Siapa sih yang belum pernah ngutang duit. Masing-masing kita pasti punya pengalaman ngutang mulai yang skala kecil hingga gede. Ngutang sih boleh-boleh saja. Ngutang itu bisa bermanfaat dan berguna di tangan orang yang pandai dan bijak, tetapi menjadi petaka dan bikin baper bagi mereka yang sembarangan. Tapi Sob, jangan sampai lah kita memiliki kebiasaan ngutang yang hanya untuk gali lubang tutup lubang.

Capek tuh, Sob. Hidup kita bakal seterusnya hanya gali lubang tutup lubang. Gampang ngutang sana-sani, sampai tak disadari satu RT atau satu kampung atau satu kampus tahu kebiasaan ngutang kita. Baper deh kita jadinya. So, jangan sampai deh, Sob, punya kebiasaan buruk ngutang yang nggak ketulungan. Ngutang lah dengan perencanaan yang baik. Berikut ini tips bijak ngutang yang bijaksana dan tidak bikin baper:

1. Tujuan Ngutang Jangan yang Sifatnya Konsumtif

https://www.inovasee.com via https://www.inovasee.com

Kita ngutang uang ke teman, sahabat hingga bank sebaiknya jangan untuk tujuan yang konsumtif. Apalagi, nominal utang (pinjamannya) gede. Saat ini tantangan untuk tidak konsumtif memang makin berat seiring dengan perkembangan teknologi. Sindrom FoMO (Fear of Missing Out) membuat generasi muda terpada dan sedikit-sedikit tidak mau ketinggalan dengan yang lainnya.

2. Perhatikan Batasan Kemampuan Finansial

https://tutor.vn via https://tutor.vn

Saat kita hendak ngutang, Sob, perlu diperhatikan kemampuan keuangan kita. Jangan sampai kita ngutang, setelah itu macet di tengah jalan dalam pelunasannya. Jangka waktu pelunasan ini perlu dirancang dengan teliti atau bahasa gaulnya: ngutang sik boleh, tapi kudu sanggup bayar hingga lunas.

3. Pelajari Produk Pinjaman

Advertisement

http://www.pjmbroker.com via http://www.pjmbroker.com

Produk pinjaman perlu dipelajari dan dianalisa. Kalau perlu dibandingkan keunggulan dan kelemahan produk pinjaman. Jangan sampai kita tergiur dengan gampangnya pencairan pinjaman, tetapi justru melilit karena bunganya tinggi.

4. Diskusikan dengan Orang Dekat

http://www.facesiana.com via http://www.facesiana.com

Untuk pinjaman skala besar, ada baiknya didiskusikan dengan orang dekat atau yang dipercaya. Jangan sampai uang cicilan justru akan membebani dan mengoyak keuangan kita, apalagi keuangan keluarga.

5. Buat Komitmen Bayar Cicilan Tepat Waktu

https://www.indiafilings.com via https://www.indiafilings.com

Disiplin bayar cicilan utang adalah pola hidup yang baik. Jangan sampai ya, Sob, kita tergoda untuk menggunakan dana cicilan ini untuk hal-hal yang jelas merugikan sehingga kita kena denda atau penalti dari pemberi pinjaman. Pusing dan bikin baper ntar kita dibuatnya.