dan lagi jika motor bekas tersebut dibawa dari daerah yang lumayan jauh, biaya pengirimannya pun juga perlu anda perhitungkan. Alangkah baiknya anda mencari motor bekas yang dijual di lokasi sekitar Anda .

Setelah semua selesai dan Anda juga sudah menemukan penjual yang mempunyai motor bekas sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan Anda, dengan demikian sudah saatnya anda melihat sejarah dan riwayat motor bekas tersebut Anda harus memastikan bahwa motor bekas tersebut bukan merupakan motor dari pencurian, motor dari penyitaan, motor yang sedang dijaminkan, maupun motor orang lain. Anda juga harus memastikan juga apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan dan kerusakan yang parah atau tidak .

5. Lakukan perawatan berkala

Setelah menempuh perjalan berliku untuk mendapatkan kendaraan idaman langkah terakhir merawatnya sebaik mungkin. Meski anda yakin motor bekas yang kamu beli memiliki kondisi yang bagus bukan berarti kamu biarkan saja tanpa adanya perawatan rutin. Disisi lain jaminan motor tidak rusak tanpa perawatan yang baik terlebih pada motor bekas. Cek kembali setiap bulannya apakah ada yang perlu diperbaiki atau onderdil yang harus diganti agar tidak merembet yang lainnya