1. Harta karun di Aceh, Indonesia

Benda berbentuk kotak terlihat oleh seseorang di kubangan lumpur pasca tsunami maha dahsyat tahun 2004 silam di Aceh. Benda itu ditutup dengan koral dan tiram. Ketika permukaan benda itu dipukul, secara tiba-tiba kotak itu pun terbuka. Ternyata isi kotak tersebut adalah tumpukan koin emas tang bertuliskan huruf Arab. Keberadaan kotak yang disebut harta karun itu ditemukan di dekat kuburan kuno yang terkoyak gelombang tsunami. Koin yang terdapat dalam kotak itu dipastikan adalah koin peninggalan tahun 1200-1400 masehi. Gelombang maha dahsyat ini berhasil mengangkat makam kuno yang merupakan tempat disemayamkannya penguasa beserta harta-hartanya pada abad ke-13. Sebelum adanya gelombang itu, tak ada satu pun yang berani mengusik makam tersebut, karena ditakutkan arwah sang penguasa akan balas dendam. Namun pasca penemuan harta karun tersebut orang-orang berani menggali di sekitar makam kuno tersebut dengan tujuan untuk mencari harta karun. Ya, mereka memang menemukan koin yang diduga harta karun peninggalan penguasa masa lampau itu. mereka kemudian menjualnya ke penadah yang pada saat itu mematok harga 800 rupiah per keeping. Daerah Gempong Pande ini terletak di wilayah bekas kerajaan Islam pertama di Aceh yang dipimpin oleh Dinasti Meukuta Alam. Kemudian kerajaan tersebut memilih untuk bergabung dengan kerajaan tetangga yang dipimpin oleh dinasti Darul Kamal yang kemudian hari bertransformasi menjadi Kerajaan Aceh Darussalam dengan raja terkenalnya bernama Sultan Iskandar Muda Johan Pahlawan Meukuta Alam. Selama masa pemerintahannya, kerajaan tersebut menjalin hubungan diplomatik dengan Inggris, kekuasaan Ottoman di Turki, dan juga Belanda. Daerah Gompang Pande dalam kisaran abad 13 hingga 17 menjadi sentral industri yang memproduksi banyak barang seperti halnya koin emas. Kabar yang beredar penemuan harta karun pasca gelombang tsunami aceh pun menjadi sorotan dunia.

2. Harta karun Tilia Tepe, Afghanistan

Harta karun Tilia Tepe, Afghanistan via http://techzane.com

Harta karun menghebohkan yang satu ini ditemukan di negara Afghanistan sekitar tahun 1979. Adapun penemu harta karun ini adalah para arkeolog dari Soviet ketika akan melakukan penggalian yang dipimpin oleh Victor Sarianidi. Mereka menemukan sekitar 20000 perhiasan emas yang mereka jumpai dalam 6 kuburan. Berbagai perhiasan tersebut ditemukan dalam bentuk kalung, mahkota, anting, gelang dan hiasan lain yang terbuat dari kombinasi emas, piris dan lapis-l. Tentu hasil yang tidak ternilai akan diperoleh apabila berbagai perhiasan tersebut dikomersilkan. Hanya saja itu tidak dilakukan, tetapi penemuan tersebut disimpan sebagai bukti bahwa zaman dahulu pernah hadir peradaban yang sangat mewah.

3. Harta karun Panagyuriste, Bulgaria

Advertisement

Harta karun Panagyuriste, Bulgaria via https://tipsandroid.net

Nasib mujir dialami oleh tiga bersaudara yakni Pavel, Petko dan Michail yang sedang menemukan harta karun ini saat mereka sedang melakukan pekerjaannya di daerah pabrik Unbin yang berdekatan dengan Panagyuriste, Bulgaria 8 Desember 1949. Mereka awalnya tidak menyadari mengenai keberadaan benda mengkilap di bawah tanah yang terpendam, namun setelah diamati lebih jauh ternyata benda tersebut merupakan harta karun yang tergolong langka. Karena penemuannya di daerah tersebut maka dinamailah harta karun Panagyuriste. Penelitian lebih lanjut pun dilakukan, sehingga harta karun tersebut dapat diidentifikasikan bahwa ia terbuat dari Thracian dan terdiri dari botol bejan dan tujuh rhytons yang terbuat dari emas murni. Kini harta karun yang menghebohkan tersebut dipamerkan dalam sebuah museum.

4. Harta Karun Sroda, Polandia

Harta Karun Sroda, Polandia via https://sylvanu5.files.wordpress.com

Harta karun paling menghebohkan di dunia berikutnua ditemukan di Sroda, Polandia pada tahun 1985 saat melakukan pekerjaan renovasi. Penemuan ini pun dikategorikan sebagai penemuan arkeolog paling berharga pada abad ke-20. Harta karun yang ditemukan sebagian besar masih rapih tertata di museum setempat, seperti mahkota emas yang diperkirakan milik Blance, Istri Raja Charles IV, 2 liontin abad ke-12, 2 liontin abad ke-13, gesper emas berhiaskanatu mulia, tiga cincin, 39 koin emas dan 2924 koin perak. Karena banyaknya barang berharga yang ditemukan itu, menyebabkan penemuan harta karun ini dinobatkan sebagai penemuan harta karun paling menghebohkan di dunia.

5. Harta Karun Gourdon, Perancis

Harta Karun Gourdon, Perancis via http://sumut.pojoksatu.id

Harta karun paling menghebohkan di dunia berikutnya adalah harta karun yang ditemukan di Gourdon, Prancis. harta karun yang berupa piala emas ini ditemukan dalam kondisi baik, sebuah patena persegi panjang dengan ratusan koin emas yang diperkirakan keberadaannya sejak tahun 524 M yang berasal dari pemerintahan Bizantium yaitu Leo I sampai Kaisar Justin. 

Demikian ulasan mengenai beberapa penemuan harta karun paling menghebohkan di dunia. Betapa berharga dan beragamnya harta karun yang ditemukan di berbagai belahan dunia itu memang tak heran disebut sebagai penemuan harta karun paling menghebohkan.